Home / News / Opini

Rabu, 13 April 2022 - 10:41 WIB

Soal Pretest PPG Guru Kelas SD 2022 Sesuai Kisi-kisi Lengkap dengan Jawaban

Dibaca 8,614 kali

Soal pretest  PPG Guru kelas SD 2022 memang tidak bisa diprediksi sepenuhnya, akan tetapi tidak ada salahnya bagi teman-teman Guru semua yang sedang berjuang untuk lolos mempelajari prediksi soal pretest PPG Guru kelas SD yang relefan.

Agar nantinya teman-teman Guru bisa lebih siap dan yakin ketika melaksanakan dan mengerjakan soal pretest guru kelas SD 2022.

Perlu ditekankan kembali bahwasannya dalam jabatan kali ini merujuk lebih rinci berdasarkan materi belajar bagi guru kelas SD yang akan melaksanakan PPG tahun 2022.

Pada pembahasan kali ini juga disertai dengan kunci jawaban yang harapannya bisa lebih membantu teman-teman Guru semua dalam memahami serta mempelajari prediksi soal pretest PPG Guru kelas SD.

Berikut Adalah Prediksi Soal Pretest PPG Guru Kelas SD

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap…

a. Tahap sensorimotorik

b. Tahap praoperasional

c. Tahap operasional konkrit

d. Tahap operasional respon

Jawaban: B

 

2) Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan…

a. Kemampuan kognitif

b. Kemampuan interaksional

c. Kemampuan integrasi diri

d. Kemampuan komunikatif

Jawaban: A

 

3) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan

(pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis

skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi

pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut

mempunyai kecerdasan…

a. Kecerdasan Bahasa (linguistic)

b. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

c. Kecerdasan Ruang (spatial)

d. Kecerdasan Gerak Tubuh

Jawaban: A

 

4) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL

berdasarkan kesiapan siswa, nasional, dan kebutuhan. Setelah

ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka

dasar kurikulum dan . Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan

antara lain…

a. Tantangan Internal dan Eksternal

b. Responsibility

c. Reinforced

d. Enriched

Jawaban: A

 

5) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan …

a. Pengayaan materi pelajaran

b. Refleksi

c. Latar belakang peserta didik

d. Tes awal (pre-test)

Jawaban: D

 

6) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah…

a. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

b. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

c. Menganalisis kemampuan peserta didik

d. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa

yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita

kesulitan belajar lainnya )

Jawaban: C

 

7) Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia

a. 0 – 2 tahun

b. 2 – 7 tahun

c. 7 – 11/12 tahun

d. 11/12 – 14/15 tahun

Jawaban: C

 

8) Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan…

a. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)

b. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)

c. Dominasi pengamatan bersifat egosentris

d. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

Jawaban: A

 

9) Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…

a. Kognitif

b. Sosial

c. Emosional

d. Moral

Jawaban: C

 

10) Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat.

Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.

Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan…

a. Sosial-emosional

b. Kognitif

Baca Juga:  Wajib Tahu! Daftar 5 Instansi dengan Tukin Tertinggi

c. Moral

d. Spiritual

Jawaban: A

 

11) Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.

Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan…

a. penalaran pascakonvensional

b. penalaran konvensional

c. penalaran prakonvensional

d. penalaran interkonvensional

Jawaban: A

 

12) Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal…

a. Kesulitan akademis

b. Gangguan simbolik

c. Gangguan nonsimbolik

d. Gangguan sosial

Jawaban: B

 

13) Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah….

a. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya

b. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya

c. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar

d. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu

Jawaban: C

 

14) Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…

a. Behaviorisme

b. Humanistik

c. Sibernetik

d. Kontruktivisme

Jawaban: A

 

15) Di dalam pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

a. Sibernetik

b. Humannistik

c. Behaviorisme

d. Konstruktivisme

Jawaban: D

 

16) Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari…

a. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, , sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi.

b. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi.

c. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi.

d. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran.

Jawaban: A

 

17) Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut…

a. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar

b. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan

c. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru

d. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan .

Jawaban: A

 

18) Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah…

a. Humanistik

b. Konstruktivisme

c. kognitivisme

d. Nativisme

Jawaban: A

 

19) Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah…

a. kemampuan berkomunikasi

b. Kemampuan untuk memecahkan masalah

c. kemampuan berinteraksi

d. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

Jawaban: B

 

20) Pada masa kini siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar…

a. Sibernetik

b. Konstruktivisme

c. Behaviorisme

d. Kognitivisme

Jawaban: A

 

Berikut tadi adalah prediksi soal pretest PPG Guru Kelas SD 2022, yang harapannya bisa bermanfaat dan bisa membantu teman-teman guru.

Semoga teman-teman Guru diberikan kemudahan serta kelancaran dalam mengerjakan soal pretest PPG Guru Kelas SD 2022.

Serta hasil yang diperoleh nantinya sesuai dengan apa yang diharapkan dan diperjuangkan teman-teman Guru semua.

 

Sekian dari penulis besar harapannya atas apa yang sudah ditulis bermanfaat untuk semua pihak.

 

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Terima kasih.

 

 

 

Penulis: Galih Pambudi

Share :

Baca Juga

News

Siap- Siap Sebelum 28 November, Tenaga Honorer Wajib Penuhi 4 Syarat Berikut Untuk Diangkat Jadi ASN

News

Begini Tutorial Mengisi Riwayat Pekerjaan di SSCASN untuk PPPK

News

Segera Daftar PPG Prajabatan Dan Dapatkan Beasiswa 17 Juta

News

Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2022

News

Memaksimalkan Peran Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Ternyata Jumlah Formasi Tendik di PPPK 2024 Hanya Segini

News

Pahami Peraturan dan Syaratnya! PNS Kategori Ini Akan Cepat Naik Pangkat Diakhir Tahun 2023

News

Terbaru! Terdapat 7 Jenis Cuti PNS Dalam RPP Manajemen ASN
Download Sertifikat Pendidikan Gratis