Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / Seminar

Rabu, 2 Maret 2022 - 12:11 WIB

Unduh Fasilitas Webinar Kiat Menggapai 12,5 Angka Kredit dari 1 DIKTAT

Dibaca 9,099 kali

Pada tanggal 1 maret 2022 Guru juara telah menyelenggarakan WEBINAR: KIAT MENGGAPAI 12,5 ANGKA KREDIT DARI 1 DIKTAT. Diselenggarakan melalui zoom untuk peserta VIP dan melalui youtube untuk peserta FREE.

Jalannya webinar dipimpin oleh moderator ibu Ayu Tri Arum Murti. Dengan mengundang narasumber ibu Harna Yulistiyarini, S.Pd, M.Pd Mentor dari Guru Juara.

Ibu harna menjelaskan bahwa untuk kenaikan pangkat seorang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mengumpulkan angka kredit dari unsur PKB (pengembangan keprofesiann Berkelanjutan).

Guru dapat memperoleh angka kredit dari tiga unsur. Yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Pada unsur pengembangan diri guru dapat mengikuti Diklat fungsional, kegiatan kolektif guru seperti seminar, lokakarya KKG/MGMP.

Pada unsur Publikasi ilmiah anda dapat membuat Laporan Penelitian, Makalah Tinjauan Ilmiah, Makalah Best Practise, Buku ber ISBN, Modul/Diktat, Artikel Ilmiah Jurnal, Buku Pedoman Guru, Tulisan Ilmiah Populer, Karya Terjemahan

Anda juga dapat membuat Karya inovatif yang meliputi 3 kategori. Yaitu teknologi tepat guna meliputi pengembangan metode, evaluasi, eksperimen sains teknologi, bahan ajar interaktif, dll. Karya seni seperti seni sastra, desain visual, seni music, kreasi busana, seni rupa, seni pertunjukan. Kategori ketiga anda dapat mengembangkan alat peraga atau alat pelajaran sepert poster, game, model, video/animasi, alat bantu pelajaran, dan alat praktikum.

Dari berbagai contoh diatas DIKTAT menjadi salah satu jenis publikasi ilmiah. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Angka kredit yang diperoleh apabila guru membuat diktat adalah 1,5 apabila diterbitkan di lingkup provinsi, angka kredit 1 apabila pada lingkup kabupaten dan angka kredit 0,5 apabila pada lingkup sekolah.

Sistematika penyusunan DIKTAT

  1. Bagian pendahuluan, berisi bagian daftar isi, penjelasan tujuan diktat pelajaran.
  2. Bagian isi, berisi judul bab, penjelasan tujuan bab, uraian isi pelajaran, penjelasan teori, sajian contoh, dan soal Latihan.
  3. Bagian penunjang berisi daftar Pustaka.
  4. Ibu harna membagikan pengalaman dalam mendapatkan 12,5 angka kredit dari pengembangan DIKTAT. Beliau membuat DIKTAT selama satu semester dengan angka kredit 0,5. Setelah itu DIKTAT diterbitkan pada buku pelajaran ber-ISBN untuk mendapatkan 3 angka kredit. Dari buku pelajaran tersebut diambil satu bab untuk dijadikan buku Pendidikan ber-ISBN senilai 3 angka kredit. Dari materi tersebut bisa dijadikan tiga video pembelajaran dengan durasi lebih dari 30 menit sehingga mampu menghasilkan enam angka kredit.
Baca Juga:  Segera Daftar! Diklat Gratis 32JP Pemanfaatan aplikasi teachmint

Untuk mempelajari lebih mendalam pembahasan yang telah diberikan panitia juga membagikan fasilitas lain. Fasilitas yang diberikan kepada peserta dalam webinar gratis kali ini yaitu berupa :

  1. e-Sertifikat 4 JP tanpa nama
  2. Laporan Pengembangan Diri
  3. Seminar KIT (File Materi, Undangan, Rekap Daftar Hadir)

Anda dapat mengunduh fasilitas dan sertifikat dengan klik tombol unduh dibawah

UNDUH
UNDUH
UNDUH

Melihat seberapa pentingnya pembuatan ilmiah untuk kenaikan pangkat guru, e-Guru.id sebagai platform edukasi bagi guru mengadakan diklat PELATIHAN MEMBUAT PUBLIKASI ILMIAH DIKTAT UNTUK KENAIKAN PANGKAT, mari bergabung belajar bersama dengan mentor dan dan teman belajar yang lain untuk saling membantu dalam menyelesaikan masalah anda dalam menyelesaikan pembuatan publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat.

Bapak/Ibu masih kesulitan dalam membuat Publikasi Ilmiah untuk NAIK PANGKAT❓
Kesulitan dalam penyusunan DIKTAT❓
Bagaimana sih cara menghempaskan masalah-masalah tersebut❓

Dapatkan Tips dan Triknya di PELATIHAN MEMBUAT PUBLIKASI ILMIAH DIKTAT UNTUK KENAIKAN PANGKAT

💎SEMUA PESERTA MENDAPATKAN SERTIFIKAT 32JP

🗓 Pelaksanaan: 3, 4, 7, 9, 11, 14 Maret 2022
⏰ Pukul: 19.00 WIB (via telegram dan zoom)

📌Fasilitas Peserta Pelatihan: E-Sertifikat 32 JP, Undangan dan Daftar Hadir, Materi Pelatihan / Video Tutorial, Contoh Laporan Pengembangan Diri, Konsultasi dan Pendampingan dengan Instruktur, Semua Mendapatkan Sertifikat 32JP

🎁BONUS SPESIAL: 250 file PTK, PTS, Kumpulan Makalah Best Practice, Kumpulan Materi Ice Breaking

‼️Daftarkan diri segera sebelum kuota penuh‼️

👇LINK PENDAFTARAN:

⭕️ GRATIS Bagi Member, Daftar Melalui 👇👇👇

MAU dibantu daftar? hubungi kami :
📲 wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

 

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

5 Aplikasi Untuk Membuat Video Pembelajaran di Hp

Karya Inovatif

Karya Inovatif: Kreatif Pembelajaran dan Naik Pangkat Jabatan

Karya Inovatif

Unduh Sertifikat! Diklat 35JP Menulis Artikel Populer

Karya Inovatif

Cara Membuat Video Profil Sekolah yang Menarik Perhatian

Media Mengajar

Efektivitas Penggunaan Teknologi Internet sebagai Media Pembelajaran

Karya Inovatif

Terbukti! Cara Mendapatkan Uang dari Blog untuk guru

Media Mengajar

Apa itu Media Interaktif dan Manfaatnya dalam Pembelajaran?  

Seminar

Seminar Gratis : Capaian & Alur Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka
Download Sertifikat Pendidikan Gratis