Home / Seminar

Senin, 7 Maret 2022 - 06:31 WIB

Seminar Nasional – Kurikulum merdeka solusi untuk learning loss

Dibaca 2,538 kali

Learning Loss – Selama masa pandemi, banyak diberlakukan pembatasan pada kegiatan tatap muka. Dalam dunia juga terdampak pembatasan sehingga pembelajaran berlangsung secara online. Ini menyebabkan adanya kesenjangan akses dan kualitas pembelajaran. Inilah alasan di balik hilangnya capian belajar siswa dan hasil belajar yang buruk.

Learning loss merupakan salah satu dampak yang paling dirasakan oleh dunia Pendidikan dimasa pandemic ini. Learning loss adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hilangnya pengetahuan dan keterampilan, baik itu secara umum atau spesifik, atau terjadinya kemunduran proses akademik karena faktor tertentu.

Hasil Penilaian pada Pelaksanaan Kurikulum 2013 mengungkapkan bahwa guru salah memahami konsep mastery learning. Sebagian besar guru percaya bahwa mastery learning adalah untuk menyelesaikan semua materi pembelajaran. Pemahaman siswa malah tidak menjadi perhatian utama dalam pembelajaran. Sementara yang diharapkan dari kurikulum 2013 adalah  pemahaman siswa yang utuh pada materi pelajaran.

Dapat diiperhatikan juga Kebanyakan guru tidak termotivasi untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Bagi Guru, kehadiran di dalam kelaslebih penting daripada pembuatan naskah berlembar-lembar yang rumit dan komplek.

Untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berupaya memulihkan pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada adalah dengan merancang kurikulum merdeka.

Kurikulum merdeka dikembangkan sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi Krisis pembelajaran yang telah lama kita geluti, dan yang diperparah dengan adanya pandemi. Krisis pembelajaran ini ditandai dengan menurunnya hasil belajar siswa, Bahkan pada bidang dasar seperti . Krisis belajar ini juga dirasakan pada ketimpangan dalam kualitas pembelajaran antar daerah dan antar kelompok sosial .

Perbaikan pada krisis pembelajaran sistem Pendidikan tentunya  tidak dapat dicapai dengan perubahan Kurikulum saja. Berbagai upaya juga diperlukan untuk memperkuat kemampuan . Serta adanya penataan , serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil

Baca Juga:  Tukin Akan Dihapus dan Gaji PNS Naik, Simak Penjelasannya

Tetapi kurikulum juga memiliki pengaruh penting. kurikulum berpengaruh tentang apa yang diajarkan guru dan bagaimana materi  diajarkan. Oleh karena itu, kurikulum yang dirancang dengan baik  akan membantu guru dan mempermudah guru untuk yang Lebih baik.

Penyederhanaan dan perbaikan kurikulum terus diperlukan karena adanya dan  kesenjangan pembelajaran akibat pandemi, perubahan sistem pendidikan karena penerapan pembelajaran online, dan penyesuaian  terhadap situasi dan kebutuhan saat ini.

Penerapan kurikulum fleksibel yang mampu beradaptasi dengan kondisi dan kebutuhan terkini, terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kurikulum Merdeka yang baru akan dijadikan sebagai pada tahun 2024. Namun, pada saat ini kurikulum merdeka hanya menjadi pilihan satuan pendidikan. Oleh karena itu, kurikulum merdeka bukanlah kurikulum yang wajib diterapkan oleh lembaga pendidikan  saat ini.

DAFTAR SEKARANG!!!

eGuru.id sebagai platform edukasi bagi guru akan mengadakan bagi seluruh guru di Indonesia. Mengangkat judul  “Kurikulum Merdeka sebagai Solusi Cerdas mengatasi Learning Loss”.

Pelaksanaan seminar pada tanggal 07 Maret Pukul 19.30 WIB. Dengan menghadirkan Narasumber Diana Earlyana Lesmana. Beliau merupakan Trainer Calon Praktik Guru Penggerak KEMDIKBUDRISTEK.

Fasilitas Exclusive yang didapatkan:

  • Sertifikat 4 JP bernama untuk seluruh peserta
  • Akses Zoom Meeting dan Live On YouTube
  • Seminar KIT (Undangan, Materi, Rekap daftar hadir)

Langkah Pendaftaran seminar nasional:

  1. Bagikan ke 3 Group Pendidikan (whatsApp, telegram, Facebook)
  2. Join Channel Telegram https://t.me/infowebinarpendidikan

Note : tidak perlu mengisi form pendaftaran, sertifikat akan langsung dibagikan dengan cara mengisi presensi saat hari pelaksanaan di channel telegram https://t.me/infowebinarpendidikan.

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Seminar

Daftar Sekarang! Seminar Gratis Urgensi Kurikulum Operasional Sekolah

News

Gratis!!! Seminar Nasional Peran Guru Penggerak dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka

Seminar

Segera Unduh! Sertifikat Seminar Nasional Hidden Curriculum

News

Diklat Gratis 32JP Simak Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN

News

Unduh Sertifikat dan Fasilitas Seminar Nasional Peran Guru Penggerak

Media Mengajar

Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Kesiswaan

Inilah Cara Mudah Menyusun Dupak Guru Untuk Kenaikan Pangkat Guru

News

Mengenal Aplikasi Sipendi dan Manfaatnya Bagi Guru PAUD/TK/KB
Download Sertifikat Pendidikan Gratis