Home / News

Kamis, 28 April 2022 - 10:51 WIB

Tenaga Honorer Berpeluang Menjadi PNS Sebelum 2023, Berikut Syaratnya!

Dibaca 64,322 kali

Honorer Jadi PNS – Tak lama lagi, pada tahun 2023 tenaga honorer akan Mulai dihilangkan dari birokrasi pemerintah. Kebijakan Ini akan diterapkan untuk pemerintah pusat ataupun daerah.

Tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil bahwa pemerintah akan menghapuskan status tenaga honorer di instansi pemerintah mulai tahun depan.

Hal ini juga telah dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah (PP) 49 tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja bahwa pegawai non-PNS di instansi pemerintah melaksanakan tugas paling lama hingga 2023.

Diatur dalam pasal 96, pegawai pemerintah dilarang untuk mengangkat pegawai non-PNS atau tenaga honorer untuk mengisi jabatan ASN.

Sebagai gantinya pada penghapusan ini, terhitung mulai tahun 2023 hanya akan terdapat 2 kategori pekerja dalam instansi pemerintah yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sudah ada sekitar 1 juta orang yang diangkat menjadi PNS yang diangkat melalui proses pengangkatan tenaga honorer sejak tahun 2012 yang diikuti oleh ratusan ribu tenaga honorer yang ada di instansi pemerintah.

Sebelum dihapuskan, pemerintah memberikan kesempatan dengan membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) kepada guru honorer yang saat ini bekerja di instansi pemerintah untuk menjadi PNS.

Mohammad Averrounce Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengatakan bahwa tenaga honorer tidak akan otomatis diangkat menjadi PNS. Pemerintah membuka kesempatan bagi honorer untuk mengikuti seleksi CASN.

Dalam proses pengangkatan tenaga honorer jadi PNS akan diprioritaskan pada tenaga guru, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian/perikanan/peternakan, dan tenaga teknis yang sangat dibutuhkan pemerintah.

Dilansir dari Kompas.com dengan judul Penjelasan Kemenpan RB soal Peluang Tenaga Honorer Diangkat PNS Averrounce  mengatakan bahwa “Untuk dapat mengikuti Seleksi CASN, tentunya melihat syarat dan ketentuan jabatan berdasarkan formasi yang tersedia di instansi yang akan dilamar,”

Kriteria dan Syarat Honorer Jadi PNS

Untuk dapat mengikuti seleksi CPNS, tenaga honorer juga perlu memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sesuai formasi yang dibutuhkan. Menurut PP Nomor 56 Tahun 2012 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS terdapat beberapa persyaratan bagi tenaga honorer untuk bisa menjadi PNS. Berikut kriteria dan syarat pengangkatan honorer:

  • Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 20 tahun atau lebih secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia maksimal 46 tahun dan mempunyai masa kerja 10-20 secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia maksimal 40 tahun dan mempunyai masa kerja 5-10 tahun secara terus-menerus
  • Tenaga honorer yang berusia maksimal 35 tahun dan mempunyai masa kerja 1-5 tahun secara terus -menerus.

Apabila kriteria tersebut telah dipenuhi maka honorer dapat diangkat menjadi CPNS setelah lulun dalam serangkaian seleksi.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

klik link berikut untuk mendaftar :

Pendaftaran Member Semesteran :
https://bit.ly/Member-Semester_Eguru
Kode kupon :SEMESTERAN50

Pendaftaran Member Tahunan :
https://bit.ly/Member-Tahunan-Eguru
Kode Kupon : TAHUNAN50

Pendaftaran Member Lifetime :
https://bit.ly/Member-Lifetime-Eguru
Kode Kupon : LIFETIME50

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

(law/law)




Share :

Baca Juga

jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Kabar Gembira, Dipastikan Tidak Ada Pemecatan Guru Honorer Tahun Ini

News

Cara Mengisi Pelaksanaan Kinerja di PMM untuk Guru dan Kepala Sekolah

News

Tenaga Honorer Tidak Dihapus! Jokowi Perintahkan Ini ke MenpanRB

News

SNMPTN 2022 Resmi Ditutup! Berikut 20 PTN dengan Peminat Terbanyak

News

Kenali 5 Produk Platform Merdeka Mengajar, Bantu Guru Tingkatkan Kompetensi

News

Berikut Ketentuan PIP Tahun 2023. Simak Cara Pengecakan

News

Segera Daftar! Pelatihan Bersertifikat 40JP : Pemanfaatan Classpoint Untuk Pembelajaran

News

Hasil Kelulusan Seleksi PPPK 2023 Telah Diumumkan, Cek Disini