Dalam upaya meningkatkan kinerja guru terdapat beberapa tahapan. Salah satu tahap penting dalam siklus praktik peningkatan kinerja guru adalah diskusi persiapan sebelum observasi kinerja dilakukan.
Diskusi persiapan merupakan langkah awal yang sangat penting dilakukan oleh guru bersama kepala sekolah sebelum observasi kinerja dilaksanakan. Tujuan utama dari diskusi ini adalah untuk menyepakati target perilaku guru yang akan diobservasi.
Proses komunikasi dalam diskusi persiapan harus bersifat dua arah agar kedua belah pihak dapat saling memahami dan menyepakati target yang realistis dan dapat dicapai.
Hal-Hal yang Perlu Dibahas dalam Diskusi Persiapan
- Memilih Target Perilaku; Guru dan kepala sekolah berdiskusi dalam memilih target perilaku yang diinginkan untuk diobservasi. Pemilihan target perilaku harus mempertimbangkan dampak dan realisme target tersebut. Misalnya, jika indikator kinerja yang dipilih adalah instruksi pembelajaran, target perilaku yang dapat diamati adalah cara guru memberikan contoh yang kontekstual dan relevan dengan keseharian murid.
- Memetakan Upaya Belajar yang Tepat dan Realistis; Kepala sekolah perlu mendampingi guru dalam merencanakan upaya belajar yang sesuai dengan kebutuhan dan sasaran. Upaya belajar yang tepat harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi yang ada. Kepala sekolah juga harus mengingatkan guru untuk fokus pada satu target perilaku yang ingin ditingkatkan dan tidak memaksakan diri.
- Merencanakan Jadwal Observasi; Penentuan jadwal observasi kelas juga harus realistis. Kepala sekolah perlu memberikan waktu yang cukup bagi guru untuk mempersiapkan diri sebelum diobservasi. Kesepakatan jadwal yang disusun bersama memungkinkan kepala sekolah untuk mengkoordinasikan observasi dengan baik dalam rentang waktu yang layak.
Cara Kepala Sekolah Membantu Guru Berpikir Tepat dan Realistis
- Fokus pada Satu Target Perilaku; Memilih satu target perilaku yang ingin ditingkatkan menjadikan proses peningkatan kinerja terasa lebih ringan dan memungkinkan untuk dicapai.
- Berikan Kesempatan Menentukan Sumber dan Cara Belajar; Guru diberikan kesempatan untuk menentukan sumber, cara, dan rentang waktu belajar sesuai kemampuan mereka. Kepala sekolah sebaiknya tidak memaksakan cara belajar yang terlalu berat.
- Selaraskan Target Perilaku dengan Proses Pembelajaran Sehari-Hari; Observasi dapat dilakukan secara langsung saat proses pembelajaran berlangsung. Misalnya, untuk target perilaku memberikan contoh yang kontekstual dan relevan dengan keseharian murid, observasi bisa dilakukan saat guru memberikan contoh-contoh nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
Dengan adanya diskusi persiapan ini, kepala sekolah dan guru dapat menyusun rencana yang matang dan realistis untuk mencapai peningkatan kinerja yang berkelanjutan.
Diskusi yang efektif akan menghasilkan kesepakatan target perilaku, upaya belajar, dan jadwal observasi yang tepat sehingga proses observasi dapat berjalan dengan lancar dan efektif.
Oleh sebab itu, diskusi persiapan merupakan tahapan awal yang sangat penting dalam siklus peningkatan kinerja guru. Dalam diskusi ini, guru dan kepala sekolah bersama-sama memilih target perilaku, memetakan upaya belajar yang tepat dan realistis, serta merencanakan jadwal observasi yang sesuai.
Proses ini harus dilakukan dengan komunikasi dua arah agar target yang ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien.
Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami pentingnya diskusi persiapan dalam meningkatkan kinerja guru. Selamat berdiskusi dan semoga sukses!
SIMAK VIDEO BERIKUT INI: