Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran dimana guru memaksimalkan usahanya untuk memfasilitasi keperluan belajar murid berdasarkan karakteristik, serta latar belakang tiap individu siswa. Pembelajaran ini mungkin masih terdengar asing oleh orang awam. Karena setiap individu siswa mempunyai latar belakang dan karakteristik serta sikapnya masing-masing.
Ciri – Ciri Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran ini memiliki karakteristik tersendiri. Mengutip dari kemendikbud, ada lima ciri dari pembelajaran berdiferensiasi yaitu:
- Lingkungan belajar yang persuasif atau menarik minat belajar siswa.
- Kurikulum mendefinisikan secara jelas tentang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
- Guru melakukan penilaian berkelanjutan.
- Guru merespon kebutuhan belajar tiap individu murid sesuai dengan karakteristiknya masing – masing.
- Guru mengatur kelas secara efektif dan efisien.
Strategi Fokus Utama Pembelajaran Berdiferensiasi
Ada tiga strategi fokus utama yang dalam kegiatan pembelajaran berdiferensiasi yakni:
1. Diferensiasi konten
Unsur yang menjadi fokus utama diferensiasi paling pertama yaitu konten. Guru dapat membedakan konten yang diajarkan sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar murid.
Halaman Selanjutnya