Home / News

Senin, 27 Mei 2024 - 18:19 WIB

Tidak Semua Honorer yang Terdata BKN Akan Diangkat sebagai PPPK di Tahun 2024 Ini

Dibaca 82 kali

Para pegawai honorer yang sudah masuk ke dalam data BKN harap-harap cemas tahun ini. Pasalnya, mereka bisa jadi akan diangkat sebagai PPPK tanpa tes namun bisa juga gagal.

Seperti dilansir NaikPangkat.com, pemerintah memang tengah berencana akan menyelesaikan masalah honorer tahun ini. Rencananya, para honorer yang telah terdata di dalam database BKN (Badan Kepegawaian Negara) akan diangkat secara langsung sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) dengan status PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Namun jika melihat kondisi saat ini, sepertinya tidak mungkin semua honorer yang masuk dalam data tersebut akan terakomodasi untuk diangkat menjadi PPPK tanpa tes.

Setelah melakukan para honorer yang telah selesai tahun lalu, total ada sebanyak 1.788.851 pegawai honorer yang masuk di dalam data tersebut. Pendataan telah selesai dan tidak akan dilakukan pendataan lagi di masa yang akan datang.

Lalu, semua data yang masuk ke dalam sistem tersebut, setelah dilakukan verifikasi dan validasi, diharapkan semuanya bisa diangkat sebagai PPPK tanpa melakukan tes seperti pada umumnya.

Dan direncanakan, masalah pengangkatan honorer ini diharapkan akan selesai pada bulan Desember tahun ini. Oleh karena itu, tahun ini akan terjadi pengangkatan besar-besaran kepada para honorer termasuk guru honorer yang telah masuk ke dalam database BKN tersebut.

Namun masalah kemudian muncul ketika formasi yang tersedia untuk menampung honorer sebagai PPPK tersebut tidak sebanding dengan data honorer yang telah terdata.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) hingga saat ini baru menetapkan membuka formasi sebanyak 1,28 juta tahun ini.

Rinciannya 1,01 juta untuk formasi yang akan diisi oleh PPPK yang akan tersebar di instansi pusat dan daerah. Kemudian sisanya dianggarkan untuk formasi CPNS yang berjumlah 278.427 yang akan ditempatkan di instansi pusat dan daerah.

Jika melihat data tersebut, maka honorer yang sudah terdata di database BKN tidak mungkin akan mampu ditampung seluruhnya. Artinya, harus ada honorer yang kehilangan kesempatan diangkat sebagai PPPK tahun ini.

Total akan ada sekitar 770 orang yang akan batal diangkat dari status honorer menjadi pegawai PPPK.

Namun di sisi lain juga masih ada kemungkinan sisanya tersebut mendapat kesempatan pengangkatan.

Menurut Menteri MenPAN RB, saat ini masih dilakukan proses verifikasi dan validasi. Dan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 baru bisa dibuka setelah itu.

Di sisi lain, sejumlah instansi pemerintah juga belum mengajukan formasi.

Halaman Berikutnya

Sebenarnya penyusunan rincian kebutuhan ASN untuk tahun 2024….

Share :

Baca Juga

News

10 Total Tunjangan PPPK 2024, Maks Umur Anak Terima Tunjangan, Cek Status Anak Angkat & Tiri

News

Gaji Pertama PPPK 2022 Disalurkan Bulan Mei, Ini Penjelasan BKN

News

Tunjangan Triwulan 3 Guru Cair, Simak Rinciannya Disini

Edutainment

Bedanya Tunjangan Kinerja dengan TPP

News

Daftar Bimtek Gratis 40JP Karya Publikasi Ilmiah dan Inovatif Naik Pangkat

News

4 Program Pemerintah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Guru

News

2 Hal Penting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SMA

News

Kabar Gembira! Tunjangan Sertifikasi Guru Ini Naik 2 Kali Lipat Dari Sebelumnya