Hal yang juga perlu dipahami oleh guru adalah Strategi Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila. Hal tersebut juga sangat penting karena pada saat ini pendidikan menerapkan kurikulum merdeka. Strategi Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila pada saat ini perlu untuk dipahami oleh guru dalam menerapkan pembelajaran pada saat ini.
Kurikulum Merdeka adalah program pembelajaran baru yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia pada tahun 2021. Dalam Kurikulum Merdeka, salah satu proyek yang dapat dilakukan oleh pelajar adalah “Proyek Profil Pelajar Pancasila“.
Proyek ini bertujuan untuk membangun karakter dan kepribadian siswa yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Siswa akan diminta untuk membuat profil diri mereka yang mencerminkan bagaimana nilai-nilai Pancasila tercermin dalam sikap, perilaku, dan tindakan mereka sehari-hari. Profil pelajar Pancasila ini dapat dibuat dalam bentuk tulisan, video, presentasi, atau format lainnya.
Dalam proyek ini, siswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk membangun rasa kebangsaan dan cinta tanah air pada siswa.
Sebagai proyek yang terintegrasi dalam Kurikulum Merdeka, proyek profil pelajar Pancasila ini memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mereka.
Berikut beberapa strategi yang dapat digunakan untuk pengembangan proyek profil pelajar Pancasila:
Memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila
Sebelum memulai proyek profil pelajar Pancasila, siswa perlu diberikan pemahaman yang jelas tentang nilai-nilai Pancasila, termasuk arti dan konsep dari setiap prinsip. Guru atau pendidik dapat memberikan materi atau diskusi kelas untuk menjelaskan nilai-nilai Pancasila dan bagaimana nilai-nilai tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari.
Memberikan contoh kasus nyata
Untuk membantu siswa memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, guru atau pendidik dapat memberikan contoh kasus nyata yang relevan. Contoh kasus nyata ini dapat memperkuat pemahaman siswa tentang nilai-nilai Pancasila dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Halaman Selanjutnya