Home / News

Jumat, 2 Desember 2022 - 21:12 WIB

Manfaat Peningkatan Soft Skill Guru Baru

Dibaca 209 kali

Peningkatan soft skill guru merupakan hal yang sangat penting. Dengan melakukan peningkatan di bidang tersebut, nantinya akan bisa tampil sebagai yang baik bukan hanya untuk siswanya saja, tapi juga untuk dirinya sendiri.

Dunia tentu saja akan terus mengalami perkembangan dan perubahan. Begitu pula dengan Sumber Daya Manusia (SDM(, dalam hal ini yakni para .

Setiap periode pergantian tahun pelajaran, biasanya akan ada banyak rekrutmen calon . Sebelum mengajari siswanya tentang soft skill, seorang pendidik harus lebih dulu tahu tentang manfaat peningkatan soft skill guru tersebut.

Salah satu skill selain keahlian yang harus dimiliki yakni terkait kemampuan dalam soft skill yang tercermin pada kemampuan intrapesonalnya. Soft-skill yang ada dalam diri nantinya akan diajarkan pula kepada para peserta didik.

Maka dari itu, pendidik merupakan sebuah pekerjaan profesional dimana segalaa bidang harus dikuasai minimal terkait dasar pengetahuannya saja.

Hal ini sebagaimana rumusan dalam kebijakan Undang – undang pada nomor 20 tahun 2003 terkait Sistem Pendidikan Nasional, kemudian Undang – Undang Nomor 14 tahun 2005 terkait guru dan dimana rumusannya mengandung bahasan untuk menjadi seorang pendidik profesional.

Pengertian Pendidikan Soft skill

Idealnya, pendidikan soft skill merupakan rangkaian pendidikan yang berlandaskan pada suatu binaan mentalitas baik dari sisi stabilitas mental, kebijaksanaan, kewibawaan, akhlak mulia, teladan, serta menjadi seseorang yang memiliki kepekaan dalam diri pada realitas lingkungannya.

Baca Juga:  Anda telah Menyelesaikan Resume Pendaftaran PPPK Guru 2023? Ini 7 Langkah Selanjutnya Agar Bisa Penempatan

Kemampuan ini tentu menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting di dunia pendidikan baik bagi peserta didik maupun guru.

Sebab guru adalah seseorang yang sangat terampil dalam penerapan berbagai manajemen diri seperti kemampuan berkomunikasi, membina, memimpin maupun mengembangkan diri.

Pendidikan soft-skill idealnya merupakan pendidikan yang berkaitan dengan perilaku interpersonal dan personal pada upaya pengembangan serta untuk memaksimalkan upaya dan manusia dalam strategi membangun tim, inisiatif, pembuatan keputusan maupun berjalannya suatu komunikasi.

Soft skill tak dapat dimaknai dengan kemampuan seperti aspek merakit komputer namun berkaitan dengan hal non teknis yang memang berperan sebagai pelengkap bagi kemampuan akademik.

Adapun kemampuan soft skill yang berkaitan dengan aspek intrapersonal seorang pendidik berkaitan dengan beberapa indikator sebagai berikut :

Pertama, pendidik dapat selalu bertindak berdasar norma, hukum, sosial serta aspek kebudayaan nasional Indonesia.

Kedua, pendidik akan selalu berusaha dalam menampilkan dirinya sebagai seseorang yang memiliki kepribadian jujur, teladan serta memiliki akhlak yang mulia baik di lingkungan maupun lingkungan masyarakat.

Halaman Selanjutnya

Ketiga, seorang pendidik akan memiliki sikap…

Share :

Baca Juga

News

Simak! Penjelasan KemenPAN-RB Mengenai Kenaikan Gaji PNS 2023

News

Resmi Rilis, Hasil Pengumuman Kelulusan PPPK 2023, Yuk Langsung Cek Nama Dan Kode Kelulusannya Sekarang

News

Tidak Semua Honorer Diangkat Jadi PNS Dalam UU ASN 2023

News

Sistem Zonasi PPDB Akan Dihapus? Ini Kata DPR RI

News

Ini Syarat MUTLAK Pendaftaran PPPK Guru 2024 Penentu Bisa Daftar PPPK Guru atau Tidak

News

Update Tabel Gaji Pensiunan PNS 2024 Terbaru dan Otomatis Cair Tanggal Segini…

News

Penting! Aturan Pakaian Dinas ASN PPPK 2023

News

Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Inpassing Berdasarkan PermenPANRB
Download Sertifikat Pendidikan Gratis