Home / Pelatihan / Pengembangan Guru

Minggu, 5 Mei 2024 - 23:51 WIB

Manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar

Dibaca 16,296 kali

Platform Merdeka Mengajar (PMM) hadir sebagai angin segar dalam dunia pendidikan Indonesia, membawa transformasi nyata dalam mendukung pembelajaran yang berpusat pada murid. Salah satu fitur penting yang diluncurkan pada tahun 2023 adalah Fitur Pengelolaan Kinerja, yang dirancang untuk membantu guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerjanya secara lebih kontekstual, spesifik, dan akuntabel.

Fitur ini hadir dengan berbagai manfaat yang signifikan, tidak hanya bagi guru dan kepala sekolah, tetapi juga bagi kemajuan pendidikan secara keseluruhan. Berikut beberapa poin penting mengenai manfaat Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM:

  1. Peningkatan Kinerja yang Kontekstual dan Spesifik:

Berbeda dengan sistem pengelolaan kinerja sebelumnya, Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM menekankan pada penyusunan sasaran kinerja yang kontekstual dan spesifik. Hal ini berarti, guru dan kepala sekolah tidak lagi terpaku pada target yang seragam, melainkan dapat menyusun sasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di sekolahnya masing-masing.

Penyusunan sasaran kinerja yang kontekstual ini dimungkinkan dengan adanya kerangka kerja pengembangan kinerja yang disediakan dalam PMM. Kerangka kerja ini memuat berbagai indikator kinerja yang relevan dengan berbagai aspek tugas dan tanggung jawab guru dan kepala sekolah. Guru dan kepala sekolah dapat memilih indikator kinerja yang sesuai dengan konteks sekolahnya dan menyusun target yang terukur dan realistis.

  1. Meningkatkan Akuntabilitas Melalui Pengukuran dan Evaluasi yang Berkelanjutan:

Fitur Pengelolaan Kinerja di PMM dilengkapi dengan sistem pengukuran dan evaluasi yang komprehensif untuk memantau kemajuan pencapaian sasaran kinerja. Guru dan kepala sekolah dapat memantau kinerjanya secara berkala melalui dashboard yang tersedia di PMM. Dashboard ini menampilkan data-data penting seperti pencapaian target, kemajuan pelaksanaan program, dan umpan balik dari rekan kerja dan atasan.

Sistem pengukuran dan evaluasi ini tidak hanya membantu guru dan kepala sekolah dalam memantau kinerjanya, tetapi juga mendorong mereka untuk meningkatkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Guru dan kepala sekolah akan lebih termotivasi untuk mencapai target yang telah ditetapkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi murid-muridnya.

Halaman Selanjutnya

Pengembangan Karir

Share :

Baca Juga

Pelatihan

Strategi Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan

Karya Inovatif

Diklat 64JP Gratis! Guru Inovasi

News

Daftar Segera! Diklat Bersertifikat 35 : Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja Pada Kurikulum Merdeka
Adiwiyata

Kompetensi Guru

Sebelum Terlambat, Tata Cara Melakukan Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia

Pelatihan

Efektivitas Media Pembelajaran yang Inovatif

Karya Inovatif

Tips Mendapat 9 Angka Kredit dari Membuat Bahan Ajar Ber-ISBN
Program Sekolah

Pelatihan

Cara Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Pelatihan

Daftar Segera Pelatihan Gratis Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif dengan Virtual Assistant!