Home / News / Seminar

Sabtu, 5 Maret 2022 - 20:41 WIB

Unduh Sertifikat dan Fasilitas Seminar Nasional Peran Guru Penggerak

Dibaca 10,040 kali

Pada tanggal 4 Maret 2022 e-Guru.id telah menyelenggarakan Seminar Nasional Peran Guru Penggerak Pada Eksistensi Kurikulum Merdeka melalui media zoom dan live streaming youtube. Seminar ini diikuti oleh guru hebat dari berbagai daerah.

Kegiatan Berjalan dengan lancer dipandu oleh moderator Dwi Astuti, S.Pd.,C.Md. Dengan Menghadirkan narasumber dari Sekretaris Komunitas Belajar Guru Penggerak Kabupaten Temanggung Bapak Joko Prasetyo, S.Pd.

Pertemuan seminar yang dibawakan oleh bapak joko mengakat tema “Peran Guru Penggerak Pada Eksistensi Kurikulum Merdeka”. Tema yang dibawakan berhubungan dengan 2 episode merdeka belajar yang telah dibawakan oleh Mas Menteri Nadiem Makarim yaitu Episode 5 “Program Guru Penggerak” dan episode 7 “Program Sekolah Penggerak”.

Tema ini diambil karena merupakan materi inti dari merdeka belajar yaitu guru penggerak, sekolah penggerak, dan kurikulum merdeka. Perubahan dalam kurikulum ini diharapkan dimulai dari gurunya. Guru diharapkan terbuka mindsetnya, terus berkembang dan senantiasa terus belajar.

Pada program merdeka belajar salah satu tujuannya adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila. Mengingat pada masa pandemic ini pada peserta didik mengalami ketertinggalan.

Dengan profil pelajar ini diharapkan mampu menguatkan karakter siswa yang memiliki 6 dimensi yaitu Bernalar kritis, mandiri, kreatif, gotong royong, kebhinekaan global, dan berakhlak mulia.

Apa Itu Guru Penggerak?

Guru Penggerak adalah pemimpin pembelajar yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif, dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transforması ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

Perjalanan Guru Penggerak dimulai dengan tahap seleksi dan mengikut rangkaian Program Pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan yang terdiri dari kelas pelatihan daring, lokakarya dan pendampingan.

Anda juga bisa mendaftar sebagai guru penggerak pada laman https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/

Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.

Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Dalam pemulihan pembelajaran, sekarang sekolah diberi kebebasan menetukan kurikulum yang akan dipilih yaitu kurikulum 2013 (secara penuh), Kurikulum darurat (Kurikulum 2013 yang disederhanakan) dan kurikulum merdeka.

Harapan untuk guru penggerak sebagai pendorong tranformasi Pendidikan Indonesia:

  1. Mendorong tumbuh kembang murid secara holistic (profil pelajar Pancasila)
  2. Menjadi pelatih (coach/mentor) bagi guru lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid
  3. Menjadi teladan dan agen transformasi bagi ekosistem Pendidikan.

Apa peran yang dilakukan oleh guru penggerak?

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-beingekosistem pendidikan di sekolah

Tips Menjadi Guru penggerak yang kreatif, inovatif dan professional

  1. Growth minset (Pola Pikir Berkembang)

Guru perlu menyesuaikan perkembangan zaman bahwa pada era ini sudah masuk dalam era digital. Masa pandemic juga mendorong lajunya digitalisasi pembelajaran. Dengan ini guru perlu membuka wawasan untuk menentukan media dan system pembelajaran yang cocok dengan peserta didik.

  1. Long Live Education (Terus Belajar dan Berkarya)

Proses belajar akan senantiasa ada pada kehidupan kita. Dengan belajar kita dapat terus menggali potensi yang ada pada diri kita.

  1. Kolaborasi

Kolaborasi ide antara guru juga diperlukan untuk saling memperbaiki, saling berbagi praktik baik dan menerapkannya dalam pembelajaran di sekolah masing masing.

Fasilitas Seminar Nasional

Berikut fasilitas yang dapat diterima peserta gratis:

  • Sertifikat Tanpa Nama
  • Seminar Kit
  • Akses Youtube
  • Relasi Guru se-Indonesia

Anda dapat mengunduh fasilitas dan sertifikat dengan klik tombol unduh dibawah

SEGERA DAFTAR!!!

Bagi anda yang ingin mempelajari lebih dalam terkait kurikulum operasional, mari bergabung dalam SEMINAR NASIONAL GRATIS BERSERTIFIKAT dengan judul “URGENSI KURIKULUM OPERASIONAL SEKOLAH (KOS) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA”.

Dengan mengahdirkan narasumber Ibu Ria Putri Palupijati, S.Pd., M.P (Tim Penulis Rencana Moderasi Sekolah Penggerak). Pelaksanaan Senin, 21 Maret 2022 pukul 19.30 WIB – selesai.

📌 FASILITAS PESERTA : Undangan, Rekap daftar hadir, Materi seminar, E-sertifikat (4 JP), Live on YouTube Belajar Era Digital, Relasi Guru dari Seluruh Indonesia

Syarat Daftar :

  1. Gabung Telegram https://t.me/Rumaheduid
  2. Share ke 3 grup pendidik yang lain, kemudian mengisi link pendaftaran : 

Info kegiatan : wa.me/6285865988163

 

“Guru Tetap Belajar walaupun Sudah Mengajar”

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Ternyata Jumlah Formasi Tendik di PPPK 2024 Hanya Segini

News

Guru Wajib Tahu Apa Itu PAK, Berikut Detailnya

News

Cara Mendapatkan Sertifikat Pendidik Tanpa Melalui Proses PPG
syarat pemberkasan PPPK 2023

News

Guru Wajib Pahami!!! 5 Poin Penting Revisi RUU Sisdiknas

News

Urutan Prioritas PPPK 2024 & Penataan Tenaga Non ASN, Honorer Eks-THK-II dan Guru Honorer Jadi Prioritas Utama

News

Berikut Penentu Peroleh Tunjangan Besar, Usai Skema Gaji PNS Diganti

News

Info GTK Error? Berikut Cara Mengatasi Info GTK yang Error
Inovasi Pendidikan Terkini melalui Program Double Action di SMA Negeri 11 Garut

News

Siap- Siap Tanggal 1 Mei 2024 Bagi Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi