Home / News

Minggu, 9 Oktober 2022 - 21:17 WIB

Simak Ketentuan Baru Tunjangan Guru ASN Tingkat Daerah

Dibaca 964 kali

Tunjangan Guru ASN – Lewat Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kementrian Pendidikan Indonesia merilis Surat Edaran mengenai tunjangan sertifikasi guru (TPG) dan tambahan penghasilan guru ASN (Kamis,6/10/2022).

Sebelumnya ketentuan mengenai petunjuk teknis (Juknis) tunjangan profesi guru (TPG) dan tambahan penghasilan guru diatur dalam Peraturan Mentri Pendidikan Nomor 4 tahun 2022.

Berangkat dari aturan tersebut pada 6 Oktober 2022 kemarin, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi baru saja merilis Surat Edaran tentang tunjangan guru ASN.

Surat Edaran Nomor 6909/B/GT.01.01/2022 sudah ditandatangani secara resmi oleh plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Nunuk Suryani.

Surat Edaran tersebut memuat tentang teknis yang haru dipatuhi pemerintah daerah diantaranya gubernur, walikota dan bupat dalam hal mendistribusikan tunjangan guru ASN.

Lantas bagaiman instruksi pada surat edaran tersebut? Akankah terjadi perubahan pada mekanisme pemberian tunjangan guru ASN? Simak penjelasan wartagur.id berikut ini!!

Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani menjelaskan, Surat Edaran Kemendikbud ini pada pokoknya menginstruksikan kepala daerah untuk memberi tunjangan kepada Guru yang berstatus Aparatur Sipil Daerah.

Menurut pemaparanya, SE tersebut memuat tentang beberapa hal terkait tunjangan sertifikasi atau tunjangan profesi guru dan juga tambahan penghasilan untuk guru ASN daerah.

Tunjangan profesi akan diberikan saat seorang guru sudah memiliki sertifikat pendidik. Tunjangn diberikan sebagai bukti penghargaan kepada guru atas prfesionalitasnya.

Adapun berdasarkan SE tersebut guru akan menerima tunjangan profesi sebesar satu bulan gaji pokoknya. Gaji pokok yang dimaksud juga merupakan nominal yang terdapat pada peratuan perundang-undangan yang berlaku dan telah ditetapkan kemendikbud menggunakan Surat Keterangan Tunjangan Profesi.

Halaman Selanjutnya

Guru Non-Sertfikasi Dapat menerima juga

Share :

Baca Juga

News

Terbitkan Aturan Baru soal Implementasi Kurikulum Merdeka, Simak Penjelasannya Berikut Ini !

News

Resmi! CGP Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 Dibuka

News

Pengisian DUPAK Guru yang Sesuai dengan Aturan

News

Peraturan Seleksi Kepala Sekolah Terbaru 2023! Menggunakan Platform Berikut Dan Data Ini yang Harus Diisi

News

Ada Informasi Menarik Untuk Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi

News

Resmi! Sistem Seleksi PPPK Guru 2023 Gunakan CAT BKN

News

Besaran Tunjangan Inpassing Guru Tahun 2024

News

Berikut Cara Cek TPG Triwulan 1 Yang Akan Cair Setelah Lebaran