Home / News

Kamis, 29 Februari 2024 - 09:41 WIB

KABAR GEMBIRA GURU SERTIFIKASI 2024: Tunjangan Profesi Guru Triwulan 1 Dicairkan 2 Kali!

Dibaca 209,218 kali

Para guru sertifikasi di seluruh Indonesia pasti tak sabar menantikan kabar gembira terkait pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG) triwulan 1 (TW-1) tahun 2024. Kabar baiknya, berdasarkan informasi terbaru, pemerintah berencana untuk mencairkan TPG TW-1 tahun ini sebanyak dua kali!

Kenaikan Tunjangan dan Pencairan Ganda:

Kabar gembira ini datang bersamaan dengan adanya kenaikan gaji PNS sebesar 8% yang diumumkan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, pada akhir tahun 2023. Kenaikan ini otomatis akan berdampak pada peningkatan nominal TPG yang diterima oleh guru sertifikasi, yang besarannya didasarkan pada gaji pokok guru yang bersangkutan.

Selain kenaikan nominal, pemerintah juga berencana untuk mencairkan TPG triwulan 1 sebanyak dua kali pada tahun 2024. Belum ada informasi resmi mengenai jadwal pencairan tersebut, namun perkiraannya akan dilakukan pada awal dan pertengahan tahun.

Alasan Pencairan Ganda:

Keputusan untuk mencairkan TPG TW-1 sebanyak dua kali ini didasarkan pada beberapa alasan, di antaranya:

  • Memastikan guru sertifikasi mendapat kenaikan gaji secara langsung dan tidak perlu menunggu hingga pencairan TW-2.
  • Memberikan keuangan yang lebih stabil bagi para guru, terutama memasuki tahun ajaran baru yang biasanya membutuhkan persiapan dan pengeluaran tambahan.
  • Menyetarakan skema pencairan TPG dengan tunjangan profesi lainnya, seperti Tunjangan Profesi Dokter (TPD) dan Tunjangan Profesi Dokter Gigi (TPDG) yang telah dicairkan secara triwulanan.

Detail Pencairan Masih Ditunggu:

Meskipun kabar gembira ini disambut baik oleh para guru sertifikasi, namun detail pencairan TPG TW-1 2024 masih belum diumumkan secara resmi oleh pemerintah. Informasi resmi mengenai jadwal pencairan, besaran nominal dengan adanya kenaikan, dan pembagian pencairan dua kali diperkirakan akan diumumkan melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam waktu dekat.

Baca Juga:  Pengurus Besar PGRI Respon Keluhan Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi Tentang Ekinerja Guru Di PMM

Himbauan untuk Tetap Fokus Mengajar:

Sementara menunggu pengumuman resmi, para guru sertifikasi dihimbau untuk tetap fokus pada tugas utamanya yaitu mengajar dan mendidik siswa. Pencairan TPG merupakan bentuk penghargaan atas kinerja dan profesionalitas guru, namun yang terpenting adalah dedikasi dan kontribusi guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Harapan untuk Keterbukaan Informasi:

Para guru sertifikasi tentunya berharap agar pemerintah dapat segera mengeluarkan informasi resmi mengenai detail pencairan TPG TW-1 2024. Transparansi dan keterbukaan informasi ini akan membantu para guru dalam mengatur keuangan dan mempersiapkan diri menyambut pencairan tunjangan tersebut.

Apresiasi untuk Pemerintah:

Kabar gembira pencairan TPG TW-1 2024 sebanyak dua kali dan adanya kenaikan nominal tentunya disambut dengan apresiasi oleh para guru sertifikasi. Kebijakan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan memberikan penghargaan atas peran penting mereka dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yuk ikut pelatihan bersertifikat 46JP dengan judul “Membuat Bahan Ajar Secara Otomatis dengan Bantuan AI” fasilitas lengkap seperti materi pelatihan, e-sertifikat 46JP, full suport dari tim instruktur dan laporan pengembangan diri. Daftar Sekarang di link berikut https://online.e-guru.id/aff/40180/2988/checkout Fasilitas Diklat Materi pelatihan E-sertifikat 46JP Bernama Laporan Pengembangan Diri Berbagi Praktik Baik BONUS Insta Powerfeed Template Mau dibantu daftar?         http://wa.me/6281904722773 atau 0819-0472-2773 (Admin Nana)

Halaman Selanjutnya

Prosedur Pencairan Tunjangan Profesi Guru Triwulan 1……

Share :

Baca Juga

News

Tutorial Mengisi Formulir Refleksi Tindak Lanjut untuk Kepala Sekolah di PMM 2024

News

3 Informasi Penting Pemutakhiran Data Non ASN: Perpanjangan Masa, Dokumen Wajib, dan Nasib Honorer Tidak Masuk Database BKN

News

8 Info Mendesak PANSELNAS & FGPPNS Untuk Kode P & TL

News

Jelas Gugur! Dokumen Tidak Sinkron Untuk Pemberkasan PPPK Sesuai Ketentuan Berikut

News

Honorer Dapat Jaminan Kesehatan dan Kecelakaan Kerja, Berikut Informasinya

News

Selamat! Anggaran Tunjangan Guru ASN 2024 Meningkat

News

Tips Agar Tidak Salah Memilih Jurusan

News

Pemerintah Siyapkan Tunjangan  Guru ASN Daerah,Lengkapi Syarat ini
Download Sertifikat Pendidikan Gratis