Home / News

Senin, 25 Juli 2022 - 16:20 WIB

Simak Penjelasan Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangan Metode Hypnoteaching

Dibaca 1,167 kali

Metode Hypnoteaching – Dari istilah bahasa “hypnoteaching” berasal dari dua kata yaitu Hypno dan teaching. Elvin Syaputra dalam buku Hypnoteaching for Succes Learning mengartikan kata hypnotic sebagai hal yang menyebabkan tidur. Dan, hypnotis berarti ahli hypnosis. Sementara teaching bermakna mengajar. Dengan pengertian ini hypnoteaching berarti mengajar yang dapat menyebabkan tidur. Bila pengertian ini yang dikehendaki, berarti hypnoteaching sangat tidak berguna dalam mendukung pengajaran di kelas. Namun, pengertian seperti inilah yang banyak terjadi di lapangan. Artinya, di saat guru berceramah menyampaikan pelajaran, tidak sedikit peserta didik yang mulai terserang tidur.

Metode hypnoteaching juga dapat didefinisikan sebagai metode pembelajaran yang dalam menyampaikan materi, guru memakai bahasa-bahasa bawah sadar yang bisa menumbuhkan ketertarikan tersendiri kepada peserta didik”  (Yustisia, 2012:75)

Kunci dari metode hypnoteaching sebenarnya adalah bagaimana guru bisamenciptakan lingkungan belajar yang nyaman secara intern (psikis) maupun ekstern (fisik). Karena ketika kenyamanan ada dalam pembelajaran, mereka akan merasakan pula proses belajar yang menyenangkan, dan ketika dalam sebuah pembelajaran rasa nyaman dipastikan materi yang disampaikan guru akan mudah sekali diserap oleh peserta didik(Ratnawati, 2005:71). Hal itu bisa terjadi karena kondisi nyaman adalah kondisi yang diciptakan oleh operator hipnotis (guru) dengan sebuah komunikasi yang berguna membawa subjek hipnotis (peserta didik) ke kondisi alam bawah sadarnya (Gunawan,2007:54).

Namun metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda ketahui sebagai seorang guru baik sebagai pengajar. Penjelasan singkatnya berikut ini:

  1. Kelebihan dan Kekurangan Metode

Sebagai sebuah metode hypnoteaching juga tak lepas dari kelebihan dan kekurangan tersendiri, adapun kelebihannya adalah sebagai berikut:

1.Peserta didik bisa berkembang sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya.

2.Guru bisa menciptakan proses pembelajaran yang beragam sehingga tidak membosankan bagi peserta didik.

3.Proses pembelajaran yang beragam sehingga tidak membosankan bagi peserta didik.

4.Tercipta interaksi yang baik antara guru dan peserta didik

5. Materi yang disajikan mampu memusatkan perhatian peserta didik.

6. Materi mudah dikuasai peserta didik sehingga mereka lebih termotivasi untuk belajar.

7. Banyak terdapat proses pemberian keterampilan selama pembelajaran.

8. Proses pembelajaran bersifat aktif.

9. Peserta didik lebih bisa berimajinasi dan berpikir secara kreatif.

10. Disebabkan tidak menghafal, daya serap peserta didik akan lebih cepat dan bertahanlama.

11. Pemantauan guru akan peserta didik menjadi lebih intensif.

12.Disebabkan suasana pembelajaran rileks dan menyenangkan, hal ini membuat peserta didik merasa senang dan bersemangat ketika mengikuti pembelajaran.

Adapun kelemahan dari metode hypnoteaching adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya peserta didik yang berada dalam suatu kelas mengakibatkan para guru merasa kesulitan untuk memberikan perhatian satu per-satu kepada peserta didik.
  2. Para guru perlu belajar dan berlatih untuk menerapkan metode hypnoteaching.
  3. Metode hypnoteaching masih tergolong dalam metode baru dan belum banyak dipakai oleh para guru di Indonesia.
  4. Kurang tersedianya sarana dan prasarana di sekolah yang bisa mendukung penerapan metode hypnoteaching (Yustisia, 2012:83).

Melihat penjelasan mengenai kekurangan metode hypnoteaching guru adalah pusat pelaksanaan metode hypnoteaching guru mempunyai peran besar dalam pelaksanaan metode hypnoteaching. Maka dari itu, untuk bisa meminimalisir kekurangan tersebut, guruharus banyak belajar dan berlatih guna memaksimalkan penggunaan metode Hypnoteaching.

Dan bagi guru yang masih asing dengan metode hypnoteaching, diharapkan untuk bisa menerapkannya dengan menyadari tanggung jawabnya, guru dipastikan akan mampu menerapakannya. Hal itu dikarenakan metode hypnoteaching merupakan metode yang didalamnya menekankan unsur psikologi. Guru dituntut mempunyai jiwa yang stabil yang harus ditunjukkan dengan bahasa lisan yang penuh motivasi dan bahasa tubuh yang penuhsemangat, serta penampilan yang mempunyai kenyamanan tersendiri jika dipandang oleh peserta didik. Untuk bisa menjadi figur yang berpengaruh, tidak lepas dari kekuatan daridalam diri. alangkah baiknya kebiasaan dzikrullah bisa sering dilakukan oleh siapa saja khususnya guru, karena hal itu akan menjadi sebuah amal baik bagi diri sendiri, serta akanmempunyai manfaat oleh orang lain, dalam hal ini akan sangat membantu guru memperkuat pribadinya agar pantas menjadi sosok yang magnetis.

Selain itu, untuk bisa menjadi guru yang serta hal lain yang tidak kalah  penting adalah penguasaan materi pembelajaran yang harus dikuasai guru, karena guru yang tidak menguasai materi akan mengurangi rasa percaya diri serta tidak akan ada kemantapan dalam menyampaikan materi dan hal itu akan sangat mempengaruhi penerimaan peserta didik terhadap materi, serta untuk mengatasi jumlah murid yang terlalu banyak, yang sulit dijangkau satu persatu, penggunaan metode hypnoteaching bisa dipadukan dengan metode lain yang sekiranya bisa membuat kelas yang gemuk menjadi hidup dalam pembelajaran.

Bergabunglah bersama dengan menjadi member e-Guru.id untuk meningkatkan skill dan pengetahuan Anda agar menjadi pendidik yang hebat dan dapatkan berbagai macam pelatihan gratis dan bonus lainnya. Daftarkan diri Anda pada pelatihan membuat media pembelajaran interaktif menggunakan power point sekarang juga!

3. Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Power Point #1-min

Penulis: WDS

Share :

Baca Juga

News

Work From Anywhere (WFA) Apakah Hanya untuk PNS saja?

News

Program Studi dan Jumlah Formasi Sekolah Kedinasan Tahun 2023

News

Penting! Simak Cara Membuat Akun SSCASN

News

Alasan UNNES Berikan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Moeldoko

News

TPG Triwulan 1 dan THR Sudah Cair, Berikut Daerah Yang Sudah Mencairkan

News

Ada Kabar Untuk Guru Non Sertifikasi Dari Kemdikbud
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

KABAR GEMBIRA GURU SERTIFIKASI 2024: Tunjangan Profesi Guru Triwulan 1 Dicairkan 2 Kali!

News

Mau Lolos CPNS? Berikut 5 Kesalahan Dalam Seleksi Administrasi yang Harus Dihindari