Home / News

Rabu, 6 Juli 2022 - 17:55 WIB

Guru Wajib Tahu! Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E

Dibaca 2,441 kali

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD didefinisikan sebagai suatu cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh dengan mengacu Dasar (KD) yang harus dicapai (Andi Prastowo, 2012: 204).

  • Peran LKPD sangat besar dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar dan penggunaannya dalam pembelajaran dapat membantu guru untuk mengarahkan peserta didiknya menemukan konsepkonsep melalui aktivitasnya sendiri.
  • Manfaat secara umum antara lain (1) membantu guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) mengaktifkan peserta didik dalam proses belajar , (3) membantu peserta didik memperoleh catatan tentang materi yang akan dipelajari melalui kegiatan belajar mengajar, (4) membantu peserta didik untuk menambah informasi tentang konsep yang dipelajari melalui kegiatan belajar secara sistematis, (5) melatih peserta didik untuk menemukan dan mengembangkan keterampilan proses, (6) mengaktifkan peserta didik dalam mengembangkan konsep.
  • Syarat LKPD

Hendro Darmodjo dan Jenny R.E.Kaligis (dalam Endang Widjajanti, 2008: 4-6) menyatakan bahwa suatu dikatakan layak jika memenuhi syarat

NoSyaratIndikator
1.Didaktik1. Mengajak peserta didik aktif dalam proses

pembelajaran.

2. Memberi penekanan pada proses untuk

menemukan konsep.

3. Memiliki variasi stimulus melalui berbagai

media dan kegiatan peserta didik.

4. Dapat mengembangkan kemampuan komunikasi sosial, emosional, moral, dan

estetika pada diri anak.

5. Pengalaman belajar ditentukan oleh tujuan

pengembangan pribadi.

2.Konstruksi1. Menggunakan Bahasa yang sesuai.
2. Menggunakan struktur kalimat yang jelas.
3. Kegiatan dalam LKPD jelas.
4. Menghindari pertanyaan yang terlalu terbuka.
5. Tidak mengacu pada buku sumber diluar

kemampuan peserta didik.

6. Menyediakan ruang yang cukup pada LKPD

sehingga peserta didik dapat menulis atau menggambarkan sesuatu pada LKPD.

7. Menggunakan kalimat sederhana dan pendek.
8. Menggunakan lebih banyak ilustrasi daripada

kalimat.

9. Memiliki tujuan belajar yang jelas serta

bermanfaat.

10.Memiliki identitas untuk memudahkan

administrasinya.

 

No.SyaratIndikator
3.Teknis1.    Penampilan
2.    Konsistensi tulisan yang digunakan
3.    Penggunaan gambar yang tepat

 

  • Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E

 

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E mengacu pada syarat LKPD serta dilengkapi dengan langkah yang diacu pada Learning Cycle 7E. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Learning Cycle 7E mempunyai unsur yang berisi judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar, indikator, peta konsep, alat dan bahan, langkah kerja dan tugas, .

Kegiatan dalam LKPD berbasis Learning Cycle 7E, menggunakan langkah-langkah dari Learning Cycle 7E yang terdiri dari kegiatan mendatangkan pengetahuan awal peserta didik (elicit), membangkitkan minat peserta didik (engage), membawa peserta didik untuk memperoleh pengetahuan melalui penyelidikan (explore), mempresentasikan hasil dari temuannya pada fase explore (explain), menjelaskan konsep pada permasalahan yang berkaitan dengan konsep yang dipelajari (elaborate), menilai pemahaman konsep yang telah dipelajari (evaluate), dan menerapkan konsep dengan konsep lain yang lebih luas (extend).

Penerapan LKPD berbasis Learning Cycle 7E diharapkan mampu meningkatkan scientific literacy (literasi sains) yang meliputi kemampuan mengidentifikasi permasalahan/pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah, mendeskripsikan atau menafsirkan fenomena secara ilmiah, dan menginterpretasikan data dan bukti ilmiah.

LKPD yang dikembangkan peneliti merupakan perpaduan dari LKPD sebagai petunjuk praktikum saat peserta didik melakukan percobaan, LKPD yang membantu peserta didik menemukan suatu konsep serta LKPD yang membantu peserta didik menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan. Selain itu, LKPD yang dikembangkan mengacu pada pembuatan LKPD yang baik dengan memenuhi tiga syarat, yaitu syarat didaktik atau kesesuaian dengan isi/ materi yang meliputi kesesuaian dengan dan KD, kebenaran konsep, penyajian menuntut peserta didik belajar aktif, penekanan pada model Learning Cycle 7E, penekanan pada aspek scientific literacy; kesesuaian dengan syarat konstruksi yang meliputi penggunaan bahasa yang tepat, penggunaan kalimat yang tepat, pertanyaan dalam LKPD, kegiatan atau percobaan dalam LKPD, LKPD menyediakan ruang untuk peserta didik menuliskan hasil kegiatan/percobaan, memiliki tujuan belajar yang jelas serta bermanfaat, mempunyai identitas peserta didik dalam LKPD untuk

Baca Juga:  Besaran Potongan Tunjangan Sertifikasi Terbaru, Guru Harus Bersiap

memudahkan administrasinya; dan kesesuaian dengan syarat teknis yang meliputi penampilan LKPD, konsistensi tulisan yang digunakan, penggunaan gambar yang tepat.

  • Learning Cycle 7E

Berikut ini skema perluasan tahapan model Learning Cycle 5E menjadi 7E (elicit, engage, explore, explain, elaborate, evaluate, extend) yang dikembangkan oleh Eisenkraft (2003: 57) dapat dilihat pada Gambar 2.

Ebert, dkk., 2011: 20) menjelaskan bahwa tujuan mengubah siklus belajar menjadi 7E adalah untuk megingatkan para guru tentang pentingnya memunculkan pengetahuan awal peserta didik dan memperluas konsep ke dunia nyata serta area lain yang relevan.

Eisenkraft (2003: 57-59) menjelaskan tahapan Learning Cycle 7E yang akan dijabarkan sebagai berikut.

  1. Elicit (mendatangkan pengetahuan awal peserta didik)

Fase ini bertujuan untuk merangsang pengetahuan awal peserta didik agar memunculkan respon dari pemikiran mereka. Fase dimana guru berusaha mendatangkan pemahaman awal peserta didik. Fase ini dilakukan dengan cara guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik pembelajaran.

2. Engage (ide, rencana pembelajaran dan pengalaman)

Fase dimana peserta didik dan guru akan saling memberikan informasi dan pengalaman tentang pertanyaan-pertanyaan awal yang diberikan pada tahap elicit. Fase ini dapat dilakukan dengan demonstrasi, diskusi, membaca, atau aktivitas lain yang digunakan untuk membuka pengetahuan peserta didik dan menarik perhatian peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari.

3. Explore (menyelidiki)

Fase yang membawa peserta didik untuk memperoleh pengetahuan dengan pengalaman langsung yang berhubungan dengan konsep yang akan dipelajari. Peserta didik dapat mengobservasi, bertanya, melakukan eksperimen, dan menginterpretasikan hasil dari hasil penyelidikan.

4. Explain (menjelaskan)

Fase ini peserta didik mengemukakan hasil dari temuannya pada fase explore. Guru dapat mengenalkan peserta didik pada kosakata ilmiah dan memberikan pertanyaan agar peserta didik menggunakan istilah ilmiah untuk menjelaskan hasil eksplorasi.

5. Elaborate (menerapkan)

Fase dimana peserta didik diberi kesempatan untuk menerapkan pengetahuan pada situasi baru dengan memberikan pertanyaan baru untuk diselesaikan peserta didik. Fase ini bertujuan agar peserta didik dapat menerapkan simbol, konsep, keterampilan terhadap permasalahan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.

6. Evaluate (Menilai)

Fase evaluasi dari hasil pembelajaran yang telah dilakukan. Pada fase ini dapat digunakan berbagai strategi penilaian formal atau sumatif. Penilaian formatif untuk menilai tingkat pengetahuan atau kemampuannya, kemudian melihat perubahan pemikiran peserta didik terhadap pemikiran awalnya. Penilaian sumatif untuk mengukur prestasi peserta didik.

7. Extend (memperluas)

Fase yang bertujuan untuk untuk memperluas konsep dan mengingatkan guru pentingnya transfer belajar. Guru membimbing peserta didik agar dapat meningkatkan pengetahuan baru secara tersusun dan lebih mendalam sehingga pemahaman peserta didik lebih luas. Peserta didik dapat menghubungkan konsep yang dipelajari ke konteks yang berbeda.

 

Bergabunglah bersama dengan menjadi member e-Guru.id untuk meningkatkan dan pengetahuan Anda agar menjadi pendidik yang hebat dan dapatkan berbagai macam pelatihan gratis dan bonus lainnya. Daftarkan diri Anda sekarang juga!

01. (revisi) Pelatihan Proposal Pelatihan-02

 

Penulis: WDS

Share :

Baca Juga

Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Informasi Terbaru Seputar PPG Dalam Jabatan 2023

Edutainment

Word Serba Otomati! Berikut Cara Membuat Sumber Dan Daftar Pustaka Otomatis Pada Pembuatan Dokumen Ilmiah

News

Penyebab Tunjangan Profesi Guru Kemenag dan Kemdikbud Tidak Cair

News

Berapa Kuota PPPK Guru Tahun 2023? Berikut Jumlah Kuota dan Syaratnya

News

Segini Kisaran Gaji PNS Setelah Resmi Naik 8 Persen Tahun 2024

News

Ada Informasi Penting Untuk PPPK Teknis Tahun 2022

News

RESMI! Gaji dan Tunjangan Guru PPPK Yang Diangkat Bulan Juli Akan Cair Awal Agustus

News

Guru Dan Kepsek Harus Input Kenaikan Gaji Di Dapodik Untuk TPG Triwulan 1 2024
Download Sertifikat Pendidikan Gratis