Home / News

Selasa, 17 Oktober 2023 - 13:25 WIB

Simak! Cara Ajukan Sanggah, Bagi Tidak Lolos Seleksi Administrasi CASN 2023

Dibaca 512 kali

Pengumuman hasil seleksi administrasi CASN 2023 telah diumumkan oleh berbagai instansi pada rentang waktu 15 sampai dengan 18 Oktober 2023, bagi pelamar yang tidak berhasil lolos , ada kesempatan untuk mengajukan sanggah mulai 19 hingga 21 Oktober 2023.

Menurut panduan pendaftaran : Sistem Seleksi Calon Tahun 2023 versi 01, permintaan sanggah yang diajukan setelah tiga hari dari pengumuman hasil administrasi tidak akan diproses.

Masa sanggah adalah periode di mana peserta rekrutmen memiliki kesempatan untuk mengajukan keberatan terhadap hasil seleksi pada setiap tahap.

Pengajuan sanggah ini berguna untuk memperbaiki ketidaksetujuan dengan hasil verifikasi yang mungkin keliru, dan pengajuan ini hanya diterima jika kesalahan berasal dari instansi yang mengadakan seleksi, bukan dari kesalahan yang dilakukan oleh pelamar.

Oleh karena itu, berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan jika dinyatakan tidak memenuhi (TMS):

Langkah-langkah Mengajukan Sanggah Seleksi Administrasi

  1. Buka situs web sscasn.bkn.go.id.
  2. Masuk dengan username atau email serta kata sandi yang telah didaftarkan.
  3. Klik tab “Resume”.
  4. Gulir ke bawah untuk melihat hasil seleksi.
  5. Jika muncul pesan “Mohon Maaf, Anda tidak lolos tahap administrasi karena…”, periksa lagi penyebab tidak lolos tahap administrasi yang dijelaskan dalam sistem.
  6. Klik “Ajukan Sanggah”.
  7. Akan muncul tampilan formulir sanggah yang berisi informasi syarat yang tidak terpenuhi, dokumen yang sudah diunggah oleh pelamar, dan kolom untuk mengisi alasan sanggah, pastikan untuk memeriksa kembali.
  8. Klik “Lihat” untuk melihat dokumen.
  9. Isi alasan sanggah, sebagai contoh: KTP sudah asli, harap dicek kembali.
  10. Centang kotak disclaimer yang menunjukkan persetujuan untuk menanggung hukum jika isian yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen yang telah diunggah.
  11. Klik “Akhiri Sanggah”.
  12. Akan muncul kotak yang menyatakan “Anda hanya bisa melakukan sanggah bila semua persyaratan yang tidak memenuhi syarat disanggah”, klik “Baiklah”.
  13. Selanjutnya, akan muncul kotak konfirmasi “Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses sanggahan?”, klik “Iya”.
  14. Akhirnya, akan muncul kotak yang mengonfirmasi “Pengajuan sanggah berhasil”.
  15. Jika sanggahan diterima, maka pada halaman “Resume Pendaftaran” akan muncul keterangan “Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas”.
  16. Terakhir, klik “Cetak Kartu”.
Baca Juga:  Resmi! Rapel Kenaikan Gaji PNS 2024 Akan Dibayarkan Bulan Depan

Perlu diingat beberapa mengenai proses sanggah seleksi administrasi CASN 2023:

Halaman Selanjutnya

– Sanggah tidak dapat digunakan untuk memperbaiki kesalahan

Share :

Baca Juga

News

Wajib Tau! Guru perlu lakukan ini agar siswa tidak ketergantungan ChatGPT

News

Semua Guru Sertifikasi Di Daerah  Dapat Tambahan 50% Dari TPG? Ini Regulasinya

News

Terbaru! Rekrutmen PPPK Guru Miliki Sistem Baru

News

Guru dan Kepala Sekolah Harus Tahu! Alokasi Anggaran Pendidikan Tahun 2024

News

Berikut Informasi Lengkap, Santunan Beasiswa anak dari Taspen untuk PNS dan PPPK

News

Gaji PNS Jabatan Fungsional Semakin Tinggi Dalam Skema Single Salary

News

Aturan Terbaru! Berikut Ketentuan Kenaikan Pangkat Guru

News

Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan
Download Sertifikat Pendidikan Gratis