Home / News

Kamis, 17 Maret 2022 - 10:23 WIB

Segera Daftar! Pelatihan Bersertifikat: Tips Mencari Referensi Online dan Cara Menyitasi Rujukan

Dibaca 414 kali

Pelatihan bersertifikat ini merupakan pelatihan yang diselenggarakan oleh e-guru.id secara gratis bagi yang sudah memiliki member dan bagi non member dikenakan biaya Rp.97.000. Kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan secara online selama lima hari yaitu pada tanggal 17,19,21,23,24 Maret 2022 pukul 19.00 wib.

Pelatihan ini bersertifikat 32 JP dengan judul Pelatihan: Tips Mencari Referensi Online dan Cara Menyitasi Rujukan untuk Meminimalkan Plagiasi dalam Penelitian #1 akan diisi oleh Lerry Alfayanti, M.Pd yang juga merupakan salah satu instruktur e guru id.

sebagai peserta pelatihan, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas diklat diantaranya adalah sebagai berikut

  • E-Sertifikat 32 JP 
  • Undangan dan Daftar Hadir 
  • Materi Pelatihan / Video Tutorial 
  • Contoh Laporan Pengembangan Diri 
  • Konsultasi dan Pendampingan dengan Instruktur
  • Semua Mendapatkan Sertifikat 32 JP

Link Pendaftaran Non Member :

http://online.e-guru.id/aff/32749/1746/checkout

Jika bapak/ibu ingin di bantu daftar. Hubungi admin sekarang juga :

📲 wa.me/62895332141987 (admin Dewi)

Dalam diklat ini, peserta akan mempelajari berbagai hal tentang bagaimana Mencari Referensi Online Dengan Harzing PoP, Aturan Penulisan Sitasi yang benar, dan Cek Plagiasi dan Penugasan

Sitasi

sitasi  adalah upaya seorang penulis untuk mengutip atau mengambil kalimat dari penulis lain yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Dalam bidang akademik, penulisan kutipan sangat diperlukan dan harus digunakan untuk penulisan akademik atau penulisan berbasis ilmiah.

Faktor yang membuat keberhasilan suatu karya ilmiah adalah banyak atau tidaknya penulis lain mengutip artikel tersebut. Semakin banyak jumlah sitasi, semakin besar pula kegunaan karya yang diterbitkan.

Berbagai Sumber Sitasi atau Kutipan

Ketika menulis sebuah buku, Anda biasanya akan menemukan beberapa sitasi di dalamnya. Sumber kutipan sendiri sangat beragam dan beberapa diantaranya berasal dari:

 

  1. Buku

Format sitasi untuk buku ini adalah sebagai berikut: Penulis, judul buku, tempat penerbitan, penerbit buku, tanggal penerbitan, dan nomor halaman

 

  1. Koran atau Koran

Cara penulisan sitasi surat kabar atau surat kabar dengan menggunakan format kutipan sebagai berikut: pengarang, judul artikel, nama surat kabar, judul bagian dan nomor halaman, serta tanggal terbit.

 

  1. Situs web

Cara penulisan sitasi dari website atau website ini menggunakan format kutipan sebagai berikut: penulis, judul artikel dan publikasi, alamat link URL, dan tanggal situs diakses.

 

  1. Puisi

Cara menulis sitasi dari puisi menggunakan format garis miring spasi yang biasanya digunakan untuk menunjukkan baris terpisah dalam puisi. Juga, tanda kutip dalam tanda kurung biasanya memiliki nomor baris di dalamnya.

 

  1. Wawancara

Tata cara penulisan sitasi dari sumber wawancara yang benar adalah dengan menggunakan format kutipan berupa: nama pewawancara, deskriptor wawancara atau narasumber, dan tanggal wawancara.

Salah satu cara untuk mengambil dan menganalisis sitasi akademik adalah dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish (PoP). Aplikasi ini diperkenalkan sejak Oktober 2006 dan telah mengalami perkembangan dan pembaruan hingga saat ini. Publikasikan atau Perish menggunakan kueri google ilmiah untuk mendapatkan informasi tentang kutipan yang kemudian dianalisis dan diubah menjadi sejumlah statistik.

Publish or Perish dirancang untuk membantu individu atau akademisi menemukan dan menganalisis sumber informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, PoP (Publish atau Perish) juga dapat membantu memilih artikel di database online sesuai dengan kualitas artikel.

Perangkat lunak ini digunakan untuk mengambil dan menganalisis kutipan akademik. Jadi tidak hanya mencari, PoP juga bisa menyaring kualitas artikel atau informasi kemudian menyajikannya dalam metadata yang baik.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

News

2 Hal yang Menghambat Siswa Belajar Mandiri

News

Segera Daftar PPG Prajabatan Dan Dapatkan Beasiswa 17 Juta

News

Isi DRH Selesai, Berikut Waktu Penyerahan SK PPPK Dan Ketentuan Gajian Pertamanya

News

9 Syarat Wajib Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru 2024

News

Guru Wajib Tahu Apa Itu PAK, Berikut Detailnya

News

Ribuan Honorer Bahagia! SK ASN 2024 Sudah Di Depan Mata, Cek Nama Anda

Edutainment

Simak! Perjelasan Puslapdik terkait Pendaftaran Program KIP-K

Metode Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka