Guru Juara telah menyelenggarakan pertemuan keempat diklat gratis memahami karakter siswa pada tanggal 13 Juni 2022 secara online.
Pada pertemuan keempat diklat gratis ini membahas materi model pembelajaran cooperative untuk Sekolah Dasar (SD).
Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang membantu peserta didik dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata di masyarakat, sehingga dengan bekerja sama sesama anggota kelompok dapat meningkatkan motivasi, profuktifitas dan perolehan hasil belajar.
Cooperative memiliki arti dalam saltu kelompok saling membantu sama lain dalam mengerjakan sesuatu bersama-sama. Cooperative Learning merupakan metode pembelajaran dengan menekankan pada sikap dan perilaku peserta didik dalam pembelajaran yang berbentuk kelompok kecil, pembentukan kelompok dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar pada anggota kelompok dan perilaku saling membantu untuk mencapai tujuan belajar dengan maksimal.
Anda dapat mempelajari lebih materi pertemuan keempat pada diklat gratis ini dengan mendownload file materinya dengan cara di bawah ini :
Tujuan dari model pembelajaran kooperatif adalah agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat dan juga peserta didik dapat menerima berbagai keberagaman dari teman di sekitar atau orang di lingkungannya, serta pengembangan keterampilan sosial
Berikut terdapat beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam implementasi pembelajaran kooperatif yaitu seperti di bawah ini :
- Menyampaikan tujuan dan motivasi peserta didik, dalam hal ini guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai dan dapat memotivasi peserta didik.
- Menyajikan informasi, dimana guru menyajikan informasi kepada peserta didik.
- Mengorganisasikan peserta didik kedalam kelompok belajar, guru menginformasikan akan dibentuknya pengelompokan peserta didik.
- Membimbing kelompok belajar, guru memotivasi dan juga memfasilitasi kerja peserta didik dalam kelompok belajar.
- Evaluasi, dimana guru melakukan evaluasi hasil belajar terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Memberikan penghargaan, guru memberikan penghargaan hasil belajar individual dan kelompok.
Pembelajaran kooperatif memiliki prinsip dasar yaitu :
- Peserta didik memiliki tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan didalam kelompoknya.
- Peserta didik harus saling memahami bahwa seluruh anggota kelompok mempunyai tujuan yang sama.
- Setiap peserta didik didalam kelompoknya dapat membagi tugas dan tanggung jawab yang sama.
- Melakukan evaluasi terhadap setiap anggota kelompok.
- Dalam proses belajar bersama membutuhkan kepemimpinan dan keterampilan dari setiap anggota.
- Materi yang diterima dalam kelompok kooperatif harus dipertanggungjawabkan oleh setiap anggota kelompok.
Pembelajaran kooperatif lebih mengutamakan pada kolaborasi yang dilakukan untuk memecahkan masalah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran ini memiliki tujuan untuk dapat menciptakan interaksi yang bertujuan untuk saling mengasah kemampuan, dan keberhasilan berlajar dari setiap individu ditentukan dengan keberhasilan dari kelompoknya.
Berikut ciri-ciri pembelajaran kooperatif yaitu :
- Berdasarkan kompetensi dasar yang harus dicapai dalam kelompok maka peserta didik secara kooperatif dapat melengkapi materi pembelajaran.
- Pembentukan kelompok dilakukan dengan melihat kemampuan peserta didik yang saling berbeda dengan tingkat kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Selain itu anggota kelompok dapat juga dibentuk dengan memperhatikan kesetaraan gender dan berbagai ras, suku, budaya.
- Pemberian penghargaan dilakukan dengan kategori kelompok.
Halaman Selanjutnya