Home / News

Senin, 26 September 2022 - 10:19 WIB

Tunjangan Guru Madrasah Dirapel Setahun

Dibaca 234 kali

bahagia untuk guru di lingkungan Kementerian Agama (). Agenda Kemenag untuk mencairkan tunjangan guru madrasah akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kemenag telah membagi alokasi anggaran tunjangan guru madrasah yang masih berstatus non sertifikasi. Jumlah guru yang masih berstatus non sertifikasi  sekitar 210 ribu guru.

Agenda Kemenag saat ini yaitu sedang melakukan pencairan guru madrasah yang bukan termasuk kategori ASN atau yang masih berstatus non sertifikasi.

“Masih terus berproses, utamanya terkait pembuatan rekening bank. Kami sudah alokasikan untuk sekitar 210 ribu guru madrasah,” ucap Direktur Guru dan (GTK) Madrasah, M. Zain di Jakarta, dikutip Sewaktu.com dari kemenag.go.id, Sabtu 17 September 2022.

Menurut M Zain, tunjangan guru akan dirapel selama satu tahun. Alur penyaluran tunjangan tersebut yaitu tunjangan akan ditransfer ke rekening masing-masing guru madrasah.

“Surat perintah pembayaran dana sudah terbit, sehingga ketika semua rekening guru ini sudah siap, bank penyalur akan segera transfer tunjangan guru madrasah yang bukan kategori ASN, “ kata M. Zain.

Zain menjelaskan bahwa,  tunjangan ini akan diberikan kepada guru yang bukan kategori ASN pada Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga:  Fresh Graduate? Simak Supaya Cepat Dapat Kerja!

“Besaran tunjangan untuk guru madrasah yaitu sekitar Rp250 ribu per bulan. Jumlah tunjangan tersebut sudah dipotong pajak sesuai dengan yang berlaku.

“Kami akan rapel satu tahun dan diupayakan bisa cair paling lambat November 2022. Kami bersyukur kalau bisa lebih cepat dari itu. Itu yang sedang kami terus upayakan, “jelas Zain.

Dikarenakan guru dirapel setahun, lanjut Zain, maka setiap guru mendapatkan tunjangan sekitar Rp 3 juta. Jumlah tunjangan tersebut sudah dipotong pajak sesuai ketentuan.

Zain menjelaskan, tunjangan guru madrasah tersebut merupakan bentuk apresiasi negara kepada setiap guru yang telah berdedikasi dan mengabdikan hidupnya dalam mencerdaskan anak bangsa. Supaya SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia menjadi unggul.

Zain berharap dengan tunjangan ini bisa memberikan guru madrasah untuk meningkatkan kinerjanya dalam dunia pendidikan.

Jasa mereka sangat besar dalam peningkatan kualitas proses -mengajar dan prestasi peserta didik di madrasah pada semua level, “ imbuh Zain.

Halaman Selanjutnya

Syarat mendapat tunjangan 

Share :

Baca Juga

News

Juknis Pengisian Blangko Ijazah SD SMP SMA SMK Tahun 2022

News

PPPK Mundur Usai Lolos Seleksi, Disanksi Tak Bisa Daftar Lagi

News

Ternyata Ini  2 Poin Utama Yang Berpengaruh dalam Penilaian Kinerja Guru dan Kepala Sekolah, Bukan Sertifikat Pelatihan!

Karya Inovatif

Materi Hari Keempat Diklat 35JP: Menulis Artikel Populer

News

5 Jenis Tenaga Akan Isi PPPK Part Time, Bukan Honorer

News

Guru Peserta PPG Wajib Tahu! Inilah Daftar Peraturan Pelaksanaan Ujian Pretest PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Simak Penjelasannya!

News

Benarkah Guru & Kepala Sekolah Akan Terima 2 Jenis Tunjangan Sekaligus Sebelum Hari Raya? Ini Penjelasannya
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Hore! Menkeu Siapkan Rp 2,5 T Gaji PPPK 2024
Download Sertifikat Pendidikan Gratis