Surat usulan mutasi adalah surat yang dibuat oleh PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang ingin pindah dari instansi asal ke instansi tujuan. Surat ini berisi alasan, tujuan, dan permohonan mutasi dari PPPK tersebut.
Selain itu surat ini juga harus disertai dengan dokumen-dokumen pendukung yang relevan, seperti SK (Surat Keputusan) pengangkatan, ijazah, sertifikat, dan lain-lain. Lantas seperti apa sih surat usulan ini? Berikut kami sajikan sontoh serta cara membuatnya untuk kamu semua.
Contoh Surat Usulan Mutasi Dari Instansi Penerima
Kepada Yth. Pejabat Pembina Kepegawaian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Tina Wati NIP : 198714512019073389 Pangkat/Golongan : Penata Muda Tk. I/III.b Jabatan : Guru Bahasa Inggris Unit Kerja : SMP Negeri 1 Jember Alamat : Jl. Kalimantan No. 12, Jember, Jawa Timur
Bersama surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan mutasi ke instansi tujuan sebagai berikut:
Nama Instansi : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Unit Kerja : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Jabatan : Tenaga Ahli Bidang Kurikulum Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta
Alasan saya mengajukan mutasi adalah sebagai berikut:
- Ingin mengembangkan kompetensi dan karier di bidang kurikulum, yang merupakan salah satu minat dan bakat saya sejak menjadi guru.
- Ingin memberikan kontribusi lebih besar bagi kemajuan pendidikan nasional, khususnya dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan tantangan zaman
- Ingin mendapatkan pengalaman dan wawasan baru di lingkungan kerja yang berbeda, yang dapat meningkatkan kualitas dan profesionalisme saya sebagai PPPK
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, antara lain:
- Surat pernyataan bahwa saya tidak sedang dalam proses atau menjalani hukuman disiplin dan/atau proses peradilan yang diterbitkan oleh PPK instansi asal
- Salinan keputusan dalam pangkat
- Salinan sah evaluasi nilai kerja dengan hasil baik
- Surat keterangan tidak sedang dalam proses belajar
- Surat keterangan bebas temuan yang dikeluarkan oleh instansi asal
Demikian surat usulan mutasi ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Untuk perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.
Hormat saya,
Tina Wati NIP. 198714512019073389
Cara Mudah Membuat Surat Usulan Mutasi
Agar memudahkan kamu dalam membuat surat usulan mutasi, berikut ini kami akan menjelaskan dengan rinci cara membuat surat usulan bagi kamu yang ingin mengajukan mutasi:
Menentukan Instansi Tujuan
Sebelum membuat surat usulan mutasi, langkah pertama yang perlu di lakukan adalah menentukan instansi tujuan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kompetensi PPPK.
PPPK harus memastikan bahwa instansi tujuan memiliki lowongan jabatan yang sesuai dengan kualifikasi PPPK. PPPK juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti lokasi, lingkungan kerja, budaya organisasi, dan prospek karir di instansi tujuan.
Halaman Selanjutnya
Menghubungi Instansi Tujuan
Langkah kedua adalah menghubungi instansi tujuan untuk menanyakan tentang prosedur, persyaratan, dan jadwal mutasi.
PPPK harus mengirimkan surat permohonan mutasi yang berisi data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, alasan mutasi, dan tujuan mutasi. PPPK juga harus melampirkan dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan, seperti SK pengangkatan, ijazah, sertifikat, dan lain-lain.
Menunggu Persetujuan Instansi Tujuan
Langkah ketiga adalah menunggu persetujuan instansi tujuan. Instansi tujuan akan melakukan verifikasi dan evaluasi terhadap surat permohonan mutasi dan dokumen-dokumen pendukung yang dikirimkan oleh PPPK. Instansi tujuan akan memberikan jawaban apakah PPPK diterima atau ditolak untuk pindah ke instansi tujuan.
Mengurus Administrasi Mutasi
Langkah keempat adalah mengurus administrasi mutasi. PPPK harus mengurus administrasi mutasi di instansi asal dan instansi tujuan. Di instansi asal, PPPK harus mengajukan surat pengunduran diri yang berisi permohonan untuk berhenti bekerja di instansi asal.
Demikianlah contoh dan cara membuat surat usulan mutasi yang akan sangat berguna bagi kamu yang hendak melakukan mutasi ke tempat kerja yang baru. Semoga bermanfaat!
Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https://t.me/infofreediklat32JP