Home / Edutainment / Metode Pembelajaran / News

Kamis, 6 Oktober 2022 - 23:36 WIB

Tips Untuk Guru Tumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa

Dibaca 791 kali

Kepercayaan Diri Siswa – Banyak kegiatan yang bisa guru pilih untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa di kelas. Kunci keberhasilan meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas harus dilakukan dengan berkelanjutan.

Alasannya, sebagian besar siswa memperoleh kepercayaan diri dari pengalaman yang secara bertahap kemudian yang memperkuatnya adalah keberhasilan di bidang sosial, emosional dan ientelektualnya.

Seorang siswa dengan tingkat keaktifan tinggi dan berpengalaman di berbagai hal selama sekolah akan semakin mudah membangun percaya diri. Maka dari itu peran guru disini sangat penting dalam rangka membangun rasa percaya diri siswa.

Cara Membangun Kepercayaan Diri Anak

Tidak semua anak memiliki kemampuan untuk mengenali dirinya sendiri dan memiliki rasa percaya diri. Untuk itu setiap siswa memerlukan kehadiran guru dalam rangka membangun kepercayaan dirinya. Berikut wartaguru.id telah merangkum tips membangun rasa percaya diri siswa:

1. Tanamkan Pada Siswa Bahwa Setiap Anak Istimewa

Memberitahukan kepada siswa bahwa setiap individu itu memiliki keistimewaannya masing-masing. Yakinkan mereka bahwa tidak semua hal bisa dikuasai dan membantu anak fokus terhadap bakatnya adalah yang utama.

Mungkin ada beberapa anak yang tidak menonjol dalam hal belajara Matematika, namun tak jarang mereka mempunyai bakat yang dibidang olahraga maupun seni.

2. Ajak Siswa Untuk Memberikan Penilaian pada Diri Sendiri dan Temannya

Mengajak siswa menilai dirinya sendiri dan menilai teman sebayanya adalah tips untuk guru yang selanjutnya. Memberikan penilaian tidak berarti menyuruh siswa agar menghakimi teman-teman maupun dirinya sendiri.

Namun, hal ini lebih mengantarkan siswa agar mampu merefleksi dirinya sendiri. Dari situ nanti siswa akan memahami kekurangan diri dan berorientasi untuk meningkatkan kelemahannya itu. Kegiatan ini menjadi langkah besar untuk menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

Halaman Selanjutnya

Berikasn Siswa apresiasi dan Afirmasi Positif

Share :

Baca Juga

News

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka, Penting untuk Dipahami

Edutainment

Kurikulum Paradigma Baru, Guru Harus Tau
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Jadwal Terbaru UKMPPG Mahasiswa Kategori I Tahun 2022

News

Klarifikasi Verifikator Instansi, 10 Penyebab TMS Tidak Lulus Seleksi Administrasi CPNS/PPPK 2023

News

Terbaru! Presiden Jokowi Minta PPDB Sistem Zonasi Dihapus, Simak Selengkapnya

News

Siap – Siap Adanya Potongan dalam Pencairan Tunjangan Sertifikasi Triwulan 3 Tahun 2023
Momentum Hari Guru

Edutainment

Tahun Ajaran Baru Selalu Dimulai Tiap Juli? Begini Alasannya!

News

Sangat Mudah! Berikut Cara Daftar PNS Part Time