Home / News

Senin, 8 Januari 2024 - 17:19 WIB

Sesuai Petunjuk Perdirjen GTK, Begini Cara Mengisi Bukti Dukung Ekinerja Di PMM

Dibaca 14,541 kali

Kabar terbaru, jika pada awal bulan Januari 2024 pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah wajib diisi baik itu PNS atau juga honorer. Yang mana pengisian tersebut harus melalui aplikasi Platform Merdeka Mengajar atau yang lebih dikenal dengan sistem PMM untuk mendukung Ekinerja Di PMM.

Perencanaan kinerja guru tersebut untuk saat ini harus diisi melalui PMM tidak lagi menggunakan e-kinerja PMM BKN.

Akan tetapi yang mana sebelumnya telah jelas terintegrasi dengan e-kinerja dari BKN.

Maka dari itu, sejak dari saat ini sudah dianjurkan pengisian perencanaan guru dan kepala sekolah pada tahun ini, pengisiannya dilakukan lewat sistem PMM.

Usai perencanaan kinerja yang diajukan oleh Guru memperoleh persetujuan dari Kepala Sekolah, Guru bisa langsung memulai pelaksanaan kinerja.

Dibawah ini panduan pengisian bukti dukungan e kinerja di PMM atau pelaksanaan kinerja pada platform Merdeka Mengajar. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Klik ‘Pengelolaan Kinerja’ di menu Beranda pada platform Merdeka Mengajar
  2. Untuk Anda yang saat ini mengakses pengelolaan kinerja melalui aplikasi PMM pada perangkat Android, maka Anda akan menerima notifikasi yaitu berupa rekomendasi untuk mengakses pengelolaan kinerja melalui laptop. Silahkan langsung saja akses pengelolaan kinerja melalui desktop maupun laptop untuk memperoleh pengalaman terbaik.
  3. Klik ‘Tetap di sini’ apabila Anda masih ingin mengakses pengelolaan kinerja lewat aplikasi.
  4. Klik ‘Cek langkah observasi’ untuk Anda memulai pelaksanaan kinerja
  5. Kemudian, Anda bisa langsung memulai untuk mengisi Pelaksanaan Kinerja secara berurutan sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Anda tidak dapat masuk ke langkah selanjutnya jika belum melakukan penyelesaian pada kegiatan sebelumnya.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Cara Mudah Menyusun Praktik Baik di PMM dengan Metode Star” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2893/checkout dapatkan diklat serta BONUS Contoh Naskah Best Practice Mau dibantu daftar? http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Cara Kumpulkan Dokumen Refleksi Tindak Lanjut

  1. Klik ‘Isi dokumen’ untuk Anda bisa mengumpulkan dokumen persiapan pada pelaksanaan observasi.
  2. Di halaman Dokumen Persiapan, Anda bisa langsung menemukan beberapa hal yang perlu dilakukan, sebagaimana halnya berikut:
  • Klik ‘Apa itu tujuan dokumen ini?’ untuk memperoleh informasi mengenai tujuan dari dokumen persiapan tersebut.
  • Klik ‘Cek Rubik Observasi’ untuk memperoleh informasi terkait dengan fokus perilaku yang diobservasi oleh Kepala Sekolah berdasarkan dari indikator yang digunakan pada tahap Perencanaan Kinerja
  • Anda bisa langsung memilih minimal satu perilaku yang ingin diperbaiki serta juga dipelajari oleh Anda dengan cara memberikan tanda ceklis pada kotak
  • Anda bisa langsung menuliskan langkah yang akan Anda lakukan untuk mempelajari Target Perilaku yang telah dipilih sebelumnya.
  • Anda juga bisa mengatur ‘Jadwal Observasi’ dengan Kepala Sekolah, dan pastikan untuk berdiskusi terlebih dahulu sebelum akhirnya menetapkan jadwal.
  • Akan tetapi, apabila jadwal yang diajukan tidak sesuai, Guru bisa berdiskusi dengan pihak kepala sekolah di luar dari jadwal yang telah ditetapkan.
  • Anda bisa juga mengunggah dokumen RPP/Modul ajar yang akan digunakan ketika observasi kelas. Informasi lebih lanjut terkait dengan Panduan ketentuan RPP/Modul Ajar di Pelaksanaan Kinerja bisa langsung kunjungi artikel di sini

Halaman Selanjutnya

  1. Klik kumpulkan apabila…

Share :

Baca Juga

Kompetensi Guru

Peraturan PNS Dirombak Total! Berikut Infromasi Terbaru Peraturan struktur Organisasi & Sistem Kerja PNS Yang Dirombak

News

Kabar Baik Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi dari Menteri PANRB

News

Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia

News

PNS Kategori Ini Akan Terima Uang Jaminan Sebesar 10 Juta

News

Resmi Rilis, Hasil Pengumuman Kelulusan PPPK 2023, Yuk Langsung Cek Nama Dan Kode Kelulusannya Sekarang

News

Tunjangan Profesi Guru Akhir Juni 2022, Simak Informasinya

News

Ternyata THR PNS Daerah dan Pusat 2024 Berbeda, Ini Rinciannya
perbedaan best practice dengan ptk

News

3 Usaha Sampingan Yang Patut Dicoba Bagi Guru Honorer