Home / News / Opini

Selasa, 17 Mei 2022 - 15:11 WIB

Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester Bagi Guru dan Peserta Didik

Dibaca 842 kali

Tips menghadapi penilaian akhir – bagi sebagian guru dan peserta didik tips menghadapi Penilaian Akhir Semester merupakan hal yang wajar dan biasa.

Dimana untuk mensukseskan dan memaksimalkan hasil akhir pada Penilaian Akhir Semester diperlukan tips atau cara serta kolaborasi yang baik antara guru, peserta didik dan orang tua peserta didik.

Pada kesempatan kali ini akan membahas terkait tips menghadapi Penilaian Akhir Semester yang harapannya bisa bermanfaat untuk semua pihak.

Terutama bagi guru dan peserta didik yang nantinya akan bersinggungan langsung dengan proses serta hasil akhir dari Penilaian Akhir Semester tersebut.

Berikut ini meripakan beberapa tips menghadapi Penilaian Akhir Semester bagi guru dan peserta didik.

Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester

Mengarahkan Peserta Didik Untuk Melengkapi Materi Sesuai Kisi-Kisi

Biasanya guru akan memberitahu kisi-kisi soal yang akan diujikan. Soal-soal yang muncul tentu tidak jauh-jauh dari kisi-kisi tersebut.

Oleh karena itu, guru dan peserta didik harus mempelajarinya dan melatih soal-soal yang serupa dengan baik.

Peserta didik juga harus tahu bahwa kisi-kisi ini akan memudahkan pada saat belajar dikarenakan materi pelajaran yang perlu dipelajari sudah tercantum dalam kisi-kisi tersebut.

Untuk berikutnya setelah memahami kisi-kisi adalah melengkapi materi. Jika peserta didik termasuk dalam golongan peserta didik yang rajin, tentu tidak sulit melengkapinya, bahkan mungkin banyak diminta oleh teman-teman yang kesulitan mencari materi.

Memasang Jadwal Ditempat Yang Mudah Diakses

Jangan sepelekan jadwal ujian, pasang ditempat yang mudah dilihat didalam kelas. Ini akan membuat peserta didik seperti diingatkan terus tentang PAS.

Harapannya ini bisa memacu untuk selalu mempersiapkan diri dengan baik. Selain itu juga guru akan membantu peserta didiknya dengan memberi motivasi dan trik mengerjakan soal yang baik dan benar.

Mengatur Waktu Belajar Dan Menyamankan Waktu Belajar

Jika seorang petani tugasnya bertani, maka seorang pelajar tentu tugasnya belajar. Sehingga tanpa diatur pun sebetulnya peserta didik harus lebih banyak belajar daripada melakukan hal-hal yang lain.

Apa bila ini belum terjadi maka guru harus dapat membantu peserta didiknya untuk mengatur waktu belajarnya dengan baik serta dibantu oleh orangtua peserta didik.

Ada baiknya peserta didik mengatur ulang tempat belajar atau mungkin cukup merapikan saja, yang penting bisa membuat nyaman ketika belajar.

Menjaga Kesehatan dan Mematuhi Prokes

Kesehatan merupakan modal dasar untuk melakukan segalanya, maka wajib bagi guru dan peserta didik untuk selalu menjaganya.

Tertimpa sakit dapat mengacaukan semua persiapan yang sudah dan sedang peserta didik kerjakan.

Hindari hal-hal yang dapat membuat sakit seperti, tidur terlalu malam, terlambat makan. Jangan lupa karena kondisi pandemi 19 masih ada guru dan peserta didik tetap harus mematuhi protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun berada.

Fokus dan Berdoa Untuk Selalu Sukses

PAS/PAT/Ujian adalah event yang harus diikuti dan buatlah kegiatan ini sebagai sebuah tantangan untuk menaklukannya dalam arti kemenangan adalah jika peserta didik mendapat hasil maksimal.

Jika hal tersebut ada yang terjadi maka peserta didik harus fokus, hal-hal yang tidak terkait dengan even itu diusahakan untuk dikurangi. Terakhir selalu berdoa untuk kesuksesan peserta didik.

Mengarahkan Peserta Didik Untuk Tidak Menggunakan Sistem Kebut Semalam

Kebanyakan peserta didik hanya akan belajar ketika dimana ujian pada mata pelajaran tersebut akan dilaksanakan esok hari.

Hal ini akan menuntut peserta didik untuk belajar lebih banyak materi pada satu malah, hal ini sering disebut dengan sistem kebut semalam

Memberikan Motivasi Belajar Terhadap Peserta Didik

Perlu guru-guru pahami bahwasannya masalah sederhana dan mendasar pada peserta didik adalah malas belajara.

Baca Juga:  Pengangkatan Guru Honorer Jadi PPPK Akan Tuntas Akhir Tahun 2024

Maka dari itu sebagai guru baiknya untuk memberikan motivasi agar peserta didiknya lebih bersemangat untuk belajar serta bekerja sama dengan orangtua peserta didik.

Agar apa yang sudah diajarkan serta diarahkan kepada peserta didik, bisa terealisasi dengan baik di rumah.

Memberikan Trik Belajar

Banyak peserta didik masih bingung dengan cara belajarnya sendiri, ada yang belajar dengan cara menghafal, ada yang belajar sambil mendengarkan music, ada juga yang belajar sambil memakan makanan ringan.

Maka dari itu guru harus bisa mengarahkan peserta didiknya, model atau trik seperti apa agar peserta didiknya bisa fokus dan bersemangat belajar guna menghadapi penilaian akhir semester.

Stabil Memberikan Pekerjaan Rumah

Banyak peserta didik yang lalai untuk melakukan kegiatan belajar di rumah, maka dari itu dengan cara pemberian pekerjaan rumah yang bisa membantu.

Membantu untuk mengontrol waktu belajar peserta didik lebih rutin dan terjaga, serta dampaknya peserta didik akan menjadi lebih paham dengan materi yang telah diajarkan.

Memperdalam Pengajaran Materi yang Sulit Dipahami Peserta Didik

Tidak semua peserta didik dapat menerima materi dengan mudah, dan tidak semua materi bisa diterima oleh peserta didik dengan mudah.

Maka dari hal tersebut perlu adanya pendalaman materi terhadap materi yang sulit untuk dterima peserta didik.

Dengan harapan peserta didik bisa lebih memahami serta mengerti atas materi tersebut.

Sehingga hasil akhir dari penilaian akhir semester bisa mencapai hasil akhir yang maksimal, sesuai dengan usaha guru, serta kemampuan peserta didik.

Memberikan Rumus Jitu

Sebagai guru yang berkarakter serta memiliki inisiatif yang tinggi, baiknya membantu peserta didik untuk memperdalam materi pelajaran.

Salah satunya yakni dengan cara memberikan rumus jitu, bahwasanya tidak hanya Matematika yang menggunakan rumus.

Mata pelajaran yang lain juga masih masuk akal untuk diberi rumus, contohnya ketika peserta didik sulit untuk memahami atau menghafal materi tertentu.

Agar lebih mudah baiknya guru memberikan rumus jitu berupa kata kunci ataupun rangkuman sederhana berupa singkatan.

Agar peserta didik cepat mengingat dan memahami materi yang dipelajari,  yang nantinya akan berdampak baik pada hasil akhir yakni hasil penilaian akhir semester.

Membentuk Kelompok Belajar Siswa

Membentuk kelompok belajar siswa menjadi salah satu tips menghadapi penilaian akhir semester.

Hal ini dilakukan agar peserta didik bisa lebih aktif, baik dalam bertanya maupun belajar.

Peserta didik tidak akan merasa sungkan untuk bertanya kepada temannya, hal ini lah yang akan memacu peserta didik untuk lebih memahami pembelajaran yang sedang dikerjakan secara kelompok.

Dari hal tersebut akan berdampak baik, dimana peserta didik akan bersaing secara sehat dan akademis.

Dari kelompok belajar juga akan meningkatkan rasa kebersamaan mereka, dengan penekanan belajar kelompok harus masih dalam pantauan orang tua.

Disini guru harus membangun komunikasi yang baik dengan orang tua, agar proses pelaksanaan dari kelompok belajar siswa bisa berjalan dengan baik, lancar, dan bermanfaat.

Berikut tadi merupakan tips menghadapi penilaian akhir semester yang bisa dijebarkan oleh penulis.

Dengan harapan tips mengahadapi penilaian akhir semester tersebut bisa bermanfaat bagi guru dan peserta didiknya.

Tips menghadapi penilaian akhir semester berikut merupakan bagian kecil dari usaha sederhana untuk mempersiapkan penilaian akhir semester.

Sekian dari penulis besar harapannya atas apa yang sudah ditulis bermanfaat untuk semua pihak.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Terima kasih.

Penulis: Galih Pambudi




Share :

Baca Juga

News

Info Terbaru, PPPK Masa Kerja 1 Tahun  Dapat Kenaikan Gaji Berkala PPPK Dengan Ketentuan Berikut

News

Mengejutkan, TPG Tahun 2023 Tidak Cair Untuk Guru Sertifikasi Ini
photo by kemdikbud.go.id

News

Anggaran Pendidikan dalam RAPBN 2024 Melonjak Naik!  Kebijakan Baru Apa yang Akan Ada di Tahun 2024?

News

Surat Menpan RB Prihal Status Kepegawaian di Lingkungan Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah

News

5 Notifikasi Mola BKN Indikasi Akurat Percepatan Penyerahan SK PPPK

News

Penting! Link Format SK Kenaikan Pangkat PNS Terbaru

News

Wajib Tau! 8 Jenis Tunjangan Pppk Guru SD Yang Diterima Setiap Bulan & Per 3 Bulan

News

Hore! Gaji Guru PNS dan PPPK Resmi Naik 8 Persen, Cek Jumlahnya di Sini
Download Sertifikat Pendidikan Gratis