Home / News

Senin, 27 November 2023 - 12:48 WIB

Saldo PIP Kosong? Berikut Alasan Saldo Penerima PIP Masih Kosong…

Dibaca 213 kali

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Dimana program berupa saldo PIP ini bertujuan untuk membantu peserta didik dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan mereka.

PIP di berikan dalam bentuk uang tunai yang dapat di cairkan oleh peserta didik dengan menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di bank mitra yang terkait. Namun, ada beberapa kasus di mana saldo masih kosong atau belum masuk ke rekening peenerima.

Hal ini tentu saja menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran bagi peserta didik dan orang tua mereka. Apa sebenarnya penyebab saldo PIP masih kosong? Bagaimana cara mengatasinya? Supaya lebih jelas, yuk simak ulasan di bawah ini sampai tuntas.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Kenaikan Pangkat Tanpa Dupak” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2855/checkout dapatkan diklat serta BONUS Aturan Baru Tentang Pangkat Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Penyebab Saldo PIP Masih Kosong

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan saldo PIP masih kosong. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Kesalahan Data

Salah satu penyebab utama saldo PIP masih kosong adalah adanya kesalahan data pada saat pendaftaran atau verifikasi. Misalnya, data NISN, NIK, nama, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, atau alamat tidak sesuai dengan data di Dapodik atau Dukcapil. Hal ini dapat mengakibatkan data penerima PIP tidak valid atau tidak sinkron dengan data yang ada di bank mitra.

Keterlambatan Penyaluran

Penyebab lain saldo dari PIP masih kosong adalah keterlambatan penyaluran dana dari pemerintah ke bank mitra. Hal ini dapat terjadi karena adanya kendala teknis, administratif, atau anggaran. Biasanya, penyaluran PIP di lakukan setiap triwulan, yaitu pada bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Namun, ada kemungkinan penyaluran PIP mengalami penundaan atau pergeseran jadwal karena berbagai alasan.

Perubahan Bank Mitra

Penyebab lain saldo pada PIP masih kosong adalah adanya perubahan bank mitra yang tidak di ketahui oleh peserta didik atau orang tua mereka. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan kebijakan, kerjasama, atau kinerja antara pemerintah dan bank mitra terkait. Akibatnya, peserta didik harus mencairkan PIP di bank mitra baru, dan bukan di bank mitra lama.

Cara Mengatasi Saldo PIP Masih Kosong

Jika sampai sekarang saldo PIP kamu masih kosong, maka peserta didik atau wali dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

Halaman Selanjutnya

Cek Status Penerima PIP…

Share :

Baca Juga

Media Mengajar

Kualitas Pendidikan Indonesia, Guru Dapat Meningkatkannya!
syarat pemberkasan PPPK 2023

News

Hanya Sampai November! Masa Tugas Honorer Berdasarkan Regulasi Hanya Sampai 28 November

News

Ketahui Tentang Tambahan Penghasilan Guru 2022

Karya Inovatif

Daftar Workshop gratis! E-learning Video Pembelajaran dengan OBS Studio

News

Ternyata Segini Besaran Insentif Guru Penggerak

News

2 Tunjangan Guru Non Sertifikasi Nominalnya Lebih Besar Dari TPG
keuntungan menjadi pegawai negeri sipil

News

RESMI! Kuota 319.716 khusus Guru PPPK 2022
jenis asesmen kurikulum merdeka

News

5 Hal yang Harus Dilakukan Guru Sertifikasi Maupun Non Sertifikasi Paling Lambat 31 Januari 2024