Home / News

Sabtu, 26 November 2022 - 20:07 WIB

Mas Mentri Anjurkan Guru Menggunakan PMM Untuk Mudahkan Mengajar

Dibaca 219 kali

Guru Menggunakan PMM – Dalam rangka mempermudah kegiatan belajar dan mengajar guru, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi membuat sebuah platform Merdeka Mengajar.

Pemerintah membuat platform ini tidak hanya untuk memudahkan guru melaksanakan pembelajaran akan tetapi juga untuk meningkatkan kompetnsi guru dalam hal memanfaatkan teknologi.

Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementrian Pendidikan, Muhammada Hasan Chabibie pemerintah membuat platofrm merdeka mengajar untuk mempercepat transformasi kemampuan guru.

Saat ditemui di kantor Pusdatin, beberapa pekan lalu Cabibie mengatakan “Platform Merdeka Mengajar adalah sarana berteknologi yang berguna untuk mengakselerasi kompetensi guru Indonesia.” Ucap beliau (15/11/2022).

Chabibie berharap Platform Merdeka Mengajar dapat membantu saat mengajar. Platform tersebut mempunyai fitur yang berguna untuk memudahkan guru mengakses materi, pelatihan mandiri, terkoneksi dengan sesama guru, membentuk komunitas guru di seluruh Indonesia.

“Platform Merdeka Belajar ini berguna untuk membuat  teknologi menjadi tepat guna. Harapannya melalui platform tersebut transformasi pendidikan dapat berlangsung dengan sustainable.” Tutur Chabibie

Platform Merdeka Mengajar juga dapat bermanfaat dalam mengembangkan kualifikasi seorang guru. Pada platform tersebut terdapat panduan untuk menerapkan pembelajaran paradigma baru.

Panduan tersebut tersedia dalam bentuk refrensi pengajaran maupun melalui peningkatan kompetensi.

Sampai hari ini banyak guru yang merespon positif terhadap Platform Merdeka Mengajar. Guru yang menggunakan platform buatan pemerintah tersebut Sudah mencapai 1,6 juta lebih.

Jumlah kumulatif pengguna platform Merdeka Mengajar saat ini jika penjumlahan berdasarkan pengguna website dan aplikasi yaitu sebanyak 2,7 juta pengguna.

Selanjutnya jika disebutkan rinciannya, ada sekitar 312 ribu guru yang mengunduh dan menggunakan platform mengajar ini. Pada platform merdeka mengajar tersebut telah lebih dari 1000 komunitas guru terkoneksi dan saling berbagi praktik baik.

Media baru yang menghubungkan kalangan guru ini juga telah menampung 51 ribu karya dan 55 ribu konten pendidikan.

Data diata mengindikasikan keberhasilan platform tersebut dalam menjawab persoalan yang dialami guru penggerak dalam mewujudkan Pelajar Pancasila.

PMM juga menjadi solusi untuk memfasilitasi guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi menggunakan platform digital.

Halaman Selanjutnya

5 Opsi Fitur Pada PMM

Share :

Baca Juga

News

Cara Mendapat Tunjangan NUPTK dan Syarat-syaratnya

Media Mengajar

Keberhasilan Pembelajaran: Kriteria dan Indikator

News

Menggunakan Mekanisme Baru! Berikut Mekanisme Ujian dan Kriteria Penilaian Kelulusan UPP Periode

News

Bersiap! PPG Prajabatan 2024 Segera Dibuka, Simak Persyaratannya

News

Gagal Cetak? Berikut Cara Cetak Kartu Ujian Seleksi Akademik PPG Daljab 2023

News

Pentingnya Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah

News

Penting! Informasi Dari Kemenkeu Mengenai Rapel Kenaikan Gaji PNS 2024

News

Kabar Baik! TPG Triwulan 3 dan 4 Mengalami Kenaikan