Home / Media Mengajar / News

Selasa, 15 Februari 2022 - 22:44 WIB

5 Aplikasi Edit Video Pembelajaran Yang Menarik Untuk Guru dari Ponsel

Dibaca 3,512 kali

Video pembelajaran merupakan media pembelajaran interaktif yang sangat dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi ini. Mengapa demikian? Karena media pembelajaran interaktif dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan cara yang efektif.

Video pembelajaran tidak hanya memudahkan guru untuk menjelaskan materi yang akan disampaikan saja, namun dengan adanya video pembelajaran siswa menjadi lebih meningkatkan kemampuan mengingat suatu topik dan lebih bisa memahami materi yang disampaikan didalam video.

Apalagi di era digital seperti ini, guru harus menyesuaikan dengan perkembangan dan tren yang sedang berkembang. Siswa jaman sekarang lebih tertarik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Jadi tidak heran jika siswa lebih tertarik dengan video pembelajaran yang menarik dan menyenangkan daripada membaca materi. Dengan begitu, guru dituntut mampu membuat video pembelajaran yang menarik.

Saat ini sudah banyak aplikasi android untuk membantu guru membuat video pembelajaran. Aplikasi-aplikasi ini sangat mudah ditemukan dan mudah digunakan. Ada aplikasi gratis dan ada juga yang berbayar. Biasanya aplikasi gratis tidak memiliki fitur selengkap aplikasi yang berbayar. Meskipun demikian, guru tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini masih bisa dimanfaatkan untuk membuat video pembelajaran yang menarik. Nah, apa saja sih aplikasi mengedit video pembelajaran berbasis android?

  1. FilmoraGo

FilmoraGo merupakan salah satu aplikasi editing video yang mudah digunakan yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tampilan yang sangat sederhana dan berbagai tool mudah dikenali membuat guru lebih leluasa dan mudah dalam mengedit video. Salah satu fitur penting yang amat diinginkan oleh setiap orang dalam mengedit video, khususnya untuk aplikasi gratis seperti ini adalah tidak adanya watermark. Nah di dalam FilmoraGo, pengguna tidak akan mendapatkan watermark disepanjang video dari awal sampai akhir. Dengan aplikasi ini, guru bisa membuat, mengolah, mengedit video dengan menambahkan teks, efek, dan musik agar video pembelajaran menjadi lebih menarik.

2. Kinemaster

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi khusus editing video berbasis android yang paling banyak digunakan. Kinemaster memiliki tampilan yang cukup simple yang menyimpan fitur yang cukup lengkap dan powerfull. Dalam pembuatannya, pengunaan layer dari kinemaster sangat mudah digunakan. Sudah ada beberapa tutorial cara menggunakan aplikasi kinemaster yang sudah banyak tersebar di dunia maya. Hal ini memudahkan untuk guru untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan berkualitas.

3. InShot

Sama dengan Kinemaster dan FilmoraGo, Inshot merupakan salah satu aplikasi editing yang digemari oleh banyak orang. Desain aplikasi yang mudah dipahami, fitur yang diberikan cukup banyak, dan aplikasi ini gratis tidak ada watermark. Pada saat rendering, aplikasi ini memberikan beberapa size kualitas, dari yang paling rendah sampai ke paling tinggi (HD). Dengan ini, guru bisa dengan mudah membuat video pembelajaran.

4. Youcut

Youcut merupakan aplikasi editing video yang cukup handal. Aplikasi ini gratis yang memiliki segudang fitur yang mempermudah pengguna melakukan editing video. Mulai dari fitur pemotong video, menambah video, menambahkan teks, menambahkan gambar, menambah stiker, mengatur kecepatan video, memasukkan audio, mengatur kecepatan audio, filter, menambahkan efek slide show, dan yang terpenting tanpa Watermark.

5. Power Director

Power Director merupakan aplikasi yang tersedia untuk perangkat komputer dan android. Aplikasi ini juga menawarkan beberapa layer yang bisa memasukkan foto, teks, video, dan musik. Untuk export video sudah mendukung kualitas full HD dan pengguna sangat mudah untuk menggunakan tools yang sudah di sediakan. Namun jika ingin mendapatkan versi premium kita harus mengeluarkan uang.

 

Demikian 5 aplikasi untuk membuat video pembelajaran yang dapat dicoba. Semua aplikasi diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga harus dipertimbangkan dalam memilih aplikasi diatas.

 

Ditulis Oleh : Amelia Yuniar

Share :

Baca Juga

News

Guru Wajib Tahu! 4 Tanggal Penting Ini Setelah Pengumuman Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Edutainment

Guru Wajib Tahu! Tantangan Guru di Era Digital

News

Sudah Cair, Tunjangan Sertifikasi Guru Triwulan 4 Sudah Cair, Berikut Daftar Daerahnya…

News

Meskipun Gagal PPPK 2023, Lulusan PPG Prajabatan Dapat Jatah 2024
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Tunjangan Hari Raya PNS dan PPPK 2024 Akan Lebih Besar dari THR 2023

News

Mendikbudristek Pastikan 1 Juta PPPK Guru Dituntaskan

News

Mengenal Asesmen Formatif dan Sumatif
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

Simak! Informasi Terbaru UKMPPG Periode 2 2023, Ada Ketentuan Serdik