Home / News

Kamis, 13 Januari 2022 - 06:21 WIB

Tips Menjadi Guru yang Disukai Siswa

Dibaca 457 kali

Tips Menjadi Guru – Sebagai seorang guru, kita harus bisa hadir di tengah-tengah siswa dengan baik. Kita juga mesti menjadi guru favorit mereka. Mengapa? Sebab jika kita berhasil menjadi guru yang mereka sukai, maka proses mengajar di kelas akan menjadi lebih mudah.

Mereka juga akan merasa lebih enjoy selama belajar di kelas. Begitupun sebaliknya. Jika kita sampai menjadi guru yang dilabeli kurang baik oleh siswa, mereka tidak menyukai kita, maka proses pentransferan ilmu pengetahuan pasti akan terasa lebih sulit.

Dan hingga kini, bisa kita perhatikan, bahwa terdapat beberapa tipe guru yang disukai siswa. Mulai dari guru yang sabar, kreatif dalam mengajar, dan lain sebagainya.

Lantas, jika belum termasuk ke dalam tipe tersebut bagaimana? Anda bisa mencoba cara agar disukai siswa berikut.

Kontrol emosi

Ya, cara pertama adalah dengan mengontrol emosi. Tahukah Anda, bahwa ternyata, mengontrol emosi ini merupakan salah satu kunci untuk menjadi guru yang sabar, dan akan disukai oleh para siswa.

Memang, cara satu ini tergolong tidak mudah. Namun percayalah, ini bisa dilatih.

Agar mempunyai kontrol emosi yang baik, maka Anda perlu mempunyai penyaluran emosi yang tepat. Misal, dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai. Karena ini akan membuat tingkat stress menurun, sehingga ketika marah, tidak akan meluap-luap.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, hindari atau jauhi lingkungan toxic. Karena ini akan memudahkan Anda dalam mengontrol emosi.

Selalu positif thinking

Adapun cara yang kedua adalah dengan selalu berpikir positif terhadap lingkungan dan para siswa. Tidak perlu menyalahkan siswa ketika target pembelajarannya tidak terpenuhi.

Oleh karena itu, sebagai seorang guru yang bijak, Anda akan merefleksi diri sendiri dan pembelajar. Menariknya, cara satu ini juga turut membantu dalam mengontrol emosi.

Kenali karakter siswa

Sebagaimana kita tahu, bahwasanya setiap siswa pasti mempunyai karakter yang berbeda-beda. Dan guru yang bijak serta cerdas akan senantiasa mencoba mengenali karakter setiap muridnya.

Karena dengan mengenali karakter masing-masing, Anda bisa melakukan asemen diagnostic non kognitif dengan observasi atau pun mengajak mereka untuk berbincang dari hati ke hati.

Yang jelas, kita perlu menanamkan kepercayaan, bahwa setiap anak-anak adalah unik, mereka lahir membawa potensinya masing-masing.

Serius tapi santai

Tips menjadi guru agar disukai khususnya oleh siswa adalah dengan menjadi sosok yang serius tapi santai. Sehingga, Anda meski menghindari suasana tegang ketika mengajar.

Hal ini supaya seluruh siswa bisa mengikuti pelajarannya. Yang kemudian bisa membuat mereka merasa lebih enjoy dan nyaman ketika belajar. Tentu saja, inilah yang akan berdampak baik bagi pribadi siswa.

Demikian sekilas mengenai cara atau tips menjadi guru agar disukai banyak orang di sekolah, khususnya siswa. Semoga bermanfaat.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

 

 

 

 

Share :

Baca Juga

News

Kriteria Honorer Tetap Bisa Daftar PPPK 2024 Meskipun PEMDA Tidak Membuka Formasi PPPK 2024

News

Berikut Sertifikat Yang Harus Dimiliki Untuk Jadi Kepala Sekolah

News

Semua Guru Sertifikasi Dan Non Sertifikasi Wajib Lakukan 2 Hal Ini Sebelum Tanggal 31 Januari 2024

News

RILIS Surat Edaran BKN Terbaru Untuk Seluruh ASN di Indonesia baik PNS maupun PPPK Instansi Pusat & Daerah

News

Berikut Tanggal Pengumuman Kelulusan PPPK 2023, Ini Daerah yang melaksanakan SKTT  dan Tidak Melaksanakan SKTT

News

Penting Untuk Guru Inilah Kriteria Mahasiswa PPG Daljab 2024
Kesejahteraan Guru Madrasah

News

Kemenag Upayakan Kompetensi Digital dan Kesejahteraan Guru Madrasah

News

Update Terbaru, Benarkah Lulusan PPG Bakal Jadi Guru di Daerah 3T? Simak Penjelasannya