Home / Kesiswaan

Kamis, 24 Maret 2022 - 13:59 WIB

Yuk Simak! Manfaat dan Tujuan Diselenggarakannya Pendidikan Inklusi

Dibaca 1,085 kali

Pendidikan inklusi – Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda.

Lalu, Manfaat Apa yang Perlu Kita Ketahui pada Sekolah Inklusi?

Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda. Hal itu meliputi karakter, kondisi fisik, kepribadian, status, suku, budaya dan lain sebagainya.

Ternyata menyekolahkan anak di sekolah inklusi dapat memberikan sejumlah manfaat seperti berikut ini.

  1. Kesempatan untuk Belajar dan Berinteraksi dengan Siswa Reguler

Berbeda dengan SLB, anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah inklusi akan dapat belajar bersama siswa reguler lainnya di kelas yang sama.

Siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus akan belajar di kelas yang sama. Tidak hanya berinteraksi dengan sesama anak berkebutuhan khusus saja, anak akan dapat mengasah kemampuannya dalam bersosialisasi dengan siswa lain.

  1. Mendorong Anak Lebih Percaya Diri

Sekolah inklusi akan membuat anak merasa lebih percaya diri. Di sekolah ini mereka akan dianggap sama, sehingga anak tidak akan lagi merasa dirinya minder dibandigkan dengan teman sebayanya.

  1. Pengajaran yang Kolaboratif

Pengajaran di sekolah inklusi biasanya menggunakan sistem co-teaching atau pengajaran kolaboratif. Kalau di sekolah reguler biasa hanya terdapat satu guru yang mengajar di setiap kelas, pada sekolah inklusi yang menggunakan sistem co-teaching akan diajar oleh dua guru.

Satu guru akan fokus mengajar siswa-siswa lain, sedangkan satu guru lagi akan fokus pada anak berkebutuhan khusus.

  1. Pemahaman Bahwa Setiap Anak itu Unik

Sekolah inklusi memiliki pemahaman bahwa setiap anak memiliki tingkat perkembangan akademik yang berbeda. Setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam menangkap pelajaran. Oleh karena itu, guru tidak akan menggunakan sistem pengajaran yang sama untuk siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler, begitu pun sistem penilaiannya.

  1. Anak Dapat Menghargai Perbedaan

Tidak hanya bagi anak berkebutuhan khusus, sekolah inklusi juga dapat memberikan manfaat bagi siswa regulernya. Sekolah inklusi akan mengajarkan anak mengenai perbedaan sedini mungkin. Mereka akan memahami bahwa setiap anak memiliki hak untuk belajar yang setara, baik untuk siswa berkebutuhan khusus maupun siswa reguler.

Lalu Tujuan Menyekolahkan anak di sekolah inklusi akan dibahas berikut ini.

Pendidikan inklusif di Indonesia diselenggarakan dengan tujuan.

  1. Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada semua anak termasuk anak

berkebutuhan khusus (ABK)  mendapatkan pendidikan yang layak sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Membantu mempercepat program wajib belajar pendidikan dasar
  2. Membantu meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah dengan menekan angka tinggal kelas dan putus sekolah.
  3. Menciptakan amanat Undang-Undang Dasar 1945 khususnya pasal 31 ayat 1 yang berbunyi ‘setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, dan ayat 2 yang berbunyi setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. UU no 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, khususnya Pasal 5 ayat 1 yang berbunyi setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu. ‘UU No 23/2002 tentang perlindungan Anak, khususnya pasal 51 yang berbunyi anak yang menyandang cacat fisik dan atau mental diberikan kesempatan yang sama dan aksessibilitas untuk memperoleh pendidikan biasa dan pendidikan luar biasa.

Jadi, pendidikan inklusi adalah pendidikan yang ramah untuk semua anak, dengan sistem layanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya.

Share :

Baca Juga

Kesiswaan

Sekolah Inklusi, Apa Bedanya dengan SLB?

Kesiswaan

Tebak Yuk Alasan Guru Selalu Sewot Ketika Muridnya Pakai Jaket di Kelas

Kesiswaan

Yuk Simak Kurikulum Paradigma Baru pada Sekolah Menengah Atas

Kesiswaan

Cara Mengenal dan Memahami Karakteristik Peserta Didik

Kesiswaan

Begini Cara Pengajuan Penyaluran Siswa melalui e-Layanan Dikdasmen

Kesiswaan

Mengenal Media Pembelajaran Dua Dimensi

Kesiswaan

5 Cara Belajar Efektif di Rumah

Kesiswaan

Karakter Siswa yang Wajib Dipahami Oleh Guru