RPP Literasi dan Numerasi – definisi yang dapat kita pahami tentang literasi dan numerasi memiliki arti bahwa kompetensi yang bersifat umum dan sangat mendasar yang terkait langsung dengan kemampuan daya pikir tentang bahasa dan matematika yang dibutuhkan dalam berbagai konteks, baik secara personal maupun sosial.
Dan kemampuan numerasi sendiri memiliki arti suatu pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dibutuhkan siswa untuk menggunakan matematika dalam berbagai situasi, termasuk pengenalan dan pemahaman matematika di dunia, serta memiliki kemampuan untuk menggunakan pengetahuan dan keterampilan tersebut sesuai dengan tujuannya.
Apa saja Langkah Pembelajaran Literasi Numerasi?
- Mengidentifikasi Kompetensi Dasar (KD)
Langkah pertama dalam membuat RPP numerasi yaitu memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki keterkaitan dengan numerasi. Tidak semua KD dalam sebuah mata pelajaran memerlukan penguatan aspek numerasi. Aspek numerasi dalam fokus matematika seperti pada gambar di bawah ini.
Contoh :
Kompetensi Dasar (KD) IPA SMP Kelas VII “3.8. Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem”.
Dalam KD ini dapat diidentifikasi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan aspek numerasi, seperti kata perubahan iklim yang seringkali dinyatakan melalui persentase, grafik dan perbandingan, serta pengaruh yang dapat diperkuat dengan data.
- Menentukan Tuntutan Numerasi dalam KD
Langkah kedua adalah menentukan tuntutan numerasi berdasarkan aspek numerasi yang sudah diidentifikasi di langkah pertama. Contoh yang bisa diambil dari KD IPA di atas, menganalisis pengaruh perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem dapat memperkuat numerasi yang berkaitan dengan analisis data dan representasi grafik dengan menampilkan data mengenai kenaikan suhu bumi dan gas rumah kaca.
- Menetukan Aktivitas Numerasi yang dapat disematkan dalam kegiatan pembelajaran
Setelah menentukan tuntutan numerasinya, maka yang harus dilakukan selanjutnya yaitu guru merancang kegiatan numerasi yang dapat disematkan/ditanamkan ke dalam kegiatan pembelajaran dalam RPP. Aktivitas numerasi tercantum dalam kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan sintak/model pembelajaran dalam RPP literasi numerasi yang akan dirancang.
- Menetapkan alat (tools) matematika dan istilah (terminologi) matematika yang digunakan dalam aktivitas.
Agar aktivitas numerasi lebih bermakna bagi siswa maka aktivas kegiatan pembelajaran yang tercantum dalam RPP literasi numerasi sebaiknya dilengkapi dengan alat matematika tertentu yang dibutuhkan, misalnya menggunakan spreadsheet untuk mengolah dan membandingkan data yang disajikan, serta istilah atau terminologi matematika yang digunakan.
Apa saja Langkah Menyusun RPP Literasi ?
Sebelumnya telah dibahas tentang langkah menyusun RPP Numerasi. Nah kita bahas langkah untuk menyusun RPP literasi sebagai berikut:
- Memetakan Kompetensi Dasar (KD) yang akan diajarkan.
langkah pertama yang bisa kita lakukan untuk menyusun RPP literasi yaitu mengidentifikasi Kompetensi yang akan di capai oleh peserta didik. Setelah itu menentukan tipe teks yang akan dipelajari untuk mencapai kompetensi tersebut.
- Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IpKD) dan tujuan pembelajaran.
Langkah selanjutnya untuk menyusun RPP literasi yakni menentukan IpKD dan tujuan pembelajaran. Peningkatan literasi siswa terdapat pada indikator pengayaan. Oleh karena itu guru harus mengidentifikasi indikator pengayaan yang dapat diturunkan dalam KD tersebut.
- Menentukan Sumber Bacaan yang Dekat dengan Peserta Didik.
Langkah selanjutnya guru harus mengidentifikasi bahan bacaan yang menarik dan relevan dengan peserta didik.
- Merancang Kegiatan Pembelajaran.
Dalam merancang kegiatan pembelajaran pada RPP literasi guru harus mampu menentukan strategi literasi yang sesuai pada kegiatan inti, pembuka dan penutup.
- Menentukan Asessment.
Langkah terakhir dari penyusunan RPP literasi yaitu menentukan asesmen, refleksi dan umpan balik.
Sumber referensi :
Berbagai sumber