Home / News

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Penyebab Belum Penyerahan SK PPPK & Langkah Selanjutnya Jika (BTS) Berkas Dikembalikan Penetapan NIP

Dibaca 4,347 kali

Penantian para guru PPPK untuk menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan seringkali diiringi dengan rasa cemas dan bertanya-tanya. Lambatnya penyerahan SK ini dapat menimbulkan berbagai spekulasi dan keresahan di kalangan guru PPPK.

Sebagai informasi, perlu diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan lambatnya penyerahan SK PPPK. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Proses Verifikasi dan Validasi Data yang Panjang

Proses verifikasi dan validasi data peserta seleksi PPPK membutuhkan waktu yang tidak singkat. Hal ini dikarenakan jumlah pendaftar yang besar dan kompleksnya data yang harus diverifikasi, seperti ijazah, sertifikat, pengalaman mengajar, dan lain sebagainya.

  1. Kesesuaian Data dengan Ketentuan yang Berlaku

Pastikan data yang Anda masukkan dalam proses seleksi PPPK sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ketidaksesuaian data, seperti ijazah yang tidak sesuai dengan formasi yang dilamar, dapat menjadi salah satu faktor yang menghambat proses penerbitan SK.

  1. Penetapan Nomor Induk Pegawai Pemerintah dan Penugasan (NIPPP)

Setelah proses verifikasi dan validasi data selesai, langkah selanjutnya adalah penetapan NIPPP oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Penetapan NIPPP ini membutuhkan waktu karena melibatkan koordinasi dengan berbagai instansi terkait.

  1. Pencetakan dan Distribusi SK PPPK

Setelah NIPPP ditetapkan, BKN akan mencetak SK PPPK dan kemudian didistribusikan ke instansi daerah masing-masing. Proses distribusi ini juga membutuhkan waktu dan koordinasi yang matang.

  1. Keterbatasan Anggaran

Terkadang, keterbatasan anggaran di instansi daerah dapat menjadi salah satu faktor yang menghambat proses penyelesaian administrasi, termasuk pencetakan dan distribusi SK PPPK.

Langkah-langkah yang Bisa Dilakukan

  • Pantau Informasi Resmi:Pastikan Anda selalu memantau informasi resmi terkait penerbitan SK PPPK dari instansi daerah atau Kemendikbudristek.
  • Hubungi Instansi Terkait:Jika Anda merasa prosesnya terlalu lama, Anda dapat menghubungi instansi daerah terkait untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang status SK PPPK Anda.
  • Laporkan Kejanggalan:Jika Anda menemukan kejanggalan dalam proses penerbitan SK PPPK, Anda dapat melaporkannya kepada pihak berwenang.

 

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Cara Mudah Membuat Aksi Nyata Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar” Fasilitas Diklat Peserta Eksklusif : Jaminan E-sertifikat 46JP Bernama , Bimbingan Unlimited , Materi Pelatihan , Laporan Pengembangan Diri , Berbagi Praktik Baik , BONUS Template Lembar Aksi Nyata. Daftar Sekarang di link berikut  https:/online.e-guru.id/aff/40180/3019/checkout  Mau dibantu daftar?  http:/wa.me/6281904722773  atau 0819-0472-2773 (Admin Nana) sertakan foto pamflet yaa

Tingkatkan Literasi, Info Pendidikan dan Diklat Bersertifikat 32JP gratis melalui Channel telegram “Info Free Diklat” link berikut https:/t.me/infofreediklat32JP

Info Honorer,Tunjangan dan Sertifikasi melalui Channel telegram “Portal Berita Guru link berikut https:/t.me/PortalBeritaGuru

Halaman Selanjutnya

berkas Anda dikembalikan (BTS) dalam proses penetapan NIP PPPK, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Mudah Mendapat Angka Kredit dari Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

News

Viral! Inilah Besaran Gaji PPPK Part Time Pengganti Honorer

News

Tips Sri Mulyani Bagi Peminat dan Pejuang Beasiswa
Pendaftaran guru PPPK tahun 2023

News

Segera Daftar, PPG Prajabatan 2023 Akan Segera Dibuka

Karya Inovatif

Memahami Karakter Peserta Didik

News

Pastikan Sebelum 22 Juli, Lakukan 11 Langkah Pemutakhiran Data di SIMPKB PPG Dalam Jabatan 2023
Kemenkeu- Sri Mulyani

News

Pembayaran Gaji Ke-13 Pensiunan PNS Dikenakan PPh? Berikut Penjelasannya
jenis asesmen kurikulum merdeka

News

Guru Honorer Diangkat PPPK Pada Bulan November