Home / News / PPPK

Jumat, 17 November 2023 - 11:22 WIB

Ternyata Ini Rahasia Lulus Seleksi ASN PPPK 2023 Hingga Penempatan, Berdasarkan Kisah Yang Berpengalaman

Dibaca 1,342 kali

Rahasia lulus seleksi ASN PPPK 2023  ini diungkapkan langsung oleh guru yang telah lulus seleksi PPPK dan telah penempatan di tahun 2021 lalu. Mungkin ini akan menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda.

Kita tahu bahwa persaingan dalam seleksi PPPK guru sangatlah ketat. Sehingga perlu ada tips untuk bisa mengakalinya.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Dikutip dari detikEdu, Sekda Kabupaten Sumba Timur, NTT, Umbu Ngadu Ndamu, mengungkapkan bahwa dalam rentang tiga tahun terakhir, jumlah guru ASN PPPK di daerahnya telah mencapai 1.230 orang. 

Untuk tahun ini saja, terdapat 532 formasi yang tersedia, namun guru honorer yang berhasil melewati seleksi administrasi hanya berjumlah 264 orang.

Maka dari itu, Umbu mengungkapkan pentingnya upaya yang lebih serius dan maksimal dari pemerintah daerah untuk membantu calon ASN PPPK agar dapat melewati seleksi berikutnya. Salah satu langkah kunci yang bisa dilakukan adalah melakukan sosialisasi.

Sebagai contoh dari berbagai upaya yang kami lakukan sebagai pemerintah daerah, dinas pendidikan kami melakukan sosialisasi kepada guru honorer tentang persyaratan dan kebutuhan untuk menjadi guru ASN PPPK. Kami juga berkomitmen untuk memperjuangkan kesejahteraan guru honorer, terutama yang telah setia mendedikasikan diri mereka selama bertahun-tahun,” ujar Umbu.

Tidak hanya pemerintah daerah yang memberikan masukan, Avisa Apvif Kusuma, seorang guru ASN PPPK tahun 2021 dari SDN 3 Tekad Tanggamus, Lampung, juga memberikan saran bagi calon peserta seleksi, yang menjadi rahasia lulus seleksi PPPK Guru.

Salah satu hal yang menjadi fokus adalah memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan telah lengkap dan akurat guna melalui tahap awal yaitu seleksi administrasi.

Selanjutnya, peserta disarankan untuk terlibat aktif selama proses rekrutmen. Ini termasuk dalam mencari informasi mengenai persyaratan, mempersiapkan diri secara menyeluruh saat mengikuti ujian, berkolaborasi dengan sesama peserta rekrutmen, dan merujuk kepada sumber daya yang relevan dengan bidangnya.

Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga komunikasi dengan Tuhan melalui doa. Karena dalam pandangan Avisa, usaha tanpa dukungan doa tidak akan membuahkan hasil.

Selain persiapan teknis, jangan lupa untuk senantiasa berdoa,” tambahnya.

Salah satu dampak positif yang akan dirasakan adalah jaminan stabilitas ekonomi bagi para guru, meliputi gaji dan tunjangan profesi yang lebih memadai.

Halaman selanjutnya,

Perubahan status menjadi ASN PPPK ,…

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Mudah Mendapat Angka Kredit dari Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

News

Dilaksanakan Secara Luring! Berikut Informasi Tes Seleksi Akademik PPG Daljab 2023

News

Presiden Segera Umumkan Kabar Gembira Untuk Semua Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Januari

News

Aturan Terbaru! Berikut Ketentuan Kenaikan Pangkat Guru
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Begini Cara Cek NIP CPNS dan PPPK Guru 2023 Sudah Keluar atau Belum

News

Sebentar Lagi Dibuka! Berikut Persyaratan Wajib CPNS 2023

News

Ternyata Ini Besaran Tunjangan Sertifikasi Guru 2023 Tiap-Tiap Golongan
Mendaftar Guru Penggerak

News

Ketahui Syarat Penting Sebelum Mendaftar Guru Penggerak