Home / News

Sabtu, 25 Mei 2024 - 18:05 WIB

Student Loan Jadi Ladang Bisnis Pemerintah untuk Mahasiswa yang Gagal Bayar Kuliah

Dibaca 27 kali

Wacana student loan dinilai hanya akan menjadi ladang pemerintah kepada para mahasiswa yang tidak mampu bayar uang kuliah, jika skema tersebut memang benar-benar diterapkan. Dan hal itu dinilai akan makin memperburuk keadaan mahasiswa yang harus bayar utang ketika sudah selesai kuliah.

Student loan adalah sebuah perjanjian terkait pinjaman khusus untuk mahasiswa atau untuk pelajar yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikan.

Pemerintah akan menyiapkan dananya sementara pelajar akan menjadi debitur, layaknya pinjaman yang disediakan oleh bank pada umumnya.

Nantinya, para mahasiswa tersebut wajib membayar cicilan pokok beserta dengan bunganya. Hanya saja, pelunasan tersebut boleh dilakukan setelah mahasiswa sudah lulus kuliah.

Umumnya, tagihan akan keluar setelah enam bulan sejak mahasiswa tersebut lulus.

Dengan demikian, sejumlah mahasiswa menolak usulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) soal wacana student loan tersebut. Usulan tersebut ditolak lantaran dinilai akan makin menyulitkan mahasiswa.

Di antara yang menolak usulan tersebut adalah sekumpulan mahasiswa saat menggelar forum diskusi “Catatan 26 Tahun Gerakan Reformasi di Jakarta pada hari Jumat (24/05) lalu.

Salah satu mahasiswa yang hadir yaitu Virgian Aurelio dari Universitas Padjajaran. Ia mengaku sangat menyayangkan jika akhirnya akan membuat kebijakan student loan untuk para mahasiswa yang kesulitan membayar biaya kuliah.

“Belum lagi ada kebijakan yang patut harus ditolak adalah sudent loan, Sri Mulyani sudah mengatakan ini dan disambut oleh Nadiem,” ucapnya seperti dikutip dari Metro News.

Wacana ini pertama kali muncul dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Namun dikabarkan belum ada proposal resmi yang diajukan kepada Kementerian Keuangan untuk membahas hal ini.

Maksud utama dari munculnya Studen Loan sendiri diharapkan dapat membantu mahasiswa yang mengeluh kesulitan membayar UKT atau Uang Kuliah Tunggal yang saat ini cukup mahal.

Namun dikhawatirkan skema pinjaman ini justru akan jadi bisnis pihak pemerintah kepada mahasiswa.

“Sudent loan ini sederhananya gimana negara ingin berbisbnis pada mahasiswa tentang, kalau mau kuliah ya pinjam ke kita. Kita saksikan di Amerika Serikat, di Korea Selatan, di negara-negara yang melakukan student loan, semuanya sampai umur 40-35 tahun mereka masih hidup bukan buat dirinya, hidup buat bayar balik ke negara,” papar Virgian.

Halaman Selanjutnya

Sebenarnya konsep Student Loan ini bukan hal yang baru….

Share :

Baca Juga

News

Sulit Mempelajari Kurikulum Merdeka? Berikut 4 Cara Mudah Mempelajari Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar

News

3 Nasib Guru Honorer Lulus Passing Grade (Kode P) Pada Seleksi PPPK Guru 2024

News

Akan Diumumkan Awal Oktober 2023! Kemenag Akan Umumkan Hasil UP PPG

News

Sertifikasi Guru, Manfaat dan Besaran Tunjangannya

News

Waspada, Ini Daftar Kategori PNS Tidak Mendapatkan Gaji ke-13! Cek dari sekarang

News

Tunjangan Triwulan 3 dan 4 Akan Naik Tahun Ini

News

Begini Nasib Pelamar Tidak Punya Sertifikat Pendidik Pada Seleksi PPPK

News

Kabar Gembira! 2 Kelompok Guru Ini Bakal Terima Tambahan 1 Bulan Tunjangan