Home / Karya Inovatif / Media Mengajar / News

Minggu, 27 Februari 2022 - 12:12 WIB

Game Based Learning (Pembelajaran Berbasis Game)

Dibaca 15,232 kali

Game Based LearningSaat ini, perkembangan peradaban manusia mengalami kemajuan di setiap tahunnya. Hal ini juga berlaku pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang setiap tahunnya juga semakin bertumbuh pesat,

sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa manusia dituntut untuk terus bergerak dan mengikuti perkembangan zaman untuk bisa bertahan.

Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan, di mana terdapat banyak sekali model pembelajaran yang berguna untuk melatih dan meningkatkan kemampuan akademik siswa.

Pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini mengharuskan seorang pendidik untuk terus beradaptasi dengan tren pembelajaran kreatif dan modern saat ini.

Hal ini bertujuan agar proses KBM bisa selalu relevan dengan karakteristik peserta didik dan bisa efektif.

Generasi Z saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar.

Contoh penerapannya yaitu seperti pembelajaran berbasis proyek, studi dan praktik lapangan, serta tentunya yang berbasis game (Game Based Learning).

Berkaitan dengan Game Based Learning dapat diartikan sebagai metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan)

yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran

Hal ini sejalan dengan pendapat Maiga (2009:198), yang mengatakan bahwa bermain merupakan bagian penting dalam lingkungan belajar karena

bisa meningkatkan pengalaman belajar yang mudah diingat, mempertinggi suasana hati dan membuat pembelajaran menjadi efektif.

model pembelajaran berbasis game ini adalah salah satu jenis dari model pembelajaran yang sering dipakai dan diterapkan di kelas oleh guru. Game based learning ini pertama kali dikembangkan oleh David de Vries dan Keith Edward.

Model pembelajaran berbasis game merupakan metode pembelajaran yang menggunakan dan melibatkan aplikasi permainan yang sudah dirancang khusus untuk membantu proses pembelajaran siswa.

Pada umumnya, model pembelajaran ini didesain untuk menyeimbangkan materi pembelajaran yang diajarkan guru dengan bermain dan kemampuan siswa terkait penerapan-penerapan pembelajaran tersebut ke dalam dunia nyata.

Permainan atau aplikasi yang terdapat dalam model pembelajaran berbasis game ini sangat bagus untuk meningkatkan kemampuan imajinasi siswa dalam berpikir.

Proses dalam pembelajaran berbasis game ini memanfaatkan permainan atau aplikasi yang terdapat pada komputer, laptop, ataupun ponsel

sebagai media untuk menyampaikan materi pembelajaran, serta meningkatkan kemampuan pemahaman dan pengetahuan siswa, dan juga sebagai evaluasi mengenai materi pembelajaran yang telah diajarkan.

Pembelajaran berbasis game digital ini menghadirkan lingkungan belajar yang menyenangkan, memotivasi dan meningkatkan kreativitas siswa.

Sementara itu, pendekatan yang terdapat di dalam pembelajaran ini mampu menstimulus emosional siswa, serta intelektual dan psikomotorik yang mereka miliki.

Dengan adanya model pembelajaran ini. siswa juga dapat melatih kefokusan mereka dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa pembelajaran berbasis game digital ini bisa menarik minat siswa untuk belajar.

Selain itu, model pembelajaran berbasis game digital ini bisa diterapkan secara fleksibel, tergantung jenis permainan yang akan dimainkan.

Ada baiknya game yang akan dimainkan siswa digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran mereka, bukan hanya sekadar untuk mengisi waktu luang.

Permainan yang diberikan sebaiknya dirancang untuk menciptakan suatu aksi yang akan dialami oleh siswa, yang kemudian akan ditarik dalam prose refleksi mereka ke dalam kehidupan sehari-hari.

GBL sendiri dianggap cocok diterapkan pada pembelajaran anak generasi saat ini karena beberapa faktor seperti :

  1. Kompetisi dan kerjasama tim dapat menambah motivasi pada siswa
  2. Adanya umpan balik yang cepat, membuat siswa bisa mencari alternatif lain dalam memecahkan masalah
  3. Menciptakan lingkungan belajar yang asik dan menyenangkan sehingga meningkatkan semangat dan motivasi siswa

Karakteristik Game Based Learning

Menarik dan mengasyikkan – GBL mampu membuat siswa memahami materi serta mencapai tujuan pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan juga menyenangkan.

Dengan GBL siswa juga bisa mengetahui bentuk aplikatif suatu konsep dan materi.

Berdasarkan pada Pengalaman – Peserta didik tidak harus diarahkan dan dilatih dalam memainkan game dan memahami isi dari game.

Melalui GBL peserta didik akan memahami dengan sendirinya melalui proses trial and error, sehingga ketika mengalami kegagalan mereka akan mencoba lagi dengan strategi dan cara yang berbeda dalam mencapai tujuan/misi.

Ada Tantangan yang Bisa Disesuaikan – Karakteristik GBL umumnya memiliki tingkatan tantangan yang berbeda-beda, mulai dari yang mudah sampai sulit. Umumnya gamemenggunakan level bisa ditemui pada jenis video game.

Siswa dapat menyesuiakan level dan tingkat kesulitan sesuai dengan pemahaman dan kemampuannya. Mulailah dari yang mudah dan kemudian tingkatkan tantangan pada level lebih tinggi jika telah berhasil.

Interaktif dan Umpan Balik – GBL memungkinkan terjadinya proses interaksi antara sesama murid dan antara murid dengan game secara interaktif.

Misalnya dengan strategi, keputusan, dan tindakan yang dipilih dalam game akan menentukan proses dan hasil game itu sendiri.

Sementara berkaitan dengan umpan balik (feedback) metode GBL siswa bisa melakukan refleksi dan menarik kesimpulan dari hasil tindakan yang dibuat dalam game.

Dengan adanya umpan balik membuat peserta didik bisa mengetahui dampak dari tindakan yang dilakukan serta bisa belajar dari kekeliruan/kegagalan.

Sosial & Kerjasama – GBL diharapkan bisa membangun komunikasi dan kerjasama diantara para siswa. Dengan adanya kolaborasi secara intens diharapkan akan melatih kemampuan sosial peserta didik.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Game 

Memilih Game Sesuai Topik – Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu memilih topik yang akan disampaikan kemudian memilih game digital yang sesuai topik.

Menjelaskan Konsep – Langkah selanjutnya yaitu menjelaskan konsep dari topik pembelajaran yang akan Anda sampaikan. Dengan menjelaskan konsep terlebih dahulu, siswa Anda akan menjadi lebih terarah dalam bermain game tersebut.

Menjelaskan Aturan Permainan – Kemudian Anda menjelaskan peraturan yang terdapat dalam permainan atau Anda bisa membuat peraturan itu bersama-sama dengan siswa Anda di kelas.

Dengan adanya peraturan, siswa Anda akan belajar untuk lebih disiplin dalam bertindak dan bisa bertanggung jawab dengan apa yang akan dikerjakannya.

Bermain Game – Selanjutnya siswa Anda bisa bermain game dengan menggunakan aplikasi yang sudah Anda rekomendasikan sebelumnya.

Pastikan bahwa kegiatan ini sesuai dan tepat waktu, serta mereka serius dalam melakukannya, bukan sekadar mengisi waktu senggang saja. Dengan begitu, siswa Anda bisa mendapatkan pembelajarannya menjadi lebih maksimal.

Merangkum Pengetahuan – Setelah selesai bermain, Anda memberikan waktu kepada seluruh siswa Anda untuk merangkum pengetahuan yang mereka dapatkan saat bermain game digital tersebut.

Pastikan Anda memeriksanya, karena dengan begitu mereka tidak akan merasa santai dan tidak menganggap permainan tersebut hanya sekadar permainan biasa.

Melakukan Refleksi – Langkah terakhir yaitu siswa melakukan refleksi dari hasil pembelajaran yang telah mereka dapatkan.

Dengan adanya model pembelajaran berbasis game digital ini, Anda dapat meminimalisir rasa bosan yang kerap kali mereka rasakan ketika kegiatan belajar mengajar (KBM) sedang berlangsung.

Selain itu, Anda juga harus memiliki tips untuk membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Berikut penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Game Based Learning

Game Based Learning sama dengan metode lainnya, memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihan:

  1. Membuat siswa menjadi aktif dan kritis
  2. Adanya interaksi dan peran langsung dalam pembelajaran
  3. Guru dapat mengevaluasi secara langsung pada saat permainan
  4. Pemahaman lebih berkesan dan bertahan lama dalam ingatan siswa
  5. Menumbuhkan rasa nyaman, menyenangkan, dan semangat dalam diri siswa.

Kekurangan:

  1. Membutuhkan alat dan media tambahan
  2. Suasana kelas sering menjadi tidak kondusif
  3. Membutuhkan waktu pembelajaran yang relatif banyak
  4. Setting pembelajaran perlu dipersiapkan dengan matang

Berikut ada beberapa rekomendasi GBL berbasis video game (website dan mobile) yang cocok untuk menunjang proses KBM baik sebagai perangkat utama atau sebagai pelengkap dalam proses KBM Anda.

Educandy – Educandy merupakan permainan edukasi berbasis web aplikasi yang bisa dipakai untuk pembelajaran. Educandy memiliki beragam permainan edukatif yang bisa diganti pertanyaan maupun kosakatanya dan langsung bisa dimainkan.

Misalnya ada permainan ‘memory’ yang berfungsi untuk menguji daya ingat kosakata tertentu, selain itu ada game ‘Crosswords’ atau istilah umumnya yaitu teka teki silang, dan masih banyak lagi gamelainnya.

Setelah Anda membuat dan merubah pertanyaan sesuai kebutuhan nantinya akan keluar kode kuis/game.

Bagikan saja kode tersebut agar bisa diaskes dan dimainkan oleh para murid Anda. Selain tersedia di website educandy.com. Game ini juga tersedia di platfrom mobile.

Wordwall – Merupakan web aplikasi yang berisi game edukasi berbasis kuis yang menarik. Anda bisa membuat beragam model kuis sesuai dengan kreatifitas Anda. Ada berbagai kategori game

yang bisa Anda buat dengan platform ini, seperti jenis Match up, Random Wheel, Anagram, Wordsearch, true or false, dan lainnya.

Hal menarik dari Wordwall adalah kita dapat melihat dan memainkan game yang telah dibuat oleh anggota lain. Karena sifatnya berbasis komunitas maka Anda bisa belajar secara kreatif dan kolaboratif dengan para anggota lainnya.

Selain itu wordwall juga mendukung fitur bermain secara multilplayer, offlinedan printable. Setelah selesai dibuat Anda juga bisa dengan mudah membagikan game yang sudah dibuat diberbagai platform dan media sosial.

Marbel Budaya Nusantara – Game satu ini merupakan karya anak bangsa yang bertujuan untuk mengenalkan budaya nusantara.

Game yang dikembangkan oleh Educa studio ini anak akan mempelajari dan dikenalkan dengan berbagai budaya nusantara seperti alat musik tradisional,tarian daerah, pakaian daerah, rumah adat, dan makanan daerah.

Game ini lebih menitikberatkan pada simulasi, seperti misalnya ketika mempelajari budaya jawa, Anak akan berperan menjadi seorang pemain karawitan,

pada scene lain anak juga akan diberi tugas menyelesaikan proses tenun kain seperti menyesuikan pola dan warna tenun seperti yang ada pada contoh.

Game ini juga menggunakan level permainan dari mudah sampai ke tingkatan sulit. Anda bisa mengunduh game ini di playstore dengan kata kunci ‘Marbel Belajar Budaya Nusantara’.

Selain mempelajari budaya nusantara, Educa studio juga menyediakan game edukasi lainnya seperti, Marbel Pramuka, Marbel Belajar jam & Waktu, dan lainnya.

Khan Academy Kids – Merupakan game edukasi yang bertema game aktivitas dan kegiatan interaktif. Ditujukkan khusus untuk anak balita, pra sekolah, dan taman kanak-kanak.

Game ini dibuat dengan konsep permainan yang sederhana, interaktif, namun bermakna dengan mengusung konsep cerita dan aktivitas keseharian.

Anak bisa belajar Bahasa, membaca, menulis, berhitung, sosial-emosional, pemecahan masalah, sampai pengembangan sensor motorik.

Game ini memiliki berbagai fitur dan konten menarik, seperti dongeng (teks, gambar, dan audio), video interaktif, game berhitung, membaca, logika, dan lainnya.

Selain bisa dimainkan secara online melalui platform mobile, Anda juga bisa mengatur mode game ini untuk dimainkan secara offline dan bahkan bisa untuk dicetak.

Anda bisa mengatur jadwal pembelajaran untuk anak murid, belajar lebih banyakdi khan academy, dan mengorganisasikan pembelajaran jarak jauh dengan tool yang tersedia secara efektif.

Untuk bisa mengakses game ini Anda bisa mengunduhnya  secara gratis di playstore dan app store dengan kata kunci ‘Khan Academy Kids’.

Baamboozle – Merupakan game edukasi berbasis web aplikasi yang menyediakan beragam gameinteraktif dan menarik. Sama seperti wordwall platfrom ini berbasis

komunitas sehingga kita dapat melihat dan menggunakan game dan kuis yang sudah dibuat oleh anggota lain.

Keuntungannya menggunakan Baamboozle adalah Anda tidak perlu harus registrasi dahulu untuk memainkan game yang tersedia.

Anda bisa mencari beagam game dengan mencari di kotak pencarian menggunakan kata kunci atau dengan menggulir secara manual.

Sekian dari penulis, besar harapannya atas apa yang ditulis bisa bermanfaat untuk semua pihak.

Terima kasih.

 

 

Penulis: Galih Pambudi

Share :

Baca Juga

News

Apakah PPG Dalam Jabatan Bayar? Berikut Penjelasan Rinci Mengenai PPG dalam Jabatan 2023

News

Kabar Program Organisasi Penggerak : Organisasi Kemasyarakatan Pelaksana Program Organisasi Penggerak

News

Semua Guru Bisa Dapat Tunjangan 3,6 Juta dari Pemerintah, Ini Syaratnya!

News

Wajib Tau! Sederet Tunjangan Kinerja PNS 2023

News

Ribuan PNS Pindah Ke IKN September 2023, Apakah Anda Termasuk?

News

Agar Penyaluran Tunjangan Lancar, Puslapdik Minta Para Guru Perhatikan Data Dapodik

News

Rilis! Berikut Cara Instal dan Penggunaan Dapodik Versi 2023

News

Sertifikasi Guru, Manfaat dan Besaran Tunjangannya