Home / News

Kamis, 3 Maret 2022 - 19:07 WIB

Tips Mendapatkan Uang Tambahan untuk Mahasiswa

Dibaca 395 kali

Bagi sejumlah mahasiswa, pekerjaan sampingan merupakan hal yang sangat penting. Terkadang, kita melakukannya untuk mendapatkan uang tambahan atau sekadar mencari pengalaman.

Kuliah sambil bekerja bukanlah hal baru di kalangan mahasiswa. Terdapat berbagai pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan mahasiswa sambil kuliah.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal MEDIAPSI menunjukkan bahwa mahasiswa yang menjalani kuliah sambil bekerja telah melakukan penyesuaian diri dalam kehidupannya. Mereka melakukan penyesuaian dari sisi emosional dan kognitif.

Meski demikian, mahasiswa juga harus pandai dalam memilih pekerjaan agar kuliahnya tidak dikesampingkan. Salah satunya dapat memilih pekerjaan sampingan dengan jam dan lokasi kerja yang fleksibel.

Berikut beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa :

  1. Admin Media Sosial

Pada saat ini terdapat banyak sekali bisnis yang bergerak melalui media sosial. Oleh karena itu, secara otomatis membutuhkan peran seorang admin media sosial. Umumnya, para admin bertugas untuk mengelola media sosial, mulai dari memproduksi konten, mengunggahnya, hingga melayani pelanggan.

  1. Content Creator

Seiring dengan perkembangan dunia digital, peluang pekerjaan menjadi content creator semakin besar. Dengan menjadi content creator Anda dapat membuat konten yang banyak diminati oleh mahasiswa, misalnya tips meraih beasiswa, tips kuliah sambil bekerja, dan lain sebagainya. Konten-konten tersebut dapat dibagikan melalui media, blog, maupun YouTube.

Selain itu, Anda juga bisa melamar ke perusahaan rintisan yang sedang membuka lowongan untuk content creator.

  1. Desainer Web

Mahasiswa yang kuliah di jurusan information technology (IT) atau sistem informasi maupun yang memiliki pengetahuan tentang website tidak ada salahnya mengambil desainer website sebagai pekerjaan sampingan.

Profesi ini dapat dilakukan tanpa harus datang ke kantor. Seorang desainer web bertugas untuk merancang layout secara visual dan mengkonversinya untuk bisa dijalankan di web browser. Pekerjaan ini membutuhkan ide-ide kreatif.

  1. Desainer Grafis

Desainer grafis merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa. Profesi ini membutuhkan ide-ide kreatif dan keterampilan dalam mengoperasikan perangkat lunak.

Secara umum, tugas seorang desainer grafis adalah membuat konsep visual (ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion) baik secara fisik maupun yang dituangkan dalam software.

  1. Bisnis Online

Bisnis online juga bisa menjadi rekomendasi pekerjaan sampingan yang bagus untuk mahasiswa. Menurut data We Are Social per April 2021 lalu, Indonesia menempati posisi pertama sebagai negara pengguna e-commerce tertinggi di dunia. Tercatat 88,1 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan e-commerce dalam membeli produk.

  1. Content Writer

Mahasiswa yang memiliki hobi menulis dapat memanfaatkan hobinya untuk mendapatkan uang tambahan.  Seorang content writer bertugas untuk menulis artikel atau konten lain yang diminta oleh perusahaan tersebut.

Biasanya, content writer juga ditugaskan untuk menulis di website milik mereka. Sebagai content writer, kalian harus memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun tulisan. Selain itu, sebaiknya kalian mempelajari teknik SEO (Search Engine Optimization) sebelum menulis dalam website.

  1. Lowongan Menjadi Tutor

Tutor merupakan salah satu alternatif pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan mahasiswa. Apalagi, jika Anda memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh banyak orang. Contohnya kemampuan bahasa asing atau menguasai pelajaran tertentu.

Banyak platform pendidikan yang membutuhkan seorang tutor. Mereka banyak membuka lowongan bagi mahasiswa. Selain itu, Anda juga dapat menjadi guru les/guru privet bagi anak-anak SD, SMP, SMA yang akan masuk ke Perguruan Tinggi.

  1. Visual Kreatif

Visual kreatif merupakan pekerjaan yang cocok bagi mahasiswa multimedia atau desain digital kreatif. Mahasiswa dapat menjadi seorang videographer atau photographer.

  1. Progammer

Programmer merupakan pekerjaan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa IT dengan menyediakan usaha pembuatan website, aplikasi, percodingan dasar. Seorang programmer banyak dicari oleh perusahaan karena tidak semua orang memiliki keahlian tersebut.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga dapat Bermanfaat Ya!

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

 

Share :

Baca Juga

News

Semua Guru Sertifikasi Wajib Bersiap untuk Pemberkasan Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 3 Tahun 2023

News

Ingat! Peraturan Gaji Pensiunan Berlaku saat PP Gaji PNS 2024

Metode Pembelajaran

Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Yang Membantu Kebutuhan Murid

News

Apakah Anda Termasuk? Daftar 9 Kriteria Guru Ini Terima Uang Sebesar Gaji Per Bulan

News

5 POIN BAIK PENYELESAIAN P1, STATUS P WAJIB TAU, DAN SEGERA IKUTI LANGKAH P1

News

Terbaru! Berikut Ini 4 Perubahan dalam Uji Praktik SIM

News

Segera Lengkapi SKPSB berikut, Supaya Tunjangan Profesi Guru TPG Bisa Segera Diproses dan Dicairkan

News

Batas Usia dan Persyaratan Pendaftaran CASN 2023