Home / News

Senin, 28 Februari 2022 - 23:15 WIB

Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan

Dibaca 530 kali

Berbagai pertanyaan tentang memilih jurusan kuliah yang cocok pasti terlintas oleh peserta didik yang baru tamat SMA/SMK dan ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Tidak hanya jumlah perguruan tinggi yang jumlahnya mencapai ribuan di Indonesia namun beragam jurusan kuliah yang ada pun pasti membuat bingung untuk memilih mana yang cocok.

Menentukan jurusan kuliah adalah satu satu keputusan yang penting dalam hidup. Sebab akan membantumu lebih termotivasi dalam menjalani proses perkuliahan seperti mengerjakan tugas, menyelesaikan skripsi, dan juga kesenangan dalam belajar yang akan membawa kalian pada berbagai prestasi menuju prospek karir terbaik kedepannya.

Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan, jangan sampai salah memilih. Apalagi kebanyakan mahasiswa semester 2 baru menyadari kesalahan ini. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah publikasi ilmiah dari Educational Psychologist oIeh Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur, M.Psi., Psi., CGA, yaitu sekitar 87% mahasiswa Indonesia salah jurusan.

Untuk itu, beriukut ini tips agar kalian tidak salah mengambil jurusan

  1. Kenali passion melalui prestasi

Coba cek lagi nilai-nilai kalian di sekolah. Lihatlah mata pelajaran apa yang selalu mendapatkan nilai terbaik. Dari sini, kalian bisa mencari program studi yang berkaitan dengan nilai tersebut. Alternatif lain kalian bisa melihat prestasi yang berhasil kalian raih di bidang lain selain pelajaran sekolah. Misalnya, kalian berbakat menggambar, maka kalian bisa memilih jurusan yang berhubungan dengan gambar, seperti Animasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Seni Rupa, dan lainnya. Memilih jurusan kuliah yang sesuai minat membuatmu menjalani masa perkuliahan dengan bahagia. Tugas kuliah menumpuk tak akan terasa sebagai beban jika kalian memang tertarik menjalaninya.

2. Memilih jurusan sesuai dengan kepribadian

Selain passion, ternyata kepribadian memiliki peranan yang penting dalam menentukan jurusan kuliah. Bahkan juga menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang sukses dalam bidangnya. Berikut ini beberapa kepribadian yang akan membantu kalian menentukan jurusan kuliah, diantaranya: bersikap realistis, pemikir, berjiwa seni dan kreatif, berjiwa penolong, suka berkomunikasi dan mudah mendapatkan teman, selalu teroganisir, suka mengajar, dan sebagainya.

Contohnya, jika kalian berjiwa seni dan kreatif, kalian dapat memasukkan dua kepribadianmu tersebut ke dalam jurusan Desain Komunikasi Visual, hal ini juga berlaku untuk sifat lainnya. Cocokan kepribadian dan jurusan yang kiranya tepat dengan kepribadian kalian. Dalam hal ini pahami juga kemampuanmu, jika ingin menjadi seorang dokter namun tidak memiliki kemampuan yang mumpuni pada mata pelajaran IPA, tentu akan menyulitkan Langkah kalian kedepannya.

3. Tes Psikotes

Psikotes dapat menjadi salah satu referensi dalam menentukan jurusan kuliah yang cocok. Meski tak 100% efektif membaca potensi dan karakter, namun boleh dijadikan referensi untuk cara menentukan jurusan kuliah yang tepat. Tes ini akan membantu kalian menganalisis minat, karakter, kelebihan, kekurangan, nilai-nilai, hingga skala kemampuan dalam bidang seni atau sosial, serta dalam hal menginvestigasi dan menginterpretasi suatu hal. Tak hanya itu, beberapa personality test juga akan menunjukkan ketertarikan, bidang karir yang cocok, hingga gaya bekerja yang cocok untuk kalian.

4. Berkonsultasi dengan orang terdekat atau yang berpengalaman

Agar tidak terpengaruh dengan hal lain, kalian bisa berkonsultasi dengan orang tua ataupun yang lebih berpengalaman. Orang tua bisa mengetahui minat dan membantu menemukan yang tepat untuk kalian. Cobalah untuk meminta saran dan arahan agar kalian bisa yakin dalam menentukan pilihan jurusan. Sedangkan jika kalian ingin meminta pendapat dari orang yang lebih professional, kalian bisa berbicara dengan alumni atau konsultan pendidikan.

5. Pertimbangkan Prospek Kerja

Salah satu cara menentukan jurusan yang tepat adalah dengan mempertimbangkan prospek kerja kedepannya. Apa tujuan karir kalian, ingin menjadi orang seperti siapakah kalian. Motivasi dalam diri wajib kalian gali terlebih dahulu sebelum memutuskan jurusan mana yang akan dipilih. Karena, motivasi akan sangat membantu kalian dalam melewati segala halangan yang kemungkinan akan membuat kalian malas berangkat kuliah, malas mengerjakan tugas.

 

Nah itu beberapa tips memilih jurusan yang cocok agar tidak salah jurusan. Semoga bermanfaat yaa

 

Ditulis Oleh : Amelia Yuniar

Share :

Baca Juga

News

Honorer Wajib Tau! Berikut Faktor Penentu Guru Honorer Lulus Seleksi dan Penempatan PPPK 2024

News

Kemenag RI – LPDP Memberikan Kesempatan Beasiswa PPG 2022 untuk 10 Ribu Guru Binaan

News

Perbedaan PNS dan PPPK

News

Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Juni? Intip Kebutuhan Formasi dan Kuotanya 

News

Mau Lolos CPNS? Berikut 5 Kesalahan Dalam Seleksi Administrasi yang Harus Dihindari
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Uji Kompetensi di SIM PKB 2024 Dibuka Kembali, Berikut Cara Daftar Uji Kompetensi di SIM PKB 2024

News

Resmi! Kemdikbud Telah Membuka Beasiswa Unggulan 2023

News

Bagaimana Nasib Tunjangan Guru Honorer Non-ASN Ketika Sudah Diangkat Jadi PPPK?