Home / News

Kamis, 13 April 2023 - 09:24 WIB

Ternyata Segini Besaran Insentif Guru Penggerak

Dibaca 54,416 kali

Program Guru Penggerak merupakan program yang dibentuk oleh Kemendikbudristek sebagai pelatihan bagi para guru untuk memberikan dampak nyata pada pembelajaran yang ada di kelas.

Pelatihan dari program Guru Penggerak ini tidak hanya pelatihan biasa akan tetapi membuka pemikira para guru supaya dapat menciptakan format pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif.

Para lulusan program ini nantinya juga diharapkan bisa menempati beberapa posisi yang strategis di dalam Lembaga pendidikan, diantarannya seperti pengawas, kepala sekolah dan lain sebagainya. Guru Penggerak sendiri memiliki kata lain yaitu pendorong, pelatih, dan penggerak bagi para rekan guru lain di suatu satuan pendidikan.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, salah satu perannya yaitu menjadi seorang pemimpin di dalam pembelajaran yang mendorong wll-being ekosistem pendidikan di sekolah. Adanya program ini diharapkan dapat memimpin pendidikan yang ada di masa depan dan menciptakan generasi yang unggul.

PGP ini sendiri terbuka untuk para guru yang mengajar di jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SLB, pelaksanannya sendiri juga tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Untuk menjadi seorang Guru Penggerak, guru harus lulus beberapa tahapan seleksi terlebih dahulu.

Pada seleksi tahapan 1 yaitu CV dan esai, kemudian pada tahap ke 2 simulasi wawancara dan mengajar, serta juga mengikuti pendidikan selama 6 bulan.

Mengenai besaran insentif yang akan didapatkan oleh para guru penggerak, hal tersebut tidak dijelaskan secara langsung dalam laman resmi sekolah penggerak. Akan tetapi setiap CGP yang mengikuti pelatihan akan memperoleh insentif sebesar Rp 125 ribu setiap bulannya.

Program PGP ini bisa menciptakan guru penggerak memiliki kemampuan sebagai berikut:

  1. Mempunyai kematangan secara emosi, moral serta juga secara spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik yang berlaku.
  2. Berkolaborasi dengan para komunitas dan orang tua di dalam melakukan pengembangan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan pada siswa.
  3. Melakukan pengembangan diri dan melakukan pengembangan guru lainnya dengan refleksi, kolaborasi, dan berbagi secara mandiri.
  4. Menjalankan, merefleksikan, merencanakan dan melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melibatkan orang tua.
  5. Memimpin dan mengembangkan upaya di dalam mewujudkan visi dari sekolah yang berpihak pada siswa dan relevan dengan berbagai macam kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Terdapat beberapa kriteria bagi guru yang ingin menjadi Calon Guru Penggerak (CGP) yaitu kriteria umum dan seleksi yang harus dipahami, yaitu sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya

Kriteria Umum

Share :

Baca Juga

News

Mengenal Kurikulum Operasional dalam Dunia Pendidikan 

News

Prinsip Penyelenggaraan Program Percepatan Belajardi Sekolah

News

Dirjen GTK Kembali Disorot Usai Ungkap Hal Ini!

News

PT TASPEN Menyalurkan Pensiun Guru: Kabar Baik untuk Pensiunan di Tahun 2024
Pendidikan Profesi Guru

News

PPG Guru Madrasah Angkatan III dibuka Untuk 6.971 Guru

News

Pelamar P4 Dapat Afirmasi 100 Persen Pada Seleksi PPPK Guru

News

Penilaian Hasil Belajar Siswa dengan Menyusun Rubrik

News

Siap – Siap Ada Tunjangan Khusus Guru Sebesar Rp1,5 Juta dari Pemerintah