Maret telah tiba, menandakan dimulainya penilaian kinerja guru di berbagai sekolah. Salah satu instrumen penting dalam penilaian ini adalah observasi di kelas.
Sebagai kepala sekolah, Anda memiliki tanggung jawab untuk menilai observasi guru dengan cepat dan benar. Hal ini penting untuk memastikan proses penilaian yang efektif dan objektif, serta memberikan umpan balik yang bermanfaat bagi pengembangan profesional guru.
Pengelolaan Kinerja Guru di Platform Merdeka Mengajar (PMM) menggunakan alur yang terintegrasi untuk perencanaan dan pelaksanaan. Berikut alur penggunaannya:
- Penentuan Sasaran Kinerja:
- Guru dan kepala sekolah menyusun dan menyepakati Sasaran Kinerja Akademik (SKA) dan Sasaran Kinerja Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SKPKB).
- SKA dan SKPKB dirumuskan berdasarkan indikator kinerja dan prioritas sekolah.
- Penyusunan Rencana Kerja:
- Guru menyusun Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan SKA dan SKPKB.
- RKT dan RKAS memuat detail kegiatan, target, dan indikator pencapaian.
- Persetujuan Rencana Kerja:
- Guru mengajukan persetujuan RKT dan RKAS kepada kepala sekolah melalui PMM.
- Kepala sekolah meninjau dan menyetujui RKT dan RKAS.
- Implementasi Rencana Kerja:
- Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran dan pengembangan keprofesian berkelanjutan sesuai RKT dan RKAS.
- Guru mencatat bukti kinerja dan refleksi pembelajaran secara berkala.
- Pemantauan dan Evaluasi:
- Kepala sekolah melakukan pemantauan dan evaluasi kinerja guru secara berkala melalui PMM.
- Pemantauan dan evaluasi dapat dilakukan melalui observasi pembelajaran, penilaian portofolio, dan refleksi diri.
- Penilaian Kinerja:
- Di akhir periode penilaian, guru dan kepala sekolah melakukan penilaian kinerja berdasarkan bukti kinerja dan refleksi pembelajaran.
- Penilaian menghasilkan umpan balik dan rekomendasi untuk pengembangan profesional guru.
Alur ini memungkinkan pengelolaan kinerja guru yang:
- Terintegrasi: menghubungkan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian kinerja.
- Transparan: memberikan informasi yang jelas tentang kinerja guru kepada semua pihak.
- Objektif: menggunakan indikator dan bukti kinerja yang terukur.
- Aktif: mendorong refleksi dan pengembangan diri guru.
Penggunaan PMM untuk pengelolaan kinerja guru membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru.
Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Cara Mudah Menyusun Praktik Baik di PMM dengan Metode Star” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama Bimbingan Unlimited Materi Pelatihan Laporan Pengembangan Diri Berbagi Praktik Baik BONUS Aktifitas Membuat Kelas yang Menyenangkan. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2987/checkout dan Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)