Home / News

Senin, 29 Agustus 2022 - 12:44 WIB

Tujuan Sebenarnya Pendataan Non ASN

Dibaca 2,709 kali

Pendataan Non ASN – Pemerintah berupaya untuk menghapus tenaga honorer atau non PNS di lingkungan instansi pada tahun 2023 mendatang. Untuk melanjutkan rencana tersebut pemerintah melakukan pendataan Non ASN. Pendataan atau pemetaan tersebut menjadi pertanyaan oleh beberapa pegawai Non ASN.

Pada saat ini pemerintah tengah melakukan pendataan atau pemetaan terkait tenaga honorer atau non ASN yang berada pada lingkungan instansi pemerintah pusat ataupun daerah. Pendataan tersebut wajib dilakukan oleh masing masing instansi.

Selain kewajiban untuk melakukan pemetaan tersebut, setiap instansi juga diwajibkan untuk melakukan pengiriman data tenaga kerja honorer yaitu paling lambat pada 30 September 2022. Jika masing masing instansi tersebut tidak melakukan pengiriman data terkait non ASN tersebut maka pada instansi tersebut dianggap tidak ada pegawai Non ASN.

Tujuan sebenarnya dari pendataan non ASN ini menjadi tanda tanya bagi non ASN. Apakah hal tersebut berkaitan dengan pengangkatan non ASN menjadi ASN ataukah tidak ada hubunganya.

Menurut Alex Denni selaku Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), pendataan tersebut dilakukan agar terdapat persamaan persepsi terhadap penyelesaian masalah non ASN.

Tujuan dari pendataan tersebut bukanlah untuk mengangkat Non ASN menjadi PNS melainkan untuk mencari solusi terkait masalah tersebut. Masalah mengenai Non ASN ini harus diselesaikan sesuai kebutuhan instansi masing masing.

Penyelesaian tersebut harus memperhatikan efektivitas organisasi, ketersedianya anggaran, dan juga kebutuhan. Setelah dilakukan pemetaan akan disusun kebijakan terkait masalah masalah non ASN satu persatu.

Halaman Selanjutnya

Koordinasi Kementrian PANRB

Share :

Baca Juga

Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Pembayaran Gaji Ke-13 Pensiunan PNS Dikenakan PPh? Berikut Penjelasannya

News

Perbedaan Kurikulum Merdeka dengan Kurikulum K13

News

Informasi Pendataan 2024 Tidak Ada, BKN Pastikan Honorer Terima SK Tahun 2024

News

Seleksi CASN 2024 Diadakan 3 Kali Setahun, Simak Informasi Lengkapnya

News

Terbaru! Rekrutmen PPPK Guru Miliki Sistem Baru

News

DPR Temukan Kasus Diskriminasi Pendataan Honorer
photo by kemdikbud.go.id

News

Guru yang Menjadi Sasaran dalam Rekrutmen PPPK Guru 2024, Bagaimana Nasib Kategori P1, P2, P3 dan P4?

News

Perbedaan Tunjangan Tambahan Penghasilan Tamsil Dan TPP PNS PPPK Bersertifikasi Dan Nonsertifikasi