Home / News

Kamis, 25 April 2024 - 10:28 WIB

Termasuk Kementerian Pendidikan, Inilah 7 Instansi Pemerintah yang Buka Lowongan CPNS dan PPPK 2024

Dibaca 52 kali

Tahun ini adalah kesempatan bagi siapa saja yang ingin meniti karier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Banyak lowongan yang tersedia. Setidaknya 7 kementerian sudah mengumumkan jumlah pegawai yang dibutuhkan, salah satunya adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pendaftaran dan seleksi untuk menjadi CPNS atau PPPK akan dimulai pada bulan Mei 2024 yang akan datang. Setidaknya terdapat 2,3 juta formasi yang dibutuhkan untuk mengisi berbagai posisi di berbagai instansi pemerintahan.

Menyikapi hal tersebut, bagi siapa saja yang ingin menjadi ASN baik yang berstatus sebagai PPPK atau PNS bisa segera menyiapkan diri.

Perlu diperhatikan jika melamar suatu formasi, perlu disesuaikan dengan kualifikasi pendidikan. Adapun cara cek formasi yang tersedia yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dapat dibaca penjelasannya melalui artikel berikut ini:

Cara Cek Lowongan CPNS dan PPPK Sesuai dengan Kualifikasi Pendidikan Terakhirmu Secara Online

Setelah tahu formasi yang dituju, perlu menyiapkan diri agar dapat melewati berbagai tahapan tes yang tentu saja tidak mudah. Pasalnya, diprediksi akan banyak peserta yang mengikuti seleksi tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui kementerian mana saja yang membuka lowongan sebagai CPNS atau PPPK, setidaknya terdapat tujuh kementerian yang telah memberikan pengumuman. Di antaranya adalah Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian PUPR, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, dan Bawaslu.

Instansi pemerintah tersebut yang sejauh ini telah mengumumkan formasi yang dibutuhkan. Tidak menutup kemungkinan instansi pemerintah yang lain juga akan segera menyampaikan formasi yang dibutuhkan.

Untuk kementerian pendidikan setidaknya akan membuka lowongan sebanyak 15.462 untuk CPNS. Sementara untuk golongan PPPK sebanyak 25.079.

Karena bergerak di bidang pendidikan, tentu saja yang dibutuhkan adalah lulusan dari universitas dengan kualifikasi keguruan atau manajemen pendidikan secara umum. Sebab, sampai saat ini kementerian tersebut masih berusaha untuk mengejar kekurangan pendidik yang tersebar di pelbagai wilayah di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, menteri pendidikan Nadiem Anwar Makarim sendiri mengatakan bahwa Indonesia masih banyak kekurangan pendidikan. Ucapnya, dalam 10 tahun terakhir penambahan tenaga guru atau dosen masih sangat terbatas. Sementara itu, banyak pengajar yang telah purna tugas.

Apalagi formasi dosen, pengangkatannya masih sangat minim. Padahal banyak sekali universitas di seluruh negeri yang membutuhkan dosen yang profesional.

Selain itu, kementerian pendidikan tersebut juga akan merekrut ahli di bidang kesehatan untuk ditugaskan di berbagai rumah sakit atau klinik yang berada di lingkungan perguruan tinggi negeri.

Berlanjut di Halaman Berikut

Sementara itu, Kementerian Agama juga banyak membuka lowongan…..

Share :

Baca Juga

Kebutuhan Jumlah Guru

News

Hore! Pemerintah Berikan Tambahan Uang Makan Untuk Guru Rp. 37.000/ Hari Mulai Tahun 2024

Edutainment

Perubahan Status UNNES Menjadi PTNBH

News

Ternyata Ini Rahasia Lulus Seleksi ASN PPPK 2023 Hingga Penempatan, Berdasarkan Kisah Yang Berpengalaman
jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Ternyata Ini Alasannya! Banyak yang Dinyatakan TMS Setelah 6 Hari Menjelang Penutupan Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023
Keterampilan

News

Festival Kurikulum Merdeka, Guru dan Siswa Akan Dapat Laptop
Inovasi Pendidikan Terkini melalui Program Double Action di SMA Negeri 11 Garut

Edutainment

Semua Guru Bersiap! Wajib Dilakukan Di Bulan Maret, Kepala Sekolah Menilai Observasi Guru Dengan Cepat Dan Benar
jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Guru Honorer Harus Memenuhi Syarat Umur Ini Agar Diangkat PNS

Karya Inovatif

Cek Informasi Sertifikat! Diklat 40JP Karya Ilmiah Naik Pangkat