Home / News

Selasa, 5 Juli 2022 - 22:46 WIB

Penilaian Hasil Belajar Siswa dengan Menyusun Rubrik

Dibaca 902 kali

Menyusun Rubrik – Dalam dunia , mengajar bukan satu – satunya kegiatan yang penting untuk dilakukan. Seorang guru juga perlu untuk mengetahui hasil pada suatu topik tertentu.

Penilaian capaian ini akan membantu para guru untuk mengevaluasi penyampaian konten selama kegiatan mengajar berlangsung. Menyusun rubrik sendiri bentuknya macam – macam.

Yuk simak ulasannya lebih mendalam di bawah ini!

Apa itu Definisi ?

Rubrik merupakan suatu sarana penilaian yang dapat digunakan pada penerapan pembelajaran kolaboratif berbasis projek.

Rubrik sendiri bisa digunakan oleh para guru serta peserta didik untuk melakukan proses pada aspek kualitas performa peserta didik dan meningkatkan sisi konsistensi, objektif dan membangun peserta didik sekitarnya. Penggunaan rubrik sendiri juga mudah.

Adapun alasan penggunaannya sebagai berikut :

Bagi seorang pendidik, rubrik dapat digunakan untuk upaya standarisasi penilaian dan dapat digunakan sebagai pedoman.

Hal ini akan lebih menjadikan kegiatan bersifat lebih efektif dan efisien. Selain itu, deskripsi yang disampaikan pada rubrik akan menjaga aspek objektivitas dan konsistensi pada penilaian.

Dengan demikian maka para pendidik secara tidak langsung dapat menghindari adanya bias dalam penilaian serta kemungkinan keluhan dari para peserta didik.

Rubrik bagi para peserta didik akan menjadi panduan bagi peserta didik untuk bisa memahami skoring penilaian tugas dengan jelas.

Dengan demikian, peserta didik akan belajar untuk lebih teliti dalam mengerjakan tugas mereka. Pun rubrik juga bisa digunakan peserta didik sebagai acuan dalam pemberian umpan balik.

Baca Juga:  Contoh Surat Usulan Mutasi Dari PPPK Instansi Penerima

Mekanisme Penyusunan Rubrik

Sebagai seorang guru, pasti anda akan mendapat kesempatan untuk menyusun dan menjadi pemandu dalam pembuatan rubrik. Untuk itu terdapat beberapa hal yang perlu diketahui. Adapun di antaranya yakni:

Pertama, anda perlu memahami jumlah kriteria maupun tingkatan pada aspek kualitas performa. Idealnya terdapat 3 aspek pada aspek kualitas performa berdasar masing – masing mata pelajaran di tiap jenjang.

Kedua, pastikan anda menuliskan deskripsi atau catatan tambahan dalam rubrik dengan jelas dan sesuai dengan kemampuan peserta didik di masing – masing jenjang.

Rincian deskripsi biasanya akan disesuaikan dengan beberapa indikator seperti “sangat mahir”, “mahir”, “mulai berkembang” dan “sudah berkembang”.

Ketiga, selain menuliskan sesuai dengan skala indikator yang jelas, rubrik harus dibuat dengan tujuan memudahkan aspek penilaian agar terlaksana dengan baik dan objektif. Sehingga, penjelasan kriteria pada penyusunan rubrik tidak bersifat analitis melainkan deskriptif.

Jika rubrik digunakan sebagai dokumen penilaian untuk penguatan projek , maka pendidik dapat mengacu pada standar yang sudah tersusun dalam naskah akademik profil pelajar Pancasila.

Nah, demikian ulasan mengenai cara menyusun rubrik untuk projek penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan gratis setiap bulan untuk sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(rhm/shd)

Share :

Baca Juga

News

Catat! Para PNS Ini Segera Terima Kenaikan Gaji Sampai 10 Kali Lipat, Apakah Kalian Termasuk Didalamnya?

News

Contoh Refleksi Tindak Lanjut Observasi Kelas di PMM

News

Musibah di MTsN 19 Jakarta: Refleksi Infrastruktur Kita!

News

Awas! Inilah Data Pribadi Guru yang Tidak Boleh Dibagikan di Media Sosial

News

Peraturan Work From Anywhere: Tak Semua ASN Bisa Kerja dari Mana Saja, Berikut Penjelasannya

News

Curhat Bupati, Anggaran Bengkak Buat Gaji PPPK

News

Segera Daftar PPG Prajabatan Dan Dapatkan Beasiswa 17 Juta

News

PPPK Sudah Bisa Mengecek Estimasi Perolehan Uang Pensiun di Tahun 2023? Simak Selengkapnya
Download Sertifikat Pendidikan Gratis