Home / News

Sabtu, 1 Juli 2023 - 11:56 WIB

Kemdikbud Menetapkan Aturan Resmi Seragam Sekolah untuk TA 2023/2024

Dibaca 273,564 kali

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah merilis peraturan terbaru resmi terkait dengan penggunaan seragam sekolah siswa dalam tahun ajaran baru 2023/2024, aturan ini berlaku untuk SD, SMP, dan SMA serta SMK.

Tidak lama lagi, siswa dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK akan kembali ke sekolah untuk tahun ajaran baru 2023/2024, termasuk siswa baru.

Seperti yang kita ketahui, penggunaan seragam/pakaian sekolah bagi siswa-siswa tersebut merupakan kewajiban. Hal ini telah diatur dalam peraturan resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang disahkan oleh Menteri Pendidikan.

Ada berbagai jenis seragam sekolah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Pada tahun ajaran baru 2023/2024, penggunaan pakaian ini harus memperhatikan hari dan atribut yang akan digunakan.

Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Riset Teknologi Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Siswa di Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, terdapat beberapa jenis pakaian yang diatur dengan cermat.

Berikut adalah ketentuan mengenai seragam sekolah siswa untuk siswa SD,  SMP, dan SMA/SMK yang masih berlaku dan dapat menjadi acuan untuk tahun ajaran baru 2023/2024 yaitu:

  1. Seragam Nasional

Jenis pertama adalah seragam nasional, seragam ini menjadi salah satu jenis yang diwajibkan. Seragam nasional ini harus dikenakan pada setidaknya hari Senin dan Kamis.

Selain itu, jenis nasional juga wajib digunakan saat pelaksanaan upacara bendera di sekolah. Jenis seragam ini bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Berikut adalah ketentuannya:

  • Siswa SD/SLB dapat menggunakan kemeja berwarna putih dengan rok atau celana berwarna merah hati.
  • Siswa SMP/SLMPLB dapat menggunakan kemeja berwarna putih dengan rok atau celana berwarna biru tua.
  • Siswa SMA/SMALB/SMK/SMKLB dapat menggunakan kemeja berwarna putih dengan rok atau celana berwarna abu-abu.
  1. Seragam Pramuka

Seragam lainnya adalah seragam pramuka. Model dan warna seragam pramuka mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Hari penggunaannya ditentukan oleh sekolah.

  1. Seragam Khas Sekolah

Untuk seragam khas dari masing-masing sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan keleluasaan kepada masing-masing satuan pendidikan untuk menetapkan model dan warnanya.

Namun, penetapan ini juga harus memperhatikan hak setiap siswa dalam menjalankan agama dan kepercayaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai keyakinannya. Hari penggunaan seragam khas sekolah dapat ditetapkan oleh masing-masing satuan pendidikan.

Halaman Selanjutnya

4. Pakaian Adat

Share :

Baca Juga

News

Tips Menghadapi Penilaian Akhir Semester Bagi Guru dan Peserta Didik

News

5 Instansi Akan Diblacklist BKN Dari Pengangkatan Honorer
gaji pns 2023

News

Pemerintah Berencana Cairkan TPG 2023 Hingga Rp 20 Juta

News

Breaking New! Ribuan ASN Ketahuan Terima Bansos, Berikut Informasinya

News

Kabar Gembira dari BKN! Berikut Informasi Untuk Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi 2023

News

Ayo Segera! Mutakhirkan Data Calon Peserta PPG Dalam Jabatan 2022 Tahap 2. Ini Yang Harus di Siapkan
Ilustrasi Peserta PPG Dalam Jabatan 2023

News

Ada 3 Kabar Baik Untuk Guru Sertifikasi Terkait Pencairan TPG

News

Serdik dan NRG Muncul, Tapi Tak Terdeteksi di Info GTK? Guru dan Tenaga Kependidikan Diminta Lakukan Hal Ini!