Home / Pelatihan / Pengembangan Guru

Rabu, 17 April 2024 - 21:13 WIB

Cara Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah di PMM

Dibaca 20,684 kali

Platform Merdeka Mengajar (PMM) menghadirkan terobosan baru dalam pengelolaan kinerja kepala sekolah. Diluncurkan pada 19 Desember 2023, fitur ini bertujuan untuk memudahkan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien, demi mencapai kemajuan pendidikan yang berkualitas dan berpusat pada murid.

Langkah-langkah Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah di PMM

PMM menyediakan panduan terstruktur untuk membantu kepala sekolah dalam mengelola kinerjanya, yaitu:

  1. Penetapan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP)
  • Membuat Perencanaan Kinerja: Kepala sekolah menyusun rencana kinerja yang memuat tujuan, target, dan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana ini harus selaras dengan visi dan misi sekolah, serta mempertimbangkan berbagai faktor seperti arahan dinas pendidikan, kondisi sekolah, dan kebutuhan murid.
  • Merumuskan Sasaran Kinerja: Berdasarkan rencana kinerja, kepala sekolah merumuskan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) yang terukur, jelas, dan dapat dicapai. SKP memuat indikator kinerja, target, dan bobot untuk setiap indikator.
  • Menyetujui SKP: SKP kepala sekolah harus disetujui oleh atasan sebelum dilaksanakan. Hal ini memastikan keselarasan sasaran kinerja dengan arah kebijakan sekolah.
  1. Pelaksanaan Kinerja
  • Membuat Program Kerja: Berdasarkan SKP, kepala sekolah menyusun program kerja yang memuat kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai target kinerja. Program kerja ini harus terukur dan memiliki timeline yang jelas.
  • Melaksanakan Program Kerja: Kepala sekolah melaksanakan program kerja yang telah disusun dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi.
  • Memantau dan Mengevaluasi Kinerja: Kepala sekolah secara berkala memantau dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program kerja dan pencapaian target kinerja.
  1. Penilaian Kinerja
  • Pelaksanaan Penilaian Kinerja: Penilaian kinerja kepala sekolah dilakukan secara berkala, minimal dua kali dalam setahun, yaitu pada pertengahan dan akhir periode penilaian.
  • Penilai Kinerja: Penilaian kinerja dilakukan oleh penilai kinerja yang ditunjuk oleh atasan. Penilai kinerja dapat berasal dari internal sekolah maupun eksternal sekolah.
  • Instrumen Penilaian Kinerja: Penilaian kinerja menggunakan instrumen yang telah disediakan di PMM. Instrumen ini memuat berbagai indikator untuk menilai kinerja kepala sekolah dalam berbagai aspek, seperti kepemimpinan pedagogik, manajemen operasional sekolah, pengembangan sumber daya manusia, dan hubungan dengan pemangku kepentingan.
  • Hasil Penilaian Kinerja: Hasil penilaian kinerja kepala sekolah digunakan untuk memberikan umpan balik dan pembinaan kepada kepala sekolah. Umpan balik dan pembinaan ini bertujuan untuk membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kinerjanya dan mencapai target yang lebih optimal.

Halaman Selanjutnya

Manfaat Pengelolaan Kinerja Kepala Sekolah

Share :

Baca Juga

cara menentukan kktp dalam kurikulum merdeka

Pelatihan

Pendukung Pengembangan Proyek Profil Pelajar Pancasila
Aplikasi Power Point

Pelatihan

Inovasi Modul Ajar Inspiratif
Diskriminasi Pendataan Honorer

Pelatihan

Pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning: Mendorong Kreativitas dan Pemecahan Masalah Aktif
Guru

Pelatihan

Keunggulan Animasi Pembelajaran dengan Canva
Platform Merdeka Belajar

Pelatihan

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning: Mendorong Pembelajaran Aktif dan Kontekstual
Guru Lulus PG

Pelatihan

Cara Membuat Kelas Interaktif dengan Media Pembelajaran Inovatif
Diskriminasi Pendataan Honorer

Pelatihan

Guru Kreatif Melalui Media Pembelajaran yang Inovatif
Program Sekolah

Pelatihan

Penerapan 6 Literasi Dasar dalam Pembelajaran di Kurikulum Merdeka