Home / News

Jumat, 9 September 2022 - 14:26 WIB

TKA SBMPTN Dihilangkan? Seriusan?

Dibaca 409 kali

TKA SBMPTN – Tes Akademik pada Seleksi Bersama Masuk Negeri (TKA SBMPTN) merupakan tes ujian masuk dengan melibatkan pemahaman akademik.

“Tidak ada lagi tes mata pelajaran, hanya ada tes untuk kemampuan bernalar, , dan potensi kognitif melalui tes skolastik.” ujar Nadiem Makarim pada acara Peluncuran Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN.

TKA SBMPTN ini tentu mengejutkan seluruh siswa yang sudah menyiapkan proses tes masuk perguruan tinggi dari saat ini. Seperti menabung untuk membeli buku soal, course-course pelajaran hingga memesan paket tambahan pada bimbel ternama.

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi mahasiswa adalah termasuk suatu pencapaian yang dapat dimiliki oleh seorang siswa, apalagi bagi yang ingin berkompeten pada bidang-bidang yang diiginkan.

Seperti dikutip dari republika.com, seorang siswa SMA asal Purbalingga mengatakan bahwa tujuan Mas Menteri (Nadiem Makarim) sangat bagus karena turut meringankan biaya bimbingan belajar.

Namun yang disayangkan adalah informasi yang disampaikan mendadak, sehingga tidak bisa dibatalkan.

“Saya pribadi suka banget sama mata pelajaran kimia dan fisika, jadi kondisi seperti sekarang ini kayak ditinggal pas lagi sayang-sayangnya.” katanya.

Plt Kepala Biro dan Hubungan Masyarakat , Anang Ristanto menjelaskan bahwa transformasi seleksi masuk PTN ini memang akan mulai diterapkan pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga:  Simak! Aturan Baru PPDB 2023 Jenjang TK Sampai SMA

Transformasi ini dilakukan melalui Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri.

Perubahan Sistem SNMPTN 2023

Dalam aturan yang telah diterbitkan, siswa menengah ke atas bisa memiliki jurusan SNMPTN sesuai minat dan bakat. Artinya kini siswa lebih dipacu untuk sesuai dengan passion atau keinginan mereka.

Alasan dasar dalam implementasi sistem seleksi nasional ini adalah karena pada tahun sebelumnya dan beberapa tahun ke belakang banyak siswa yang masih kesulitan dalam memilih jurusan di luar peminatan saat SMA.

Sehingga siswa tidak bisa mengeksplorasi prodi yang mereka inginkan karena keterbatasan pada peminatan yang ada.

Solusi yang dikatakan oleh Mas Menteri juga sejalan dengan Merdeka dimana siswa diharapkan mampu memiliki esensi dalam belajar serta kemampuan bernalar yang baik.

Diakui juga bahwa tes skolastik memiliki kesamaan dengan asesmen nasional sehingga siswa yang sudah mengerjakannya tidak akan terkejut dengan model soal maupun tes yang ada.

Halaman Selanjutnya

Model tes seleksi masuk perguruan tinggi

Share :

Baca Juga

News

Terdapat 1 Syarat Mutlak Harus Dipenuhi Calon Kepala Sekolah

News

18 Rencana Hasil Kerja Yang Dapat Guru Pilih Untuk Memenuhi Minimal 32 Poin Kinerja

News

2 Hal yang Menghambat Siswa Belajar Mandiri

News

Cara Mudah Membuat Artikel Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

News

Kemdikbud: Seleksi PPPK Guru 2023 Masih Gunakan Sistem Lama

News

Nasib Guru Swasta Di Tengah Tuntutan MENPAN-RB Untuk Mempercepat Seleksi Program PPPK

News

Mahasiswa PPG Wajib Tahu! Berikut Proses Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

News

Bermasalah dengan Hasil Seleksi PPPK Guru 2022, Dipersilakan Menghubungi Kontak Ini
Download Sertifikat Pendidikan Gratis