Home / News

Rabu, 20 Juli 2022 - 21:21 WIB

Tips Mengajar Efektif pada Kurikulum Merdeka

Dibaca 1,387 kali

Tips Mengajar Efektif pada Kurikulum Merdeka Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak dampak dan perubahan di berbagai sektor, salah satunya di sektor pendidikan. Bahkan, sebelum terjadinya pandemi Covid-19 banyak studi nasional dan internasional seperti PISA dan Asesmen Nasional yang menyatakan Indonesia telah lama mengalami krisis pembelajaran.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar. Merdeka belajar merupakan permulaan dari pemerintah untuk memperbaiki dan menyesuaikan sistem pendidikan di Indonesia dengan kondisi saat ini serta untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran atau learning loss pada ketercapaian kompetensi peserta didik.

Implementasi Merdeka Belajar tidak hanya ditujukan bagi peserta didik, tetapi juga ditujukan untuk seluruh elemen yang ada di sekolah dengan memberikan kebebasan untuk melakukan identifikasi, menganalisa, mempersiapkan, melaksanakan, serta melakukan evaluasi terhadap penerapan merdeka belajar.

Selain berkewajiban untuk mengajar, guru juga menjadi pemeran utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Penerapan Merdeka Belajar yang dituangkan dalam Kurikulum Merdeka membutuhkan guru yang mau untuk terus belajar dan keluar dari zona nyaman. Guru sebagai pemimpin pembelajaran juga perlu memiliki strategi dan model pembelajaran yang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran.

Merdeka belajar memberikan kesempatan belajar bagi peserta didik secara bebas dan nyaman agar mereka terhindar dari stress dan tekanan dengan memperhatikan bakat dan minat peserta didik.

Halaman Selanjutnya

Tips mengajar efektif pada Kurikulum Merdeka

Share :

Baca Juga

News

Kisi – Kisi Materi Seleksi Kompetensi CAT-BKN Seleksi PPPK Guru Tahun 2023

News

Penting Untuk Guru Non Sertifikasi, Batas Hanya Sampai Besok Segera Cek!

News

Cara Cek Lowongan CPNS dan PPPK Sesuai dengan Kualifikasi Pendidikan Terakhirmu Secara Online

News

SAH, Rapelan ASN Tidak Boleh Ditunda Lagi

News

Segera Cek Rekening! Rapel Kenaikan Gaji PNS Sudah Mulai Dicairkan
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Berbeda Syarat dan Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023 untuk Kategori A dan Kategori B, Simak Informasinya!

News

P2, P3 Mendapat Afirmasi Serdik 100% Kompetensi Teknis? Berikut Penjelasannya

News

Tips Cepat Naik Pangkat dan Golongan serta Macam Karya Ilmiah untuk Guru ASN