Home / News

Selasa, 1 Maret 2022 - 10:21 WIB

Tips Belajar Efektif Menghadapi UTBK-SBMPTN 2022

Dibaca 260 kali

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 akan dibuka mulai bulan Maret – April 2022. Calon mahasiswa perlu mempersiapkan diri sedini mungkin di seleksi yang dikenal ketat ini.

Pelaksaan UTBK-SBMPTN yang diselenggerakan LTPMPT dinilai memiliki keunggulan karena hasil tes kredibel, terstandar dan nilai diberikan secara individu kepada peserta.

Oleh karena itu, bagi calon mahasiswa yang akan mengikuti UTBK SBMPTN 2022 ada baiknya mempersiapkan segalanya sedini mungkin. Tidak hanya persiapan mental namun juga mempelajari soal-soal yang akan diujikan nanti.

Berikut beberapa tips belajar efektif menghadapi SBMPTN 2022 :

  1. Temukan kelebihan dan kuasai materi belajar

Materi yang diujikan dalam UTBK-SBMPTN 2022 secara umum terbagi menjadi tiga kategori, yakni Saintek, Soshum dan Campuran (Saintek dan Soshum).

Pemilihan jurusan atau program studi akan memengaruhi kategori jenis UTBK-SBMPTN. Tes Kemampuan Akademik (TKA) berisi materi pelajaran yang umumnya telah dipelajari di sekolah.

Sedangkan soal TPS mendorong kamu untuk menganalisis soal lebih dalam. Terdapat soal untuk uji kemampuan kognitif, logika, serta pemahaman umum.  Selain TPA dan TPS, pada UTBK-SBMPTN 2022 ditambah Bahasa Inggris. Penambahan ini berdasarkan masukan dari banyak Perguruan Tinggi.

Ujian kategori Saintek terdiri dari materi pelakaran kimia, fisika, dan biologi. Sedangkan ujian kategori soshum terdiri dari materi-materi pelajaran ekonomi, sejarah, dan geografi. Selain itu, diujikan pula mata pelajaran matematika.

Ujian kategori campuran terdiri dari materi-materi pelajaran Saintek dan materi pelajaran Soshum.

Walaupun terdengar sederhana, namun soal-soal yang diujikan pada UTBK-SBMPTN 2022 memiliki tingkatan atau level kesulitan tertentu, seperti level higher order thinking skill (HOTS).

Memaksimalkan pengerjaan soal UTBK-SBMPTN perlu disiasati dengan mendalami mata pelajaran tertentu yang menjadi kelebihanmu, namun juga tetap berusaha untuk mendalami materi lainnya.

Dengan begitu, ketika mengerjakan soal nanti Anda dapat menentukan soal mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Waktu pengerjaan ujian menjadi lebih efisien karena Anda  tidak berkutat hanya pada satu soal.

  1. Teliti dan berlatih contoh-contoh soal

Tips belajar efektif selanjutnya adalah rajin untuk melatih kemampuan Anda. Cara ini dapat Anda lakuan dengan membaca contoh soal, meneliti serta menganalisisnya. Anda dapat membaginya berdasarkan mata pelajaran atau jenis soal yang diujikan, yakni TPA, TPS, dan Bahasa Inggris. 

  1. Ikut bimbel intensif SBMPTN
Baca Juga:  Apakah Honorer Tidak Masuk Database BKN Bisa Ikut Seleksi PPPK 2024? Cek Sekarang...

Cara belajar efektif yang satu ini bisa dibilang optional yaitu bisa dilakukan maupun tidak dilakukan. Mengikuti bimbel intensif SBMPTN tentunya akan membantu peserta ujian mengasah dan menambah kemampuan menjawab soal-soal UTBK-SBMPTN.

Tak ada yang salah untuk mencoba mengikuti bimbel yang menyediakan pembelajaran intensif SBMPTN. Apalagi di masa pandemi ini, kini telah banyak tersedia pilihan bimbel online yang bisa dipilih untuk menerapkan cara belajar SBMPTN yang efektif.

Beberapa bimbel online memiliki fitur try out UTBK sehingga peserta ujian dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk menguji kemampuan sebelum melaksanakan UTBK.

Meskipun cara belajar SBMPTN yang satu ini menjadi cara yang membutuhkan banyak effort dibandingkan dengan cara lain, namun mengikuti bimbel online juga memaksimalkan peluang lolos UTBK SBMPTN 2022 dengan adanya metode dan tutor yang berfokus.

  1. Belajar berkelompok.

Mencari teman seperjuangan  dapat membantu proses belajar Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa sendiri. Syarat agar proses belajar kelompok memberikan hasil yang maksimal, Anda harus lebih selektif dalam memilih teman. Menemukan teman yang dapat saling mendukung itu sangat berharga.

  1. Bijak menggunakan gadget

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat membuat Anda semakin erat dengan HP/Smartphone/gadget. Berbagai macam merk HP dengan keunggulannya masing-masing sudah beredar luas dipasar.

Dengan menggunakan gadget kita dapat melakukan berbagai hal, seperti belajar, hiburan, media sosial, bermain game, dll.

Dengan banyaknya fitur dan aplikasi pada HP/gadget, maka bijaklah menggunakan nya. Daripada hanya dipakai untuk bermain games dan media sosial, mending manfaatin gadget  untuk belajar menghadapi SBMPTN.

  1. Konsisten dan terus semangat

Setiap orang pasti mempunyai kebiasaan dari kecil yang dapat menjauhkan diri dari mimpinya. Anda sudah tahu bahwa dengan melakukan hal tersebut bisa menjauhkan diri dari target, tetapi tetap dilakukan juga.

Kesuksesan Anda pada SBMPTN 2022 ini tergantung pada konsistensi. Apalagi untuk bisa lolos UTBK, sainganmu tidak hanya peserta didik seangkatan kamu saja, ada juga lulusan baru. Jadi jangan sampai Anda menyesal hanya karena godaan sesaat.

Tetaplah konsisten untuk terus berusaha dengan belajar yang sungguh-sungguh dan terus semangat.

Demikian informasi mengenai Tips Belajar Efektif Menghadapi SBMPTN 2022, Semoga Bermanfaat!

 

Share :

Baca Juga

News

Program Guru Penggerak Angkatan 7, Manfaat dan Keuntungannya

Edutainment

Media Podcast Untuk Pendidikan

News

Semua Guru Sertifikasi TK,SD,SMP,SMA Usia 50 Tahun Keatas Pasti Full Senyum Dengan Kebijakan Baru

News

Cek Info GTK Segera! Tentang Pencairan Tunjangan Sertifikasi Guru dan Kepala Sekolah Triwulan 3 Tahun 2023

News

30 Ribu Sekolah Siap Menerima Dana BOSP Kinerja 2023/2024! Apakah Sekolahmu Termasuk? Cek Disini

News

Pentingnya Memahami Peran Sekolah untuk Wujudkan Guru Abad 21

News

Inilah Tugas Kepala Sekolah yang Perlu Diketahui

News

Dokumen Wajib Lapor Diri Dalam PPG Daljab 2023
Download Sertifikat Pendidikan Gratis