Home / News

Selasa, 21 November 2023 - 16:49 WIB

Contoh Surat Usulan Mutasi Dari PPPK Instansi Penerima

Dibaca 3,154 kali

Surat usulan mutasi adalah surat yang dibuat oleh PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang ingin pindah dari instansi asal ke instansi tujuan. Surat ini berisi alasan, tujuan, dan permohonan mutasi dari PPPK tersebut.

Selain itu surat ini juga harus disertai dengan dokumen-dokumen pendukung yang relevan, seperti SK (Surat Keputusan) pengangkatan, ijazah, sertifikat, dan lain-lain. Lantas seperti apa sih surat usulan ini? Berikut kami sajikan sontoh serta cara membuatnya untuk kamu semua.

Contoh Surat Usulan Mutasi Dari Instansi Penerima

Kepada Yth. Pejabat Pembina dan Kebudayaan Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Tina Wati NIP : 198714512019073389 Pangkat/Golongan : Penata Muda Tk. I/III.b Jabatan : Unit Kerja : Negeri 1 Jember Alamat : Jl. Kalimantan No. 12, Jember, Jawa Timur

Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan mutasi ke instansi tujuan sebagai berikut:

Nama Instansi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Unit Kerja : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Jabatan : Tenaga Ahli Bidang Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta

Alasan saya mengajukan mutasi adalah sebagai berikut:

  • Ingin mengembangkan dan karier di bidang kurikulum, yang merupakan salah satu minat dan bakat saya sejak menjadi guru.
  • Ingin memberikan kontribusi lebih besar bagi kemajuan pendidikan nasional, khususnya dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman
  • Ingin mendapatkan pengalaman dan wawasan baru di lingkungan kerja yang berbeda, yang dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme saya sebagai PPPK

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain:

  • Surat pernyataan bahwa saya tidak sedang dalam proses atau menjalani hukuman disiplin dan/atau proses peradilan yang diterbitkan oleh PPK instansi asal
  • Salinan keputusan dalam pangkat
  • Salinan sah nilai kerja dengan hasil baik
  • Surat keterangan tidak sedang dalam proses belajar
  • Surat keterangan bebas temuan yang dikeluarkan oleh instansi asal

Demikian surat usulan mutasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Untuk perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Baca Juga:  Tunjangan Khusus Guru Diperluas, Berikut Syarat, Tahap dan Jadwal Pencairannya

Hormat saya,

Tina Wati NIP. 198714512019073389

Cara Mudah Membuat Surat Usulan Mutasi

Agar memudahkan kamu dalam membuat surat usulan mutasi, berikut ini kami akan menjelaskan dengan rinci cara membuat surat usulan bagi kamu yang ingin mengajukan mutasi:

Menentukan Instansi Tujuan

Sebelum membuat surat usulan mutasi, langkah pertama yang perlu di lakukan adalah menentukan instansi tujuan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi PPPK.

PPPK harus memastikan bahwa instansi tujuan memiliki lowongan jabatan yang sesuai dengan kualifikasi PPPK. PPPK juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti lokasi, lingkungan kerja, budaya organisasi, dan prospek karir di instansi tujuan.

Halaman Selanjutnya

Menghubungi Instansi Tujuan…

Menghubungi Instansi Tujuan

Langkah kedua adalah menghubungi instansi tujuan untuk menanyakan tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal mutasi.

PPPK harus mengirimkan surat permohonan mutasi yang berisi data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, alasan mutasi, dan tujuan mutasi. PPPK juga harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan, seperti SK pengangkatan, ijazah, sertifikat, dan lain-lain.

Menunggu Persetujuan Instansi Tujuan

Langkah ketiga adalah menunggu persetujuan instansi tujuan. Instansi tujuan akan melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap surat permohonan mutasi dan dokumen-dokumen pendukung yang dikirimkan oleh PPPK. Instansi tujuan akan memberikan jawaban apakah PPPK diterima atau ditolak untuk pindah ke instansi tujuan.

Mengurus Administrasi Mutasi

Langkah keempat adalah mengurus administrasi mutasi. PPPK harus mengurus administrasi mutasi di instansi asal dan instansi tujuan. Di instansi asal, PPPK harus mengajukan surat pengunduran diri yang berisi permohonan untuk berhenti bekerja di instansi asal.

Demikianlah contoh dan cara membuat surat usulan mutasi yang akan sangat berguna bagi kamu yang hendak melakukan mutasi ke tempat kerja yang baru. Semoga bermanfaat!

Tingkatkan , dan Diklat Bersertifikat 32JP melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https://t.me/infofreediklat32JP

Share :

Baca Juga

News

Bikin Pusing! Sertifikasi Guru Tidak Mudah Tapi Penting Untuk Jenjang Karir Guru

News

P5 dalam Kurikulum Merdeka, Guru Harus Paham

News

Kabar Buruk Guru yang Tidak Dibayarkan Tunjangan Sertifikasinya Di Tahun 2024

News

Kabar Gembira Untuk PPPK Siap Mendapatkan Kenaikan Gaji Istimewa dan Gaji Berkala, Simak Ketentuannya!

Karya Inovatif

Unduh Sertifikat! Diklat 35JP Menulis Artikel Populer
Ilustrasi Tahapan PPG Dalam Jabatan 2023

News

PNS yang Akan Jalani Tugas Belajar Wajib Lakukan 9 Persyaratan, Apa Saja?

News

Baru Saja Info Penting UKIN PPG Piloting Tahap 3, Cek Sekarang Agar Lolos UKPPPG 2024

News

Pengumuman PPPK Guru 2023 Diperpanjang Hingga Tanggal 22 Desember, Simak Informasinya
Download Sertifikat Pendidikan Gratis