Contoh Penerapan Cara Menentukan KKTP Dalam Kurikulum Merdeka
1. Penggunaan Deskripsi Kriteria
Misalnya, ketika siswa mendapat tugas tentang praktik penulisan puisi. Guru menentukan kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran (KKTP): “Peserta didik mampu menulis puisi dengan kreativitas berupa pemilihan diksi dan penyesuaian tata bahasa.”. Kriteria juga dapat dijabarkan menjadi poin-poin berisi deskripsi kriteria tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2. Penggunaan Rubrik
Contohnya dalam tugas menulis puisi, guru menentukan kriteria ketuntasan yang terdiri dari beberapa poin seperti pemilihan diksi, panjang karya, dan kesesuaian karya puisi dengan tema. Lalu rubrik terbagi menjadi beberapa pencapaian misal, berkembang, layak, cakap dan mahir. Setiap pencapaian tertulis menggunakan deskripsi mengenai performa peserta didik.
3. Penggunaan Interval Nilai
Interval nilai biasanya digunakan ketika siswa melaksanakan tes atau ujian tertulis yang hasil akhirnya berupa nilai. Dari nilai tersebut, guru menyimpulkan pencapaian siswa sesuai dengan interval yang telah dibuat. Contoh interval nilai sebagai berikut:
- 0 – 40% berarti belum mencapai, dengan kata lain perlu remedial pada seluruh bagian.
- 41 – 65% berarti belum mencapai ketuntasan, artinya perlu mengulang pada beberapa bagian.
- 66 – 85% berarti sudah mencapai ketuntasan, tidak memerlukan remedial.
- 86 – 100% berarti sudah mencapai ketuntasan dan memerlukan pengayaan agar berkembang.
Demikian sedikit informasi mengenai cara menentukan KKTP dalam kurikulum merdeka. Belajar lebih lanjut mengenai KKTP pada program pelatihan bersertifikat pada situs e-Guru.id, GuruJuara.com, dan Diklat.co