Home / Seminar

Senin, 14 Maret 2022 - 05:48 WIB

Webinar Gratis : Meningkatkan Kecerdasan Emosional Guru

Dibaca 7,617 kali

Guru juara akan Mengadakan WEBINAR GRATIS dengan judul “MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU”. Webinar ini diselenggarakan gratis special untuk semua guru Nusantara. Melalui media zoom meeting dan live streaming youtube.

Dengan menghadirkan narasumber professional ibu Meri Hartati, S.Pd.Gr. yang merupakan mentor dari guru juara. Webinar ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Maret 2022 Pukul 19.30 WIB.

Peserta GRATIS akan mendapatkan fasilitas berikut:

✅ Seminar Kit (Undangan, rekap daftar hadir, materi seminar)

✅ E-sertifikat 4JP tanpa nama

✅ Live on Youtube Guru Juara

✅ Laporan Pengembangan Diri

CARA PENDAFTARAN GRATIS:

  1. Bagikan info Diklat ini ke 3 Grup Pendidik
  2. Gabung Channel Telegram Guru Juara: https://t.me/infowebinarpendidikan
  3. Subscribe Channel Youtube Guru Juara: https://www.youtube.com/c/GuruJuara
  4. Screenshot ke 3 Syarat di atas untuk bukti, dan mengisi formulir pendaftaran di bawah ini:

Info Kegiatan silahkan hubungi wa.me/6285865988163

Kecerdasan Emosional

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia, makhluk lain, dan alam sekitar. Menurut Goleman, kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi (to manage our emotional life with intelligence); menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya (the appropriateness of emotion and its expression) melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial.

Lima Dasar Kemampuan dalam Teori Kecerdasan Emosinal Menurut Daniel Goleman

  1. Mengenali Emosi Diri. Mengenali emosi diri sendiri adalah kemampuan untuk mengenali perasaan ketika itu terjadi. Kemampuan ini merupakan dasar dari kecerdasan emosional, yaitu kesadaran akan emosi diri sendiri. Kesadaran diri membuat kita lebih sadar akan suasana hati kita dan pikiran kita tentang suasana hati. Ketika kita kurang memperhatikan, individu akan mudah tersesat dalam arus emosi dan dikendalikan oleh emosi. Kesadaran diri tidak menjamin kecakapan emosional, tetapi itu adalah salah satu prasyarat terpenting untuk untuk mengendalikan emosi sehingga individu mudah menguasai emosi.
  2. Manajemen Emosi. Manajemen emosi adalah kemampuan individu untuk mengelola emosi agar dapat diekspresikan dengan baik dan seimbang dalam diri individu. Mengendalikan emosi agar tetap terjaga adalah kunci  kesejahteraan emosional. Jika emosi berlebihan terlalu lama, stabilitas diri akan hilang. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menghibur diri sendiri, kecemasan, perubahan suasana hati, atau meredakan iritasi dan konsekuensinya, dan kemampuan untuk bangkit dari emosi yang menekan.
  3. Memotivasi Diri Sendiri. Dalam mencapai Prestasi harus dilalui dengan memiliki motivasi dalam diri sendiri, ini berarti perlunya memiliki ketekunan untuk menahan diri terhadap kepuasan dan mampu mengendalikan dorongan hati.
  4. Mengenali Emosi Orang Lain. Kemampuan  mengenali emosi orang lain disebut juga dengan empati. Menurut Goalman, kemampuan seseorang untuk mengenali dan peduli pada orang lain merupakan indikasi dari kemampuan berempati. Individu dengan kemampuan berempati dapat lebih memahami isyarat sosial  tersembunyi yang menunjukkan apa yang dibutuhkan orang lain, lebih berempati terhadap perspektif orang lain, dan lebih sensitif terhadap emosi mereka, dan Anda dapat mendengarkan orang lain dengan lebih baik.
  5. Membina Hubungan. Kemampuan untuk membina hubungan adalah keterampilan yang mendukung popularitas, kepemimpinan, dan kesuksesan. Keterampilan berkomunikasi merupakan keterampilan dasar untuk membangun hubungan yang baik.
Baca Juga:  Simak Ketentuan dan Persyaratan Rekrutmen PGP Angkatan 4

Menurut Goleman (dalam Ifham, 2002) terdapat dua faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional, yaitu:

  1. Faktor internal

Faktor internal merupakan faktor yang timbul dari dalam diri individu yang dipengaruhi oleh keadaan otak emosional seseorang. Otak emosional dipengaruhi oleh amygdala, neokorteks, sistem limbik, lobus prrefrontal dan hal-hal yang berada pada otak emosional.

  1. Faktor eksternal

Faktor eksternal, merupakan faktor yang datang dari luar individu dan mempengaruhi atau mengubah sikap pengaruh luar yang bersifat individu dapat secara perorangan, secara kelompok, antara individu dipengaruhi kelompok atau sebaliknya, juga dapat bersifat tidak langsung yaitu melalui perantara misalnya media massa baik cetak maupun elektronik serta informasi yang canggih lewat jasa satelit.

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan pentingnya kecerdasan emosional guru dalam mengelola suasana belajar dikelas. Dengan suasana belajar yang mendukung, peserta didik akan lebih mudah untuk menerima materi yang diajarkan dikelas.

 

Dapatkan update artikel terbaru seputar Pendidikan dan informasi kegiatan gratis setiap hari dari wartaguru.id. Silahkan ikuti Grup Info Webinar Pendidikan dengan klik link linktr.ee/grupinfowebinar, kemudian gabung pada salah satu grup. Anda juga dapat simpan nomor admin untuk informasi terbaru 085865988163.

Dapatkan Informasi Guru Terupdate dengan bergabung di Channel Telegram : https://t.me/wartagurudotid

Share :

Baca Juga

Seminar

Seminar Nasional – Kurikulum merdeka solusi untuk learning loss

Kesiswaan

Inilah Cara Mudah Menyusun Dupak Guru Untuk Kenaikan Pangkat Guru

Metode Pembelajaran

Download Sertifikat Seminar Nasional Layanan Pendidikan Inklusif

Seminar

Daftar Segera Sebelum Ditutup! Seminar Peningkatan Mutu Pembelajaran

Seminar

Perbandingan Kurikulum Operasional Sekolah Dengan Kurikulum Sebelumnya

Media Mengajar

Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio

Seminar

Daftar Sekarang! Seminar Gratis Urgensi Kurikulum Operasional Sekolah

News

Diklat Gratis 32JP Simak Tips Mudah Menulis Buku Ber-ISBN
Download Sertifikat Pendidikan Gratis