Home / Kesiswaan / Media Mengajar

Sabtu, 2 April 2022 - 18:00 WIB

Tata Cara Membuat Profil Sekolah yang Menarik

Dibaca 1,582 kali

Tata Cara Membuat Profil SekolahTata cara membuat profil sekolah ini untuk memperkenalkan sekolah kepada masyarakat. Maka diperlukan adanya profil sekolah. Membuat profil sekolah ini akan menjadi salah satu strategi untuk menarik dan mendapatkan siswa untuk tahun ajaran baru di sekolah itu.

Oleh karena itu, profil sekolah itu diusahakan dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat. Profil sekolah itu dibuat dari tingkatan PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA atau SMK negeri maupun swasta, serta madrasah baik MI, MTs, dan MA. Jadi artikel tata cara membuat profil sekolah ini akan bermanfaat untuk semua jenjang.

Profil sekolah adalah data sekolah yang di dalamnya ada nama, alamat, kota, tanggal berdirinya, nomor telepon, dan lain-lain. Profil sekolah juga bisa berisi tentang sejarah berdirinya suatu sekolah dan perkembangannya sampai saat ini. Informasi lain yang bisa dimasukkan ke dalam profil sekolah itu adalah profil kepala sekolah, guru, murid, dan sebagainya termasuk sarana dan prasarana juga kegiatan sekolah.

Baca Juga: 5 Aplikasi Untuk Membuat Video Pembelajaran di Hp

Format Profil Sekolah

Secara singkat, format profil sekolah dapat menampilkan informasi sebagai berikut ini:

  1. Identitas Sekolah

Yang harus disertakan di dalam identitas sekolah sebaiknya dengan menyebutkan nama sekolah, alamat, nomor telepon, email, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan nama kepala sekolah. Jika ada versi webnya maka lebih bagus ditambahkan dengan gmap lokasi sekolahnya.

Dengan adanya data-data tersebut, masyarakat akan lebih mudah untuk menghubungi atau langsung mendatangi instansi sekolah jika memerlukan informasi yang lebih detail. Terutama untuk yang memang berminat masuk ke sekolah tersebut.

Dengan begitu, anda akan bisa cepat mengetahui alamat sekolah kemudian dapat menghubungi pihak sekolah tanpa keluar rumah. Dengan adanya Google Maps akan membantu anda yang belum mengetahui alamat sekolah sehingga dapat melacaknya dengan mudah dengan menggunakan aplikasi itu.

  1. Visi dan Misi Sekolah

Tidak kalah penting juga untuk mencantumkan visi dan misi sekolah tersebut di dalam profil sekolah ini. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam mengetahui kemana arah pendidikan yang akan dituju oleh sekolah tersebut. Sehingga calon siswa dan orang tua tidak bingung dan bisa menyesuaikan keinginan dan harapannya.

  1. Kurikulum

Mencantumkan kurikulum di profil sekolah pun sangat penting. Mengapa? Karena dengan mencantumkan program-program unggulan yang terdapat di sekolah tersebut bisa menarik perhatian calon siswa untuk mendaftar. Program-program unggulan yang tidak terdapat di sekolah lain pun bisa menjadi pembanding dan nilai lebih lagi untuk sekolah.

  1. Guru dan Staf

Elemen yang sangat berharga sekali adalah adanya guru dan staf di instansi sekolah itu. Guru dan staf inilah yang bertanggung jawab penuh atas keberhasilan dan kesuksesan pendidikan di sekolah.

Mencantumkan profil guru dan staf akan memberikan gambaran terhadap kapabilitas pada pengajar ataupun pengelola sekolah. Keberadaan guru-guru yang berkualitas akan menarik perhatian orang tua siswa tidak ragu untuk menyekolahkan anaknya disalah satu instansi.

Baca Juga: Mengenal Model Pembelajaran STAD

  1. Data Siswa

Profil sekolah berbasi Teknologi Informasi (TI) juga dapat digunakan untuk membangun database siswa dan alumni secara lebih baik. Data siswa ini perlu ditampilkan untuk menjadi bukti nyata bahwa yang bersangkutan telah sukses dengan kegiatan pendidikannya di sekolah dan juga menjadi tanda dipercayanya sekolah kepada banyak siswa. Profil sekolah juga dapat menampilkan siswa yang berprestasi untuk menjadi daya tarik untuk calon siswa.

  1. Sarana dan Prasarana Sekolah

Keberadaan sarana dan prasarana sekolah dapat menjadi daya pikat untuk menarik calon siswa. Sebab sarana dan prasarana yang memadai dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mendaftarkan putra dan putrinya.

Sebenarnya selain pembuatan profil sekolah secara mandiri, ada juga pada aplikasi dapodik tentang data profil sekolah ini. Data profil sekolah pada aplikasi dapodik ini dapat diperbaharui dan diunduh oleh sekolah, sehingga datanya merupakan profil yang up to date.

Edit Profil Sekolah

Untuk edit profil sekolah di aplikasi dapodik, anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

  1. Identitas Sekolah

Untuk mengubah identitas sekolah dalam aplikasi dapodik bisa berkoordinasi dengan dinas pendidikan Provinsi, Kota, ataupun Kabupaten. Sebab untuk beberapa perubahan khusus hanya bisa dilakukan oleh pihak dinas pendidikan terkait.

Untuk perubahan identitas sekolah dapat dilakukan dilaman web http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

  1. Lokasi Sekolah

Pada aplikasi versi 2020 terdapat beberapa perubahan, yakni pada bagian titik lokasi sekolah. Sebelumnya dilakukan pada aplikasi itu sendiri menjadi perubahan dilaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id yang sudah didaftarkan dilaman http://sdm.data.kemdikbud.go.id.

  1. Data Administrasi Sekolah

Untuk menampilkan pilihan Kebutuhan Khusus dilayani harus menginputkan dahulu Program Inklusi yang terdapat di Data Rinci Sekolah lalu klik tombol F5. Untuk mengubah SK pendirian sekolah dan SK izin operasional dapat dilakukan dilaman http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id.

  1. Nomor Rekening BOS

Saat mencantumkan nomor rekening pastikan sudah benar dan masih aktif. Hal ini disebabkan karena nomor rekening ini akan digunakan untuk penyaluran dana BOS, maka sangat penting sekali memastikan pengisian yang benar.

  1. Kontak Sekolah

Sekolah diwajibkan mencantumkan informasi yang benar untuk nomor telepon dan alamat email yang digunakan. Sebab hal tersebut akan digunakan untuk menyalurkan informasi dengan melalui saluran telepon ataupun email.

Selain itu, cara download profil sekolah di aplikasi dapodik dapat dilakukan dengan du acara yaitu sebagai berikut.

  1. Download profil sekolah menggunakan aplikasi dapodik secara offline.

Berikut ini langkah-langkah download profil sekolah di dapodik tanpa menggunakan jaringan internet.

  1. Buka aplikasi dapodik.
  2. Lalu klik menu Pusat Unduhan.
  3. Kemudian pilih manajemen, klik unduh pada menu pilihan profil sekolah.
  4. Download profil sekolah menggunakan aplikasi dapodik secara online.

Cara yang kedua adalah anda harus terhubung dengan jaringan internet. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Misalnya admin akan mendownload profil SMAN 1 Cikembar, maka ketikkan di dalam google “data pokok SMAN 1 Cikembar”. Catatan: anda dapat mengubah pencarian dengan nama sekolah lain sesuai kebutuhan.
  2. Setelah keluar hasil pencarian google, anda klik “Data Pokok SMAN 1 Cikembar” pada tampilan google.
  3. Tunggu hingga halaman baru tampil, lalu silahkan klik unduh profil.

Kelebihan dari memiliki profil sekolah diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Merepresentasikan identitas sekolah dengan jelas.
  2. Menjadi media komunikasi terbaik bagi sekolah kepada semua pihak yang membutuhkan.
  3. Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme sekolah.
  4. Menjadi tools marketing, media branding, dan publikasi.

Agar daya tarik dari masyarakat bertambah, cara membuat profil sekolah yang bagus adalah sebagai berikut.

  1. Buatlah profil sekolah secara singkat, padat, dan jelas.
  2. To the point atau langsung ke pokok persoalan.
  3. Gunakan data yang akurat.
  4. Informasikan data yang ter-update.
  5. Sajikan profil sekolah dengan cara yang kreatif.
  6. Memiliki desain yang menarik, professional, dan elegan.
  7. Pastikan penyusunan dan isi terlihat rapi dan jelas.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

Penulis: Vikri Februansyah

Share :

Baca Juga

alur penyetaraan ijazah

Kesiswaan

Begini Prosedur Penyetaraan Ijazah untuk Siswa

Media Mengajar

5 Aplikasi Edit Video Pembelajaran Yang Menarik Untuk Guru dari Ponsel

Media Mengajar

Keberhasilan Pembelajaran: Kriteria dan Indikator
Mendaftar Guru Penggerak

Kesiswaan

2 Hak Peserta Didik Paling Dasar yang Wajib Dipahami Guru

Kesiswaan

Asesmen Nasional / Kompetensi Minimal (AKM)

Karya Inovatif

Memahami Karakter Peserta Didik

Media Mengajar

Penerapan Kurikulum Prototipe di Semua Jenjang Pendidikan
prinsip penyusunan atp

Edutainment

Rapor Pendidikan Indonesia : Laporan Hasil Asesmen Nasional