Home / Media Mengajar / Pelatihan

Selasa, 22 Maret 2022 - 18:55 WIB

Segera Daftar Diklat Gratis 40JP: Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan

Dibaca 11,196 kali

Guru juara akan mengadakan diklat gratis bersertifikat 40JP dengan judul “Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan Model-Model Cooperative pada Kurikulum Merdeka”. Mariikuti dan belajar Bersama tentang Bagaimana Meningkatkan fleksibilitas dan kepekaan guru dalam menghadapi berbagai situasi dalam dunia Pendidikan.

Diklat dilaksanakan secara daring Via Zoom dan Live Streaming YouTube pada 27-30 Maret 2022 Pukul 19.00 WIB. Segera daftar dan dapatkan fasilitas dari tim penyelnggara untuk mendukung anda dalam proses belajar, diantaranya : e-Sertifikat 40JP Bernama, Presensi dan Undangan, Laporan Pengembangan Diri, Materi Diklat, e-book Pembelajaran Interaktif dan Atraktif dengan model Cooperative Learning, Kumpulan Artikel PTK Model Cooperative Learning dan Kumpulan Artikel Model Cooperative learning.

Syarat dan ketentuan menjadi peserta :

  1. Bagikan informasi Diklat ini ke 3 Grup Pendidik (WA atau Telegram)
  2. Bergabung dalam grup http://linktr.ee/grupinfowebinar
  3. Subscribe Channel Youtube Guru Juara https://youtube.com/c/gurujuara
  4. Mengisi Formulir pendaftaran di bawah ini : bit.ly/FormDaftarModelCooperatif

Untuk mendapatkan informasi terkait kegiatan, jadwal, zoom meeting, live streaming, fasilitas serta sertifikat silahkan simpan nomor admin 085865988163.

Pembelajaran Interaktif

Pembelajaran interaktif secara sederhana diartikan sebagai metode pengajaran yang melibatkan siswa secara aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Suatu kondisi belajar aktif dimana siswa selalu memiliki pengalaman belajar yang bermakna dan selalu dapat memikirkan apa yang dapat mereka lakukan saat belajar.

Untuk meminimalkan masalah, Anda perlu menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif. Strategi pembelajaran interaktif atau active knowledge sharing adalah strategi yang menekankan bahwa siswa harus saling berbagi dan saling membantu untuk memecahkan permasalahan yang diajukan.

kelebihan dari penerapan strategi pembelajaran interaktif adalah siswa akan belajar bertanya, mengkonstruksi pertanyaan, dan mencoba menemukan jawaban atas pertanyaannya melalui observasi atau pengamatan. Pembelajaran  umumnya  lebih efektif bila diterapkan dengan model dan strategi pembelajaran yang melibatkan kegiatan pengolahan informasi.

Manfaat Pembelajaran Interaktif:

  1. Memudahkan siswa dalam meningkatkan pemahaman dalam proses belajar. Selain dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi pembelajaran, pembelajaran interaktif akan lebih menarik sehingga dapat mendorong keaktifan siswa dalam belajar sehingga timbul kemandirian dalam belajar.
  2. Materi yang disampaikan menjadi lebih jelas, tidak besifat verbalistic. Proses komunikasi dalam pembelajaran dapat dibuat beragam disesuaikan dengan karakter peserta didik. Bahan pembelajaran juga akan lebih dimengerti dan dipaahami oleh peserta didik.
  3. Memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakana pada siswa. Dengan pembelajaran yang menarik akan meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran sehingga meningkat juga hasil belajar.

Banyak manfaat lainnya apabila pembelajaran menerapkan strategi pembelajaran interaktif. Dalam menerapakan pembelajaran interaktif guru perlu memperhatikan beberapa syarat dalam penggunaan model pembelajaran yaitu sebagai berikut :

Syarat Media Pembelajaran Interaktif

  1. Model pembelajaran yang digunakan harus dapat membangkitkan motivasi, minat atau gairah belajar siswa.
  2. Model pembelajaran yang digunakan dapat merangsang keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut, seperti melakukan interaksi dengan guru dan siswa lainnya.
  3. Model pembelajaran harus dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk memberikan tanggapannya terhadap materi yang disampaikan.
  4. Model pembelajaran harus dapat menjamin perkembangan keegiatan kepribadian siswa.
  5. Model pembelajaran yang digunakan harus dapat mendidik siswa dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui usaha pribadi.
  6. Model yang digunakan harus dapat menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari.

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Keterampilan

Pelatihan

Cara Membuat Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
PAS

Pelatihan

Cara Menyusun Modul Ajar

Kesiswaan

Berpikir Kritis dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Guru

Pelatihan

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Inovasi dalam Mendesain Modul Ajar Inspiratif
PAS

Pelatihan

Memilih Metode Penilaian yang Tepat Sesuai dengan Tujuan Pembelajaran

Kesiswaan

Pentingnya Penerapan Pendekatan STEM di Sekolah
Orang Tua Murid

Pelatihan

Memahami Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

Media Mengajar

Macam-macam Administrasi Guru yang Harus Disiapkan oleh Guru di Sekolah