Home / Edutainment / News

Kamis, 9 Maret 2023 - 18:54 WIB

Unboxing Amplop Gaji Guru Honorer selama 2 Bulan, Isinya Bikin Miris

Dibaca 159 kali

 

Video yang diunggah oleh akun TikTok @callmedadut tentang momen seorang guru honorer yang tampak bahagia saat menerima gajinya. Video pembukaan amplop gaji guru honorer tersebut  menjadi viral dan ramai menjadi sorotan warganet.

Dalam video tersebut, seorang wanita yang merupakan seorang guru honorer terlihat senang dan bersemangat ketika membuka amplop yang berisi gajinya.

Namun, banyak yang terkejut ketika melihat jumlah gaji yang diterima oleh wanita tersebut hanya sebesar Rp520 ribu untuk dua bulan. Hal ini artinya bahwa gaji yang diterima oleh guru honorer tersebut hanya sekitar Rp10 ribu per hari. Itulah gaji guru honorer.

Kendati demikian, wanita tersebut tidak terlihat emosi atau kesal dengan jumlah gajinya. Ia merasa bahagia dan bersyukur atas apa yang diperolehnya.

Guru honorer merupakan seorang guru yang bekerja di sekolah namun tidak memiliki status sebagai pegawai negeri sipil atau PNS. Gaji yang diterima oleh guru honorer pun jauh lebih rendah dibandingkan dengan gaji yang diterima oleh PNS. Kondisi ini tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di negara-negara lain di seluruh dunia.

Tidak jarang, guru honorer harus bekerja di beberapa sekolah untuk mendapatkan penghasilan yang cukup. Bahkan, ada yang harus bekerja sebagai buruh harian di luar jam kerjanya sebagai guru honorer.

Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, mengingat guru adalah salah satu profesi yang sangat penting dalam membangun masa depan generasi muda.

Kondisi guru honorer yang mendapatkan gaji rendah dan tidak memiliki jaminan sosial yang memadai menjadi perhatian banyak pihak.

Beberapa pihak bahkan telah mengajukan usulan agar guru honorer diangkat menjadi PNS atau mendapatkan status yang lebih baik. Namun, hingga saat ini masih banyak guru honorer yang harus bertahan dengan kondisi yang sulit tersebut.

Dalam konteks ini, momen yang diabadikan oleh @callmedadut menjadi sangat menginspirasi, khususnya bagi pemerintah untuk dapat memberikan kesejahteraan kepada para guru honorer.

Cek videonya di bawah ini:

@callmedadut

Gaji Guru salah satu yang bikin aku excited bgt karna suka Out of the box isi nya wkwk #honorer #gajiguruhonor #mahasiswa

♬ Mengejar Matahari – Sped Up Version – Keisya Levronka & Andi Rianto

 

Sebenarnya pemerintah saat ini telah mengupayakan mensejatahterakan guru honorer melalui seleksi PPPK guru. Namun demikian, tampaknya cara tersebut belum bisa menampung seluruh guru yang membutuhkan kesejahteraan.

Halaman Selanjutnya

Di sisi lain, pemerintah juga sering memberikan tunjangan….

Share :

Baca Juga

News

Tebaru! Terdapat Ketentuan Tambahan Pada Tes Kompetensi Teknis PPPK Guru 2023

News

Terapkan Portofolio! Ketentuan Baru PPG Daljab Angkatan 3 Tahun 2023, Ini Alasannya

News

Berikut Jadwal Tes Substantif Peserta PPG Pra-Jabatan Gelombang 2

News

2 Strategi Efektif Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Belajar

Media Mengajar

Mengenal Media Pembelajaran Interaktif

News

Miris! 3 Sebab Peserta PPPK Guru Batal Dapat Penempatan

Kesiswaan

Mengenal Sistem Pendidikan Terbuka

News

Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Tau! Ternyata Begini Cara Kerja Marketplace Guru 2023